Sharp Class Didik Siswa SMK Siap Bersaing di Dunia Kerja

Program pelatihan ini diberikan oleh teknisi profesional Sharp Indonesia kepada siswa-siswi SMK agar mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Perwakilan Sharp Indonesia, Diknas, Guru dan Siswa SMKN 4 Bandung berfoto setelah penandatanganan kerja sama.
Perwakilan Sharp Indonesia, Diknas, Guru dan Siswa SMKN 4 Bandung berfoto setelah penandatanganan kerja sama.

RealEstat.id (Bandung) – Untuk membantu program pemerintah dalam menekan angka pengangguran, terutama dari lulusan SMK, Sharp Indonesia kembali menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan yakni Sharp Class. Program Sharp Class dilakukan menyusul data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) nasional yang berasal dari lulusan SMK mencapai 11,13% (data per Agustus 2021).

Sharp Class merupakan sebuah program pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh teknisi professional dari Sharp Indonesia kepada siswa-siswi SMK guna mempersiapkan mereka menjadi lulusan yang unggul dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia industri.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Purnajual, Sharp Rilis Kecerdasan Buatan 'SALLI'

“Sharp Class merupakan salah satu upaya kami membantu upaya pemerintah setempat dalam menekan angka pengangguran. Melalui kehadiran para teknisi-teknisi andal Sharp, kami berharap para siswa-siswi SMK dapat menerapkan standar kerja profesional bertaraf internasional. Kami akan melakukan seleksi dan memberikan kesempatan bagi siswa-siswi berprestasi pada program ini untuk bergabung bersama dengan tim customer satisfaction Sharp Indonesia,” jelas Pandu Setio, Senior PR & Brand Communication Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Sebelumnya Sharp Class telah hadir di beberapa kota Indonesia seperti Banda Aceh, Palu, Denpasar, dan 10 kota lainnya dan meluluskan lebih dari sekitar 570 siswa siswi SMK yang sebagian telah diserap oleh beberapa perusahaan termasuk Sharp Indonesia. Pada awal tahun 2022, Sharp Class kembali hadir dengan diadakan di kota Bandung setelah terhenti beberapa saat akibat pandemi.

Di kota Bandung Sharp Class di gelar di SMK Negeri 4 Bandung. Kegiatan Sharp Class secara resmi dibuka dengan dilakukan seremoni penandatanganan MoU kerja sama bertempat di SMKN 4 Bandung, Jumat (14/1/2022). Sharp Indonesia diwakili oleh Ronald R. Huwae, General Manager Customer Satisfaction sementara SMKN 4 Bandung diwakili oleh Agus Setiawan selaku Kepala Sekolah, serta disaksikan oleh pejabat Diknas setempat.

Baca Juga: Jelang 2022, Sharp Gelar 'Sumo Hoki', Program Belanja Berhadiah Miliaran Rupiah

"Bangga sekali rasanya sekolah kami terpilih untuk menjadi salah satu sekolah binaan Sharp Indonesia, saya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi siswa-siswi kami dan siap saing di dunia kerja setelah lulus nanti,” ungkap Agus Setiawan.

Guna membekali proses belajar mengajar, Sharp Indonesia menyediakan unit produk berupa Android TV 42”, speaker active serta peralatan praktik yang diserahkan kepada perwakilan sekolah pada saat seremoni. Bantuan ini nantinya dapat digunakan untuk menunjang kegiatan praktik yang akan dilakukan selama pendampingan.

Adapun dalam program CSR ini, Sharp Indonesia akan memberikan materi yang beragam sebagai pelengkap kurikulum yang telah diberikan pihak sekolah, mulai dari teori, praktik langsung, hingga pelatihan koordinasi di dunia professional, sikap dan perilakuserta kepemimpinan. Menurut Ronald R. Huwae saat ini teknisi tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk praktik, namun harus mengerti pola komunikasi dan membantu mengarahkan konsumen.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Earbuds Nirkabel Sharp Bisa Dipakai 6 Jam Non-Stop!

“Merupakan sebuah tantangan baru bagi kami, dimana saat ini kami tidak hanya mengajarkan materi utama dari kelas, namun turut membentuk perilaku dan sikap yang professional di lapangan. Di luar hal-hal teknis dan teoritis, kami merasa perlu membekali mereka dengan teknik komunikasi dan leadership yang tepat, serta menggambarkan kondisi dunia kerja saat ini. Harapannya melalui strategi ini, para pelajar ini mampu menjadi teknisi yang andal, tangguh, dan cepat tanggap terhadap kebutuhan konsumen saat ini,” terang Ronald.

Pada tahun 2022 ini Sharp Indonesia berencana untuk kembali ekspansi kegiatan Sharp Class ke berbagai kota, agar program ini dapat terselenggara secara merata ke pelosok negeri. Terdekat, Sharp Indonesia akan mengunjungi kota Lampung pada bulan Februari 2022.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Kota Kasablanka (Foto: Dok. Pakuwon)
Kota Kasablanka (Foto: Dok. Pakuwon)
Top Management Sharp Indonesia berpose bersama dengan Timnas Garuda INAF (Foto: istimewa)
Top Management Sharp Indonesia berpose bersama dengan Timnas Garuda INAF (Foto: istimewa)
Dari kiri ke kanan: Julie Widyawati, Marketing Manager Baby Happy Diaper; Zaskia Sungkar bersama Irwansyah pada rangkaian kegiatan “Baby Happy, Keluarga Happy” yang hadir di Mall Kota Kasablanka (Foto: istimewa).
Dari kiri ke kanan: Julie Widyawati, Marketing Manager Baby Happy Diaper; Zaskia Sungkar bersama Irwansyah pada rangkaian kegiatan “Baby Happy, Keluarga Happy” yang hadir di Mall Kota Kasablanka (Foto: istimewa).
Triniti Land (Foto: istimewa)
Triniti Land (Foto: istimewa)