SCG Donasikan 11 Bilik Swab untuk Tenaga Medis di Jawa Barat

Inovasi bilik swab SCG diharapkan dapat membantu pemerintah Jawa Barat untuk mencegah penularan COVID-19 kepada tenaga medis.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mencoba bilik swab SCG.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mencoba bilik swab SCG.

RealEstat.id (Bandung) - Perusahaan konglomerasi asal Thailand, SCG, kembali menyerahkan donasi berupa 11 unit Bilik Swab Bertekanan Positif secara langsung kepada Bapak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat pada Jumat (19/6/2020) di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Bilik Swab ini merupakan solusi inovatif dari SCG untuk lindungi tenaga medis dari kemungkinan penularan virus COVID-19 dari pasien serta untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa selama tiga bulan terakhir Jabar telah menerima bantuan dari berbagai institusi untuk penanganan COVID-19 di wilayah Jabar salah satunya saat ini SCG. Salah satunya ada swab chamber dari PT SCG Indonesia, dimana petugas tidak usah ganti-ganti APD.

Baca Juga: SCG Donasikan Bilik SWAB COVID-19 kepada Dua Rumah Sakit di Jakarta

Kemudian Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini juga menambahkan bahwa penanganan pandemi ini dapat diibaratkan sebagai suatu perang yang menuntut semua masyarakat untuk turut membela negara. Menurutnya, ini adalah perang melawan COVID-19 dan semua harus bela negara, bisa dengan harta, ilmu, tenaga, dan bagi kita sisanya bela negara dengan kedisiplinan jaga jarak.

“Mudah-mudahan bantuan-bantuan dari pribadi dan korporasi ini juga menandakan kita terus konsisten menjaga kewaspadaan,” kata Ridwan Kamil dalam siaran pers yang diterima RealEstat.id.

Baca Juga: SCG Indonesia Catatkan Penjualan Rp4,2 Triliun di Q1-2020

Sementara itu, Wiroat Rattanachaisit, Country Director SCG Indonesia mengatakan, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang menjadi fokus donasi SCG untuk Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Selain bantuan yang kami berikan melalui beberapa anak perusahaan kami untuk Jawa Barat, dengan komitmen kami untuk Indonesia, kami berupaya menghasilkan suatu inovasi untuk melindungi pahlawan dunia bagi penanganan COVID-19 saat ini yaitu para tenaga medis. Kami berharap inovasi ini dapat membantu pemerintah Jawa Barat untuk mencegah penularan COVID-19 kepada tenaga medis,” ujar Wiroat Rattanachaisit.

Sebelumnya SCG telah menyerahkan secara resmi rencana bantuan donasi SCG untuk Indonesia berupa 40 unit bilik swab bertekanan positif senilai total satu miliar rupiah kepada kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, pada Rabu (10/6/2020) di Jakarta. Sebelas unit diantaranya disalurkan untuk rumah sakit di Jawa Barat melalui pemerintah provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: SCG Donasikan Bilik Swab Tenaga Medis kepada BNPB

Lebih lanjut, Rattanachaisit menuturkan, SCG terus mendorong seluruh masyarakat untuk #PeduliBersama melawan pandemi COVID-19 ini dengan tetap menaati seluruh imbauan pemerintah, menerapkan jarak sosial, serta menjaga kesehatan diri dan lingkungan, terutama memasuki persiapan era tatanan baru (new normal) secara bertahap ini untuk mengurangi jumlah infeksi COVID-19.

"Dengan semangat lebih baik, Passion for Better, bersama-sama Indonesia dapat menangani pandemi COVID-19," pungkasnya.

Berita Terkait

Senior National Sales General Manager Sharp Indonesia, Andry Adi Utomo.
Senior National Sales General Manager Sharp Indonesia, Andry Adi Utomo.
Lintasan Bike Track Cross Country di Metland Transyogi.
Lintasan Bike Track Cross Country di Metland Transyogi.
Penandatanganan kerja sama Sinar Mas Land dengan perbankan untuk pembiayaan Program Wish for Home, Jumat, 5 Maret 2021.
Penandatanganan kerja sama Sinar Mas Land dengan perbankan untuk pembiayaan Program Wish for Home, Jumat, 5 Maret 2021.