Ingin Rumah Penuh Berkah? Biasakan Salat Sunah Ini di Rumah

Salah satu cara untuk mengundang keberkahan di rumah adalah mengerjakan salat sunah, seperti sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Ibnu Umar RA.

Foto: diolah dari Pixabay.com
Foto: diolah dari Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Rumah adalah tempat atau tujuan akhir bagi setiap orang setelah melaksanakan perjalanan. Rumah juga tempat yang digunakan penghuninya untuk menunaikan adab-adab islami dan menghidupkannya dengan amalan-amalan sunah, termasuk salat.

Setiap Muslim pasti mendambakan kehidupan yang penuh keberkahan. Berkah atau dalam Bahasa Arab disebut barakah, artinya adalah kebaikan yang melimpah (al-khair al-wafir) atau bertambahnya kebaikan (ajjiyaadatul khair).

Baca Juga: Arsitektur Masjid: Filosofi, Desain, dan Kemegahan Zaman

Salah satu cara untuk mengundang keberkahan adalah mengerjakan salat sunah, seperti sabda Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma:

“Jadikanlah bagian dari salat kalian di rumah-rumah kalian, dan jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan,” (HR. Al-Bukhari no. 432 dan Muslim no. 1817).

Rasulullah SAW mengumpamakan rumah seperti kuburan yang sepi adalah rumah yang penghuninya Muslim tapi tidak pernah atau sangat jarang membaca Kitab Suci Al-Quran, salat sunah dan amalan-amalan sunah lainnya.

Baca Juga: Ternyata, Dua Properti Termahal di Dunia Ada di Makkah, Kota Kelahiran Nabi Muhammad

Seperti yang dijelaskan oleh Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu, “Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk mengerjakan salat nafilah (sunah) di rumah. Karena hal itu lebih ringan dan lebih jauh dari riya, lebih menjaga dari perkara yang dapat membatalkannya. Juga dengan mengerjakan salat nafilah di rumah akan memberi keberkahan bagi rumah tersebut. Akan turun rahmah di dalamnya, demikian pula para malaikat. Sementara setan akan lari dari rumah tersebut,” (Al-Minhaj, 6/309).

“Seharusnya bagi kalian untuk mengerjakan salat di rumah-rumah kalian karena sebaik-baik salat seseorang adalah di rumahnya terkecuali salat wajib,” (Al-Bukhari no.731 dan Muslim no.1822).

Berdasarkan hadits di atas, Rasulullah SAW memerintahkan kepada kita agar melaksanakan salat sunah di rumah selain salat wajib. Khusus untuk Umat Islam laki-laki diwajibkan melaksanakan salat fardu berjamaah di masjid.

Baca Juga: Tips Hadirkan Mushola Minimalis Nan Cantik di Rumah Berlahan Terbatas

Salat adalah tiang agama, apabila kita melaksanakannya berarti kita menegakkan agama. Namun, jika kita meninggalkannya berarti kita telah meruntuhkan agama (Islam). Selain memperoleh keberkahan, salat sunah di rumah juga akan mendatangkan kebaikan di akhirat (dibangunkan sebuah rumah di surga oleh Allah SWT).

Hal ini dipertegas oleh sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam hadis At-Tirmidzi:

“Barangsiapa merutinkan salat sunah 12 rakaat dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. 12 rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum zuhur, dua rakaat sesudah zuhur, dua rakaat sesudah magrib, dua rakaat sesudah isya, dan dua rakaat sebelum subuh.” (HR. At-Tirmidzi).

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Dari kiri ke kanan: Juliana Rika (National Sales Executive PT Dharma Sumber Nusantara), Teguh Triono (Sustainability Engagement Head PT Dharma Satya Nusantara Tbk), Anita Boentarman (Desainer Interior), Eko Priharseno (Desainer Interior),  dan Agam Riadi (Desainer Interior) dalam acara talkshow bertajuk "Sustainable TEKA Parquet, Application and Utilization in Design Process", Sabtu (24/9/2022).
Dari kiri ke kanan: Juliana Rika (National Sales Executive PT Dharma Sumber Nusantara), Teguh Triono (Sustainability Engagement Head PT Dharma Satya Nusantara Tbk), Anita Boentarman (Desainer Interior), Eko Priharseno (Desainer Interior), dan Agam Riadi (Desainer Interior) dalam acara talkshow bertajuk "Sustainable TEKA Parquet, Application and Utilization in Design Process", Sabtu (24/9/2022).
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com