Apartemen Full Furnished dan Unfurnished, Mana Lebih Menguntungkan?

Pengembang menawarkan apartemen dalam kondisi full furnished atau unfurnished. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Mana yang lebih menguntungkan bagi Anda?

Show unit apartemen full furnished.
Show unit apartemen full furnished.

RealEstat.id (Jakarta) – Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli apartemen. Selain harga, lokasi, fasilitas, dan transportasi publik, kondisi apartemen saat ditawarkan pengembang pun perlu diperhatikan. Biasanya, pengembang menawarkan apartemen dalam kondisi full furnished atau unfurnished.

Jika apartemen ditawarkan dalam kondisi full furnished, itu berarti unit hunian sudah tertata dan terisi oleh perabotan, seperti kitchen set, pendingin ruangan (AC), sofa, meja makan, maupun tempat tidur.

Baca Juga: 7 Tips Penting Agar Rumah Anda Cepat Terjual

Akan tetapi, kehadiran perabotan tersebut tentu berbeda-beda di setiap apartemen, tergantung penawaran yang diberikan oleh sang pengembang properti.

Sedangkan, pada apartemen yang dijual secara unfurnished, berarti unit hunian berada dalam kondisi interior yang kosong dan siap untuk diisi oleh perabotan sesuai keinginan Anda.

Baca Juga: Ini Dia, Tips Rumah Hemat Listrik dari PLN

Nah, lantas mana yang lebih menguntungkan di antara kedua hal tersebut? Bagaimana dengan kekurangannya? Berikut ulasannya.

Apartemen full furnished
Sesuai dengan keadaan apartemen, Anda tidak harus lagi pusing memikirkan tampilan interior apartemen. Tidak perlu juga menghabiskan waktu dan uang untuk membeli berbagai perabotan furnitur baru.

Baca Juga: Tips Mengatasi Masalah Hukum dengan Pengembang dan Cara Mengantisipasinya

Namun, hal ini akan berbeda bagi Anda yang ingin berkreasi. Keadaannya akan menyulitkan bila ternyata Anda tidak menyukai interior atau perabotan yang telah disiapkan. Interior apartemen dan barang-barang di dalamnya tentu tidak dapat diubah begitu saja.

Apartemen unfurnished
Salah satu kelebihan unfurnished ialah keadaan apartemen yang dapat ditata sesuai dengan keinginan pribadi. Terlebih, bila Anda telah menyiapkan konsep desain yang akan diterapkan.

Perabotan juga dapat dibeli berdasarkan kebutuhan dan konsep desain tersebut. Harganya pun cenderung akan lebih murah bila dibandingkan dengan harga apartemen full furnished.

Baca Juga: Tips Menata Dekorasi Apartemen Minimalis Agar Semakin Luas

Namun, bila apartemen harus direnovasi terlebih dahulu agar sesuai dengan keinginan, itu berarti waktu yang dibutuhkan untuk menempatinya pun menjadi lebih lama.

Pengerjaan renovasi biasanya juga akan memakan waktu karena jam kerja dibatasi oleh pihak pengelola. Selain itu, merenovasi apartemen akan “memaksa” Anda untuk mengeluarkan lebih banyak dana.

Jadi, pilih apartemen full furnished atau unfurnished?

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)