RealEstat.id (Jakarta) - LG Electronics mengumumkan kemitraan strategis dengan Microsoft untuk menghadirkan inovasi teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat berempati pada penggunanya.
Kedua perusahaan global dalam bidang elektronik dan teknologi itu berencana mengembangkan inovasi kecerdasan buatan berbasis empati atau dikenal pula dengan sebutan Affectionate Intelligence.
Konsep Affectionate Intelligence akan diterapkan di berbagai produk elektronik LG, yang meliputi berbagai ruang seperti rumah, mobilitas dan komersial.
Kolaborasi LG Electronics dan Microsoft juga termasuk pengembangan agen AI, sehingga dapat memprediksi kebutuhan dan preferensi pengguna atas perangkat elektronik.
Baca Juga: Konsep Affectionate Intelligence LG Disebut Bakal Transformasikan Gaya Hidup di Masa Mendatang
CEO LG Electronics, William Cho menerangkan Affectionate Intelligence adalah inovasi AI yang dihadirkan untuk memahami kebiasaan penggunanya dan memberikan pengalaman yang lebih personal.
"Perangkat yang terhubung menjadi salah satu aset terbesar. Hal ini membuat LG menawarkan konektivitas tanpa batas melalui IoT (Internet of Thing)," kata Cho seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (10/01/2025).
LG sendiri telah menerapkan teknologi pengenalan suara dan ucapan sintesis Microsoft dalam Self-Driving AI Home Hub miliknya.
Baca Juga: LG Ungkap Rencana Besar Pengembangan Produk Mobilitas
Mengubah Cara Hidup dan Bekerja
Sementara itu, Executive Vice President dan Chief Commercial Officer Microsoft, Judson Althoff merasa senang dapat bermitra dengan LG Electronics.
Menurut Althoff inovasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) akan mengubah cara hidup dan bekerja secara fundamental.
"Kami (Microsoft dan LG) akan berupaya meningkatkan agen AI untuk berbagai ruang, termasuk rumah, kendaraan, hotel dan kantor," jelas dia.
Baca Juga: BSD City Gunakan Teknologi AI Generatif Microsoft di Aplikasi OneSmile 4.0
Selain pengembangan agen AI, kerja sama antara Microsoft dan LG juga akan meliputi pusat data yang lebih efisien serta berkelanjutan.
Kedua perusahaan akan merancang sistem manajemen termal dan teknologi pendingin yang canggih untuk pusat data AI LG.
“Tujuan utama kami sederhana tetapi mendalam. Memanfaatkan AI sebagai sarana untuk menciptakan nilai bagi penggunanya secara menyeluruh, di mana pun mereka berada,” tandas William Cho.
Untuk mendemonstrasikan konsep Affectionate Intelligence, LG membawa serangkaian teknologi tersebut pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2025 di Las Vegas, Amerika Serikat.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News