RealEstat.id (Tangerang) – PT Purinusa Jayakusuma, pengembang Aryana Karawaci, menyambut positif langkah Pemerintah memperpanjang insentif 100% Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).
Sianna Sutinah Rustanto, Direktur Utama PT Purinusa Jayakusuma mengatakan, aturan baru PPN DTP ini menunjukkan Pemerintah sangat memperhatikan sektor properti Tanah Air.
"Kami melihat, Pemerintah memiliki keyakinan bahwa sektor properti, khususnya perumahan, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional, karena memberikan dampak ikutan yang menggerakkan sektor riil lain," katanya.
Sebelumnya, pada 27 Agustus 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan Pemeritah akan meningkatkan insentif PPN DTP dari 50% menjadi 100% yang berlaku 1 September - 31 Desember 2024.
Baca Juga: Purinusa Rilis Cluster Rumah Smart Living di Tangerang untuk Pasangan Muda
Dengan diberlakukannya aturan PPN DTP ini, Sianna Sutinah Rustanto optimistis penjualan perumahan Aryana Karawaci akan ikut terdongkrak.
Berada di atas lahan seluas 26 hektar di kawasan Tangerang, Banten, Aryana Karawaci saat ini telah mengembangkan hampir 3.000 unit rumah.
"Di Semester kedua 2024 ini, kami masih fokus memasarkan dua klaster, yakni Safira dan Kristal, yang diluncurkan sejak awal tahun 2024," terang Sianna kepada awak media di sela peresmian club house Kristal dan show unit Safira, Sabtu (31/8/2024).
Merangkum sebanyak 600-an unit rumah tipe satu lantai hingga dua lantai, Klaster Safira dipasarkan dengan harga mulai Rp600 jutaan, sementara Klaster Kristal ditawarkan mulai Rp1 miliaran.
Baca Juga: Tawarkan Pembiayaan yang Mudah, Aryana Karawaci Siap Rilis Produk Baru Inovatif
"Saat ini Klaster Safira sudah terjual 200-an unit, sementara Kristal sudah terjual 100-an unit," jelas Sianna Sutinah Rustanto. "Kedua klaster ini memanfaatkan program PPN DTP 100% di semester pertama 2024."
Kali ini, imbuhnya, Aryana Karawaci kembali dapat memanfaatkan stimulus PPN DTP, karena unit rumah siap huni (ready stock) di kedua klaster ini mencapai 210 unit: Klaster Safira 150 unit dan Kristal 60 unit.
Sianna yakin, program PPN DTP akan membuat Aryana Karawaci terserap pasar dengan cepat, lantaran segmen pasar yang dibidik adalah kalangan menengah yang merupakan end-user dan membutuhkan kemudahan.
“Insentif PPN DTP ini sangat bermanfaat bagi pengembang, karena akan mendongkrak penjualan. Sebaliknya, bagi konsumen juga sangat terbantu karena adanya keringanan pajak dan biaya lain,” tutur Sianna.
Baca Juga: Purinusa Group Rilis Cluster Megah dan Surya di Aryana Karawaci, Harga Mulai Rp600 Jutaan
Lebih lanjut Sianna menjelaskan, belakangan ini PT Purinusa Jayakusuma sengaja mengembangkan produk rumah ready stock—bahkan di masa pandemi beberapa tahun lalu.
Salah satu alasannya adalah segmen pasar yang dibidik Aryana Karawaci adalah kelas menegah yang kebanyakan adalah end user.
“Klaster Kristal dan Safira yang kami launching pada Maret lalu, langsung kami bangun unit-unit rumahnya, karena melihat animo masyarakat yang tinggi dan dukungan PPN DTP dari Pemerintah,” jelas Sianna.
Secara lokasi, terangnya, Aryana Karawaci cukup strategis, karena dikelilingi oleh pengembangan properti skala besar seperti Lippo Karawaci, Gading Serpong, dan BSD City.
Baca Juga: Purinusa Kembangan Luncurkan Rumah Rp1 Miliaran di Jakarta Barat, Gandeng 14 Bank Ternama
Sementara Rita Megawati, Project Consultant Property Lounge yang memasarkan Aryana Karawaci mengatakan, salah satu kelebihan proyek ini adalah lokasinya yang strategis.
"Selain itu, Aryana Karawaci selalu memudahkan konsumen dengan promo-promo yang menarik," katanya, menjelaskan.
Menurut Rita, hal yang paling disukai konsumen adalah unit rumah yang dikembangkan memiliki desain dan layout yang compact yang memperhatikan kebutuhan ruang penghuninya.
“Di kedua klaster ini, kami sengaja mengembangkan unit rumah 1 dan 2 lantai mulai 2 kamar tidur hingga 4 kamar tidur, sehingga konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan," katanya.
Baca Juga: Lengkapi Fasilitas Widari Village, Wida Agung Group Mulai Pembangunan Widari Plaza
Hal yang paling menarik, lanjut Rita Megawati, meski rumah di Klaser Safira seharga Rp600 jutaan, tapi memiliki fasilitas club house di dalam klaster.
Sementara itu, Aryana Karawaci juga memiliki fasilitas lain, seperti food court area, area komersial, SPBU dalam kawasannya hingga wahana air (Aquaplay),” tutur Rita.
Bagi calon konsumen, Aryana Karawaci memberikan kemudahan cara bayar booking fee, dan hadiah langsung, seperti AC, member gratis Aquaplay, hingga voucher SPBU di Aryana Karawaci.
"Dengan dibantu stimulus PPN DTP, kami optimistis produk di Aryana Karawaci bisa terjual habis sebelum akhir tahun ini," kata Rita.
Sebagai bocoran, tahun depan PT Purinusa Jayakusuma akan merilis klater baru, yakni Fiona Karawaci, dengan total lahan 1,2 hektare.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News