Tingkat Kekosongan Mal Strata-title Jakarta Naik Jadi 38,7%, Ini 'Biang Keroknya'

Pusat-pusat ritel gaya hidup menjadi destinasi ritel yang semakin diminati karena para pengunjung mencari pengalaman baru.

Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat (Foto: realestat.id)
Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat (Foto: realestat.id)

RealEstat.id (Jakarta) – Sepanjang Kuartal II 2023, tercatat satu pusat belanja memasuki pasar ritel, yakni One District at Puri yang berlokasi di Barat Jakarta.

Dibangun di atas lahan seluas 5.000 m2, One District at Puri dikemas sebagai pusat ritel dan gaya hidup yang menampilkan konsep Road-side pertama dari Uniqlo.

Konsultan properti Cushman & Wakefield Indonesia mencatat, secara tahunan (YoY) pasokan kumulatif ruang ritel di Jakarta meningkat sebesar 0,8%, sehingga total pasokan mencapai sekitar 4.707.000 m2.

Baca Juga: Inilah 5 Mall Tertua di Indonesia yang Masih Bertahan hingga Kini

Lippo Mall East Side di Holland Village dan Retail Podium di Thamrin Nine Tower diharapkan akan memasuki pasar pada beberapa kuartal mendatang dan akan menambahkan sekitar 67.000 m2 ruang ritel ke pasar.

"Jika semua pusat belanja baru yang direncanakan bisa memenuhi jadwal penyelesaian mereka, total pasokan ruang ritel Jakarta akan mencapai 4.774.000 m2 pada akhir tahun 2023," jelas  Arief RahardjoDirector Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia.

Sementara itu, imbuhnya, tingkat hunian ruang ritel selama Kuartal II 2023 tetap stabil di angka 77,2%, atau 0,0% secara kuartalan (QoQ).

Baca Juga: Pulih Lebih Cepat, 7 Mal Baru Akan Masuk Pasar Jakarta Hingga 2024

Tingkat kekosongan mal strata-title meningkat menjadi 38,7%, yang sebagian besar disebabkan oleh penutupan hipermarket sebagai penyewa utama pada kuartal sebelumnya.

"Pusat ritel mengalami permulaan tahun yang baik dengan peningkatan kunjungan pengunjung, terutama selama musim liburan, meskipun masih di bawah tingkat sebelum pandemi," tutur Arief Rahardjo.

Lebih lanjut dia menerangkan, pusat-pusat ritel gaya hidup menjadi destinasi ritel yang semakin diminati karena para pengunjung mencari pengalaman.

Bersamaan dengan pembukaan toko pertama Uniqlo dengan konsep road- side yang menempati sekitar 2.000 m2 ruang ritel, Foodmax Supermarket juga menjadi penyewa besar di One District at Puri.

Baca Juga: Jakarta Makin Macet Pasca-Pandemi, Apa Implikasinya Bagi Sektor Properti?

Tempat hiburan lainnya, W Superclub, membuka bisnisnya di Artha Gading Mall dan Kinokuniya Bookstore akan masuk ke Central Market PIK. Di industri fesyen, The Children's Place, merek fesyen anak-anak dari Amerika, melebarkan bisnisnya di Grand Indonesia dan Herschel Supply & Co akhirnya membuka gerai pertamanya di Gandaria City.

Tarif sewa rata-rata diperkirakan akan tetap stabil sampai akhir tahun 2023, berada di Rp808.500 per meter persegi per bulan (0,0% YoY). Hal ini dikarenakan tidak adanya pemilik gedung yang berencana meningkatan tarif sewa dalam jangka pendek menghadapi tahun politik 2024 yang akan datang.

Di sisi lain, diperkirakan adanya sedikit kenaikan untuk biaya layanan (service charge) di akhir tahun ini, dari rata-rata biaya layanan saat ini sebesar Rp190.400 per meter persegi per bulan (0,0% YoY).

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Pelabuhan laut (Foto: Dok. Pixabay.com)
Pelabuhan laut (Foto: Dok. Pixabay.com)
Shanghai, China (Foto: Dok. Pixabay.com)
Shanghai, China (Foto: Dok. Pixabay.com)
Panangian Simanungkalit, Pengamat Properti Nasional (Foto: realestat.id)
Panangian Simanungkalit, Pengamat Properti Nasional (Foto: realestat.id)