Seperti Apa Ruang Keluarga yang Sesuai dengan Feng Shui Rumah?

Ruang keluarga memiliki fungsi yang penting dalam sebuah rumah. Bagi Anda yang memercayai feng shui, perlu memerhatikan beberapa aturan berikut ini.

Ruang keluarga dan ruang makan (Foto: Dok. Pixabay.com)
Ruang keluarga dan ruang makan (Foto: Dok. Pixabay.com)

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RealEstat.id (Jakarta) – Menurut aturan feng shui, ruang keluarga merupakan salah satu tempat yang sangat penting di dalam sebuah rumah. Biasa diletakkan di tengah rumah, ruang keluarga memiliki fungsi sebagai tempat berinteraksi sesama anggota keluarga, sekaligus sebagai tempat rekreasi dan menjalin keakraban.

Beragam kegiatan biasanya dilakukan di ruang keluarga (living room), mulai menonton TV, bermain game, atau sekadar bersantai sembari menikmati kudapan.

Melihat pentingnya fungsi ruang keluarga, Anda yang memercayai hitungan feng shui dalam rumah, perlu memerhatikan delapan hal penting berikut ini:

Baca Juga: Cara Mengaudit Tata Ruang Rumah Sesuai Feng Shui

1. Segi Empat
Bentuk terbaik untuk ruang keluarga adalah empat persegi panjang. Bentuk-bentuk ruangan yang tidak beraturan, seperti bentuk L, segi lima, dan sebagainya, akan membuat aliran energi Chi (Qi) kurang berfungsi dengan baik.

2. Sesuaikan
Ukuran ruang keluarga harus serasi, proporsional, dan disesuaikan dengan fungsinya, apakah hanya untuk menonton TV atau untuk aktivitas permainan yang membuat semua anggota keluarga senang mempergunakannya.

3. Ventilasi
Ruang keluarga sebaiknya terhubung dengan ruang luar, sehingga ventilasi udara bisa berjalan dengan baik. Di sini bisa saja didapatkan jendela dan pintu yang cukup lebar sehingga pencahayaan alami juga bisa didapatkan dengan baik. Ruang Keluarga kurang baik jika terjepit oleh semua ruangan atau tidak memiliki udara luar yang masuk.

Baca Juga: Tips Feng Shui Rumah Agar Pasangan Tidak Selingkuh

4. Foto
Letakkan foto keluarga agar setiap anggota keluarga merasa memiliki tempat dan peranan di dalam keluarga. Selain itu, foto juga merupakan kebanggaan karena memperlihatkan keintiman, apalagi jika foto diambil pada lokasi dan waktu yang memiliki kenangan atau makna khusus.

5. Cermin
Jika terletak setelah pintu masuk rumah, jangan letakkan cermin pada ruang keluarga.

6. Ruang Makan
Jika memungkinkan, posisi ruang keluarga sebaiknya lebih rendah dari lantai ruang makan. Dalam desain, umumnya lantai ruang keluarga sedikit direndahkan.

Baca Juga: Cegah COVID-19 dengan Feng Shui Rumah Sehat

7. Lukisan
Jangan meletakkan foto atau lukisan binatang yang menyeramkan.

8. Sudut yang Menusuk
Perhatikan apakah ada sudut siku tembok yang ‘menusuk’ ke ruang keluarga. Jika ada, sebaiknya diatasi dengan meletakkan tanaman yang menghalang siku runcing tersebut.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Berita Terkait

Efek cermin yang "memperluas" ruangan. (Foto: Pixabay.com)
Efek cermin yang "memperluas" ruangan. (Foto: Pixabay.com)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Foto: Dok. Realestat.id
Foto: Dok. Realestat.id