2024, Jakarta Dimeriahkan Tiga Pusat Perbelanjaan Baru

Modifikasi tata letak dan renovasi pusat perbelanjaan terus dilakukan untuk meningkatkan pengalaman belanja bagi para pengunjung.

Foto: realestat.id
Foto: realestat.id

RealEstat.id (Jakarta) – Hingga akhir tahun 2023, tercatat dua pusat perbelanjaan di Jakarta yang rampung direnovasi, yaitu Living Plaza Puri dan La Piazza.

Living Plaza Puri—sebelumnya dikenal sebagai PX Pavilion—pada Kuartal IV 2023 menambah sebanyak 17.000 m2 ruang ritel. Pasokan baru ini lebih besar 4.000 m2 dibanding luas area ritel PX Pavilion.

Kedua pusat perbelanjaan ini menambah pasokan ruang ritel kumulatif sebanyak 4.711.000 m2 pada akhir tahun 2023. Hal ini mencerminkan pertumbuhan pasokan sebesar 0,2% secara tahunan (YoY).

Baca Juga: Konsumen Kembali Minati Ritel Fisik, Konsep Omni Channel Mulai Dilirik

Konsultan Cushman & Wakefield Indonesia mencatat, pada tahun 2024, Jakarta akan menyambut tiga pusat perbelanjaan baru, yakni: Agora Lifestyle Centre di Thamrin Nine, Lippo Mall East Side di Holland Village, dan Mall Menara Jakarta.

Penyelesaian pembangunan pusat perbelanjaan ini diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan pasokan kumulatif di masa depan sebesar 2,12%.

Sementara itu, modifikasi tata letak dan renovasi pusat perbelanjaan terus dilakukan untuk meningkatkan pengalaman belanja bagi para pengunjung.

"Saat ini, dua pusat perbelanjaan di Jakarta, yaitu Pejaten Village dan Gajah Mada Plaza sedang dalam proses renovasi interior yang diperkirakan selesai pada tahun 2024 ini," ungkap  Arief RahardjoDirector of Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia.

Baca Juga: Pasar Ritel Jakarta dan Surabaya Masih Didominasi Kuliner dan Fesyen

Pertumbuhan permintaan sebesar 2% (YoY) tercatat selama Kuartal IV 2023, membawa total permintaan kumulatif menjadi 3.703.000 m2. Ekspansi brand internasional, baik di mal yang sudah ada maupun yang baru direnovasi, meningkatkan tingkat hunian rata-rata pasar sebesar 1,5% (YoY) atau 1,8% secara kuartalan (QoQ) menjadi 78,6% pada akhir tahun 2023.

Penyewa F&B tetap menjadi yang paling aktif, diikuti oleh merek kecantikan & gaya hidup. UNIQLO dan KKV membuka outlet baru mereka di La Piazza yang baru direnovasi, sementara Chicco baru-baru ini membuka toko terbesarnya di Asia Tenggara di Gandaria City.

Brand internasional lain yang membuka toko pertama mereka di Indonesia selama kuartal ulasan termasuk Dagu Rice Noodle, Monster Curry, Sushiro, Matchaya di sektor ritel F&B, dan Pinko, POLA, Acme De la Vie, dan Flying Tiger Copenhagen di sektor ritel kecantikan dan gaya hidup.

Baca Juga: Tingkat Kekosongan Mal Strata-title Jakarta Naik Jadi 38,7%, Ini 'Biang Keroknya'

Penyewa hiburan, yang mencakup area permainan dan taman bermain untuk anak-anak dan dewasa, juga melakukan ekspansi secara luas dengan dibukanya outlet-outlet baru.

Superpark, taman bermain tematik dari Finlandia, membuka taman bermain pertamanya di Pondok Indah Mall - Street Gallery. Skorz, sebuah taman bermain sportainment, membuka gerainya di FX Sudirman, dan Playtopia membuka outlet baru mereka di Senayan Park dan Emporium Mall Pluit.

Di sisi lain, tarif sewa tetap stabil selama Kuartal IV 2023, berada pada Rp808.500 per meter persegi per bulan. Meskipun demikian, terjadi peningkatan dalam service charge rata-rata menjadi Rp194.300 per meter persegi per bulan, mencerminkan peningkatan sebesar 2% (YoY).

Stabilitas tarif sewa dan peningkatan service charge dapat mengindikasikan strategi berimbang dari pemilik mal untuk mempertahankan penyewa dan pada saat yang sama, menjaga aliran pendapatan sebagai respon terhadap inflasi biaya operasional.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Dirjen Perumahan, Iwan Suprijanto (kiri) dan Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto dalam acara Gala Dinner Peringatan HUT REI ke-52 dengan tema “Propertinomic Untuk Indonesia Maju” di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 26 April 2024. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Dirjen Perumahan, Iwan Suprijanto (kiri) dan Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto dalam acara Gala Dinner Peringatan HUT REI ke-52 dengan tema “Propertinomic Untuk Indonesia Maju” di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 26 April 2024. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Johannes Weissenbaeck, Founder & CEO OXO Group Indonesia
Johannes Weissenbaeck, Founder & CEO OXO Group Indonesia