Ini Bagian Rumah yang Perlu Benda-benda Feng Shui di Tahun Kelinci Air 2023

Penempatan benda-benda feng shui memiliki tujuan untuk mengurangi energi negatif, meningkatkan energi positif, dan sebagai elemen dekoratif yang memperindah rumah.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

RealEstat.id (Surabaya) - Kendati Annual Feng Shui menurut teori Jiu Xing (9 Bintang) mengalami perubahan setiap tahun, namun pengguna feng shui tidak perlu melakukan renovasi rumah. Mereka cukup menggunakan benda-benda penangkal (feng shui cures) atau cisoak. Lantas bagaimana penggunaan benda-benda feng shui tersebut di Tahun Kelinci Air 2023?

Pada dasarnya, benda penangkal punya tiga tujuan: pertama, mengurangi energi negatif pada suatu sektor atau sudut rumah. Kedua, meningkatkan energi positif suatu sudut rumah. Ketiga, sebagai elemen dekoratif untuk memperindah interior rumah.

Cisoak atau benda penangkal merupakan benda yang bisa diletakkan dengan cara digantung pada plafon, ambang pintu, atau ambang jendela, dilekatkan pada dinding. Bisa juga diletakkan di atas meja atau bahkan di atas lantai. Bentuk dan ragamnya perlu dipahami dan meletakkannya harus pada sudut yang benar di rumah.

Baca Juga: Peruntungan Rumah Anda di Tahun Kelinci Air 2023 Menurut Feng Shui

Mereduksi pengaruh buruk (energi negatif) pada sektor yang terkena Bintang 5 Kuning (Wu Huang) ; Bintang 2 Hitam (Erl Hai) yang cenderung mengganggu kesehatan, serta Bintang 3 Hijau yang menciptakan perselisihan, pertikaian, perkelahian, sampai urusan hukum.

Pada Tahun Kelinci Air 2023, Wu Huang berada di Barat Laut, Erl Hai (Bintang 2) di sektor Timur, sedangkan San Bi (Bintang 3) di sektor Tenggara.

Jambangan berisi air tenang diberi bunga untuk Cisoak Sektor Timur Laut yang terkena Bintang 7 Merah (pertikaian, perselisihan, kena perkara, kemalingan, kerampokan, dan lain-lain) ditempatkan pada sudut ruangan. Sektor ini perlu “lebih diam” selama Tahun Kelinci Air 2023 ini.

Baca Juga: Peruntungan di Tahun Kelinci Air 2023 Menurut Feng Shui

Sebaliknya, untuk sektor-sektor yang memiliki energi positif, seperti benda-benda interior yang dapat membangkitkan energi Qi/Chi. antara lain adalah benda bercahaya, benda bergerak (seperti air) dan benda bersuara (suara aliran dan alunan air).

lonceng angin windchime fungling benda feng shui penangkal sial tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Lonceng angin logam dengan enam kaki.

Beberapa benda yang bisa digunakan adalah Fung Ling (lonceng angin) dan water feature. Fung Ling efektif untuk mengurangi kemalangan yang diciptakan Bintang 5 dan Bintang 2. 

sepasang pi xiu cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Sepasang Pi Xiu (Foto: istimewa)
Sektor Barat Laut

Sektor Barat Laut yang terkena Wu Huang bisa ditempatkan Fung Ling (lonceng angin), Pi Xiu, atau sepasang Pi Yao.

pohon uang cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Pohon uang (Foto: istimewa)
Sektor Barat Daya

Sektor Barat Daya kedatangan Bintang 1 Putih yang mendatangkan kebijakan, kepandaian, dan uang. Sudut ini bisa dipicu dengan menempatkan ikan arowana atau benda-benda lain yang merupakan simbol kemakmuran bagi Anda, misalnya "pohon uang".

Baca Juga: Penempatan Benda-benda Feng Shui Penangkal 'Sial' (Cisoak) di Tahun Kelinci Air 2023

Katak berkaki tiga cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Katak berkaki tiga (Foto: istimewa)
Sektor Selatan

Sektor Selatan kedatangan Bintang 8 Putih yang berarti kesuksesan dan kejayaan. Untuk meningkatkan kesuksesan, Anda bisa menempatkan kodok berkaki tiga, agar keuntungan Anda berlipat datang di Tahun Kelinci Air 2023.

Anda juga dapat menggunakan benda-benda lain yang merupakan simbol kesuksesan, misalnya piala kejuaraan dan sebagainya.

karpet merah cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Karpet merah (Foto: istimewa)
Sektor Tenggara

Sektor Tenggara kedatangan Bintang 3 yang membuat pertikaian dan perkelahian. Bintang ini berunsur Kayu. Lantaran Kayu yang “kuat” menyerang sektor Barat, untuk mengatasi hal ini, digunakan elemen Api untuk mengurangi kuatnya Kayu.

Oleh karena itu, di sudut Tenggara diperlukan benda-benda berwarna merat seperti karpet atau keset, yang bisa Anda gunakan sebagai benda dekoratif.

Baca Juga: Sudut-sudut Keberuntungan di Rumah Anda di Tahun Kelinci Air 2023

Sepasang Bebek Mandarin cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Sepasang Bebek Mandarin. (Foto: istimewa)
Sektor Tengah

Sektor Tengah mendapatkan Bintang Asmara yaitu Bintang 4 Kumala. Jika Anda belum dapat jodoh, atau ingin lebih mempererat hubungan suami-isteri, bisa gunakan sepasang bebek mandarin di sektor tengah rumah.

Ruyi Emas cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
RuYi (Foto: istimewa)
Sektor Utara

Sektor Utara kedatangan Bintang 9 yang mewakili datangnya kegembiraan di dalam rumah. Mungkin Anda akan mendapat berita gembira, seperti mendapat anak, lulus ujian, pernikahan, serta mendapatkan jaringan sosial yang lebih luas.

Untuk mensyukuri itu, bisa menggunakan pagoda atau RuYi di sektor Utara. RuYi adalah tusuk konde permaisuri, tetapi arti bunyi "Ru Yi" adalah: semua berjalan lancar.

Baca Juga: Hindari Sudut Pembawa Sial di Rumah Anda di Tahun Kelinci Air 2023

jambangan mangkok berisi bunga cisoak feng shui tahun kelinci air 2023 realestat.id dok
Jambangan berisi bunga (Foto: istimewa)
Sektor Timur Laut

Sektor Timur Laut mendapat Bintang 7 Merah (Qi Chi) yang merupakan bahaya terhadap api dan kekerasan/kecurian. Untuk menenangkan sektor ini, Anda dapat menggunakan jambangan dengan menempatkan bunga di atas permukaan air.

Akhir kata, terlepas dari percaya atau tidaknya Anda, tidak ada salahnya jika membuat upaya-upaya agar feng shui bisa bekerja dengan baik bagi kita: yaitu menghalau kemalangan dan meraih keberuntungan.

Selamat merayakan Imlek. Gong Xi Fa Cai!

Artikel ini ditulis oleh Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo, Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: diolah dari royalmint.com
Foto: diolah dari royalmint.com
Penempatan Cisoak di Tahun Kelinci Air 2023 (Foto: istimewa)
Penempatan Cisoak di Tahun Kelinci Air 2023 (Foto: istimewa)
Jika ada pintu dan jendela di sektor yang kedatangan Bintang 7 Merah, harus dicek apakah aman. Hal ini untuk menghindari kemungkinan pencurian. (Foto: Diolah dari Freepik.com)
Jika ada pintu dan jendela di sektor yang kedatangan Bintang 7 Merah, harus dicek apakah aman. Hal ini untuk menghindari kemungkinan pencurian. (Foto: Diolah dari Freepik.com)