Tips Feng Shui Rumah Agar Pasangan Tidak Selingkuh

Ditilik dari sisi feng shui rumah, pencegahan perselingkuhan bisa dilakukan dengan penataan rumah. Arah dan posisi terpenting yang wajid untuk diperhatikan.

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RealEstat.id (Jakarta) – Anda tentu tak ingin pasangan yang Anda sayangi berselingkuh, bukan? Nah, tindakan terbaik adalah pencegahan.  

Ditilik dari sisi feng shui rumah, pencegahan perselingkuhan bisa dilakukan dengan penataan rumah. Arah dan posisi terpenting untuk diperhatikan adalah Barat Laut, karena menurut feng shui, posisi ini mewakili kepala keluarga.

Bagaimana menentukan posisi Barat Laut di rumah Anda? Caranya: Anda berdiri di  tengah ruangan di dalam rumah, kemudian gunakan kompas untuk melihat arah. 

Baca Juga: Cegah COVID-19 dengan Feng Shui Rumah Sehat

Anda ikuti arah Barat Daya dari rumah tersebut dan cobalah periksa ada apakah pada posisi Barat Laut rumah. Dapur, kamar mandi, toilet, wastafel, dan tempat mencuci tidak boleh diletakkan di sini.

Sebaiknya jangan menggunakan sembarang arah, seperti menggunakan patokan Timur sebagai arah terbitnya matahari. Pasalnya, posisi terbit matahari berubah-ubah dari bulan ke bulan. 

Fokus Kepala Keluarga
Dapur, kamar mandi atau toilet, dan gudang memiliki sifat menutup chi yang mengalir. Hal ini berpengaruh pada penghuni rumah yang mudah tersinggung, marah, tidak tenang, dan membawa kemalangan bagi kepala keluarga. 

Bagi istri, perangai suami seperti itu menjadi tidak masuk akal dan cenderung mencari hiburan ke luar rumah. Hal inilah yang menyebabkan kepala keluarga cepat bosan. Jika hal ini Anda rasakan di rumah, maka tidak ada jalan lain kecuali memindahkan dapur, kamar mandi, toilet, dan gudang dari sektor tersebut.

Baca Juga: Ternyata Shio Berpengaruh pada Pengaturan Feng Shui Rumah

Pada bentuk rumah yang beraturan, kita akan mudah menemukan sudut Barat Laut. Tetapi, jika bentuk rumah tidak beraturan, bisa jadi sektor tersebut ‘hilang’, karena tidak ditempati ruang apapun atau hanya ruang terbuka. 

Hal ini kurang baik, karena menyebabkan terjadinya sikap tidak setia pada pasangan. Jadi perhitungan kebahagiaan, pertama-tama harus difokuskan pada kepala keluarga terlebih dahulu.

Menurut teori feng shui, sektor Barat Laut adalah chien (yang berarti kepala keluarga), dan memiliki energi Logam. Untuk itu, perkuat unsur Logam pada sektor ini dengan material bangunan dari logam atau dengan perabot serta ornamen yang terbuat dari logam. 

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Lakukan juga prinsip utama feng shui, yaitu memperkuat energi pada sektor di dalam rumah. Karena Tanah memproduksi atau mendukung Logam, maka unsur yang tebuat dari Tanah atau memiliki aura Tanah juga merupakan hal yang penting. 

Warna-warna yang memberi keberuntungan pada sektor ini adalah warna yang mendukung Logam, antara lain putih, abu-abu, kuning, krem, dan cokelat. Tidak ada salahnya jika Anda menempatkan benda dekoratif yang melambangkan cinta pada sektor ini, seperti sepasang burung mandarin atau merpati.

Tips Cegah Perselingkuhan
Untuk wanita dan belum menikah, serta tinggal dengan orang tua atau tinggal di asrama sekolah, perhatikan kamar Anda dan cari sudut Barat Laut yang bersangkutan dengan tempat tinggal Anda. Selanjutnya Anda dapat menempatkan foto sang kekasih di sudut Barat Laut. 

Jika Anda pria, tempatkan foto Kekasih pada sudut Barat Daya. Pasalnya, sektor ini mempunyai makna wanita atau pasangan lelaki. Hanya saja elemen Barat Daya adalah Tanah. 

Baca Juga: Cara Menghadirkan Dekorasi Kamar Tidur nan Cantik

Oleh karena itu, Anda tidak menempatkan benda dari unsur Logam, melainkan unsur Tanah (seperti keramik atau pot dari tanah) dan benda berwarna merah (karena Api memproduksi/mendukung Tanah). 

Pada rumah dengan bentuk tidak teratur dan tidak memiliki sudut Barat Daya, biasanya penghuni lelaki di rumah ini mengalami kesulitan dalam perjodohan.

Dengan energi yang kuat di sudut Barat Laut, maka dengan sendirinya kepala keluarga akan betah tinggal di rumah. Selain itu kepala keluarga akan bisa berkembang, dan menikmati bertanggung jawab kepada anggota keluarganya.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Berita Terkait

Sriwijaya Air (Foto: Wikipedia)
Sriwijaya Air (Foto: Wikipedia)
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com