RealEstat.id (Jakarta) – Sepanjang Kuartal II 2024, tidak ada pasokan baru ruang ritel di Jakarta. Pasokan kumulatif masih berada di angka 4.719.500 m2 atau naik 0,3% secara tahunan (YoY) dan tidak mengalami perubahan secara kuartalan (QoQ).
Sementara itu, beberapa pusat belanja melakukan peremajaan lewat proses renovasi—terutama perbaikan interior—serta penyesuaian komposisi penyewa (tenant mixing) untuk meningkatkan pengalaman berbelanja.
Konsultan properti Cushman & Wakefield Indonesia mencatat ada tiga pusat perbelanjaan yang tengah melakukan strategi ini, yaitu Epicentrum Walk, Plaza Semanggi, dan Plaza Festival.
Baca Juga: Ruang Ritel Jakarta: Okupansi Tinggi, Namun Oversupply Mulai Mengintai
Di lain pihak, tercatat lima pusat perbelanjaan ditargetkan rampung pada akhir 2024 dan awal 2025, yakni: Lippo Mall East Side di Holland Village, Agora Lifestyle Centre di Thamrin Nine, Mall Menara Jakarta, Cornerstone – Antasari Place, dan Annajon di The Sima Retail.
"Kelima pusat perbelanjaan baru ini akan menambah pasokan kumulatif ruang ritel Jakarta sebesar 119.600 m2 (2,53%) dalam 12 bulan ke depan," tutur Arief Rahardjo, Director of Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia.
Proyek | Area | Ukuran (m2) | Selesai |
---|---|---|---|
Agora Lifestyle Centre @ Thamrin Nine | CBD | 27.000 | 2024 |
Lippo Mall East Side @ Holland Village | Pusat | 44.000 | 2024 |
Mall Menara Jakarta | Utara | 27.600 | 2024 |
Cornerstone – Antasari Place | Selatan | 5.000 | 2025 |
Annajon (The Sima Retail) | Selatan | 16.000 | 2025 |
Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, permintaan ruang ritel Jakarta di Kuartal II 2024 sedikit mengalami penurunan (-0,2%) yang menyebabkan total permintaan kumulatif mencapai 3.727.800 m2, kendati terjadi peningkatan 2,6% secara tahunan.
"Akibatnya, terjadi sedikit penurunan dalam tingkat hunian rata-rata menjadi 79,0%. Angka ini tercatat naik 2,3% secara tahunan dan turun -0,2% secara kuartalan," kata Arief.
Baca Juga: 2024, Jakarta Dimeriahkan Tiga Pusat Perbelanjaan Baru
Cushman & Wakefield mencatat, ada beberapa pembukaan toko baru, terutama di sektor F&B dan branded fashion selama Kuartal II 2024.
"Bacha Coffee telah membuka toko pertamanya di Indonesia di Plaza Senayan. Pembukaan toko baru lain di sektor F&B adalah FOGO dan Haidilao di Emporium Pluit Mall, serta Baia Nonna di Kota Kasablanka," terangnya.
Sementara itu, merek fashion seperti Tommy Hilfiger, Calvin Klein, dan Forever New telah membuka toko baru mereka di Gandaria City, serta Sports Direct di Plaza Senayan dan New Balance di Emporium Pluit Mall.
Baca Juga: Brand-brand Internasional Baru Jadi Motor Sektor Ritel di Jakarta
Merek internasional, khususnya yang berasal dari Korea Selatan, terus meningkatkan eksistensinya di Indonesia. Aland, merek fashion asal Korea Selatan, membuka toko di Central Park Mall pada kuartal ini.
Pada kuartal-kuartal sebelumnya, ADLV dan MLB juga telah melakukan ekspansi bisnis mereka ke Indonesia dengan membuka toko pertama mereka di PIK Avenue dan Pondok Indah Mall.
"Secara bersamaan, beberapa toko sedang menjalani renovasi interior, yang paling mencolok adalah Louis Vuitton di Plaza Indonesia, menampilkan tampilan baru untuk toko flagship-nya," pungkas Arief Rahardjo.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News