Kenyamanan Rumah Modern Tropis Milik Keluarga Titi Kamal dan Christian Sugiono

Interior hunian milik Titi Kamal dan Christian Sugiono mengusung konsep modern kontemporer yang selaras dengan arsitektur rumah bergaya modern tropis.

Keluarga Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: Mario Wibowo)
Keluarga Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: Mario Wibowo)

RealEstat.id (Jakarta) - Baiti, jannati (rumahku, surgaku), demikian pepatah Arab yang mengungkapkan bahwa sebuah rumah selayaknya dibuat sebagai tempat yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Konsep kenyamanan inilah yang mendasari Riri Yakub dari Atelier Riri saat merancang rumah milik pasangan selebritas Titi Kamal dan Christian Sugiono.

Berada di atas lahan seluas 1.000 m2, rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono ini mengadopsi konsep arsitektur modern tropis yang hangat. Secara umum, bangunan rumah ini dirancang dengan keunikan tersendiri.

Baca Juga: Uniknya One River North, Gedung Apartemen 'Terbelah' di Denver

Selain desainnya yang mewah, kesan tropis sangat terasa melalui banyaknya bukaan lebar berupa pintu-pintu kaca tembus pandang di sepanjang ruang. Hal ini memudahkan sirkulasi udara sejuk masuk ke dalam rumah, sekaligus memanjakan mata para penghuni yang "diizinkan" menikmati hijaunya area taman belakang dari dalam rumah.

carport fasad rumah titi kamal christian sugiono realestat.id dok
Fasad rumah tampil dengan gaya modern melalui permainan kayu olahan sehingga lebih berkesan natural. (Foto: Mario Wibowo)

Fasad rumah didesain dengan tampilan modern melalui permainan dan olahan dari material kayu sintetis Conwood. Memiliki tampilan motif kayu dan memunculkan kesan natural, bahan bangunan alternatif ini berbahan dasar campuran selulosa dan fiber semen yang dihasilkan melalui proses dan material yang ramah lingkungan.

Sementara itu, di halaman belakang, arsitek Riri Yakub merancang area rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono yang merangkum vertical garden, gazebo, dan kolam renang menjadi lebih menarik.

living room ruang keluarga rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono realestat.id dok
Living room memiliki void yang merupakan focal point, sehingga area double height ceiling ini terkesan lapang dengan pandangan langsung ke taman dan kolam renang. (Foto: Mario Wibowo)

Memasuki rumah, di lantai satu terdapat area komunal seperti living room yang sangat luas. Untuk desain interior rumah, Titi dan Tian—sapaan akrab Titi Kamal dan Christian Sugiono—memilih konsep modern kontemporer yang selaras dengan konsep arsitektur rumah.

Menariknya, lantaran living room memiliki void yang menjadi focal point, sehingga area double height ceiling ini terkesan lapang dan nyaman. Para penghuni pun dapat bercengkrama sembari menikmati pemandanganan langsung ke area taman dan kolam renang.

Tepat di depan kolam renang, terdapat kamar tidur ibunda Titi Kamal yang memiliki akses langsung ke halaman rumah. Ruang tidur yang berada di lantai satu ini menyatu dengan area make-up Titi Kamal yang didominasi warna pink pastel yang sesuai dengan karakter Titi yang kalem.

Baca Juga: Ternyata, Dua Properti Termahal di Dunia Ada di Makkah, Kota Kelahiran Nabi Muhammad

Untuk furnitur, Titi dan Tian dibantu oleh tim interior designer GMJ. Pasangan yang menikah tahun 2009 ini memilih furnitur yang berkesan homey agar lebih santai, namun tetap terasa elegan serta modern. Produk furnitur dari Vinoti Living pun menjadi pilihan mereka.

Produk Vinoti Living memiliki kelebihan, karena bisa di-customized sesuai gaya hidup maupun kebutuhan konsumen—dalam hal ini, ukuran tubuh Tian lebih tinggi dibanding kebanyakan orang Indonesia.

Di rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono ini, sofa dengan dudukan lebih dalam berwarna krem senada dengan warna interior di area ini yang didominasi warna netral seperti krem dan warna kayu untuk memberi kesan hangat.

ruang makan rumah titi kamal christian sugiono realestat.id dok
Meja makan panjang dengan top table marmer putih dikelilingi delapan kursi berwarna biru, turut mempercantik ruang makan di rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: Mario Wibowo)

Tak kalah menarik, desain ruang makan yang dirancang sedemikian rupa menjadikan ruangan bersantap ini terasa istimewa. Meja makan panjang dengan top table marmer putih dikelilingi delapan kursi berwarna biru, turut mempercantik ruangan ini.

Christian merasa bahwa kursi makan harus dibuat lebih dalam, untuk menyesuaikan ukuran tubuhnya dan keluarganya yang tinggi. Oleh karena itu, dia memilih kursi makan Vinoti Living yang dibuat secara custom.

Baca Juga: Mengupas Inovasi Bahan Bangunan di Era Arsitektur Digital

Sementara itu, Titi secara spesifik memilih warna biru kursi makan yang ternyata menciptakan aksen tersendiri yang menarik. Warna kursi makan pun tampak selaras dengan karpet yang berada di bawah meja makan.

Tak hanya itu, Titi juga menginginkan aksen brass (kuningan) pada furnitur. Hal ini diaplikasikannya pada kaki kursi makan yang bersepatu kuningan. Hasilnya, ruang makan pun makin terlihat mewah dan berkelas.

master bedroom kamar tidur utama rumah titi kamal christian sugiono realestat.id dok
Didesain senada dengan ruang-ruang lain, Master Bedroom dilengkapi tempat tidur berukuran besar yang cocok di ruangan berwarna krem tersebut. (Foto: Mario Wibowo)

Kamar tidur utama (master bedroom) memiliki area yang cukup luas, namun didesain senada dengan ruang-ruang lainnya. Pemilihan tempat tidur berukuran besar sangat cocok bagi ruangan yang didominasi warna krem tersebut. Desain tempat tidur pun didesain customized sesuai postur tubuh Tian yang tinggi.

Ruang peraduan ini pun dilengkapi dengan dressing area dan wardrobe luas yang tentunya amat diperlukan Titi Kamal dan Christian Sugiono sebagai public figure yang diharuskan selalu berpenampilan prima.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Sentra vaksinasi Nuvasa Bay Batam (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Sentra vaksinasi Nuvasa Bay Batam (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Perwakilan Sharp Indonesia, Diknas, Guru dan Siswa SMKN 4 Bandung berfoto setelah penandatanganan kerja sama.
Perwakilan Sharp Indonesia, Diknas, Guru dan Siswa SMKN 4 Bandung berfoto setelah penandatanganan kerja sama.
John Riady, CEO PT Lippo Karawaci Tbk (Foto: Dok. LPKR)
John Riady, CEO PT Lippo Karawaci Tbk (Foto: Dok. LPKR)
Foto: istimewa
Foto: istimewa