Garap Pasar Pariwisata China, SiteMinder Berkolaborasi dengan Trip.com

SiteMinder melaporkan, di Kuartal I 2024 jumlah pemesanan dari China ke 41.000 hotel di bawah naungan SiteMinder meningkat 75% dari tahun sebelumnya.

Foto: Dok. Freepik.com
Foto: Dok. Freepik.com

RealEstat.id (Jakarta) – SiteMinder, platform manajemen perhotelan asal Australia memperkuat kerja sama dengan online travel agent terkemuka Trip.com untuk mengakomodasi lebih banyak hotel mengakses pasar pariwisata outbound China yang makin meningkat.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Trip.com menandatangani kesepakatan untuk berpartisipasi dalam program terbaru SiteMinder, yaitu Channels Plus.

Program ini turut menyederhanakan distribusi untuk hotel dengan memberikan akses ke berbagai saluran distribusi melalui satu pengaturan.

Baca Juga: 5 Waduk Terbesar di Jawa Barat yang Jadi Tempat Wisata Menarik

Bagi Trip.com, kemitraan ini turut memberikan akses ke lebih banyak hotel dan kemampuan untuk memperluas inventarisnya guna memberikan pengalaman berwisata kelas dunia.

Kemitraan yang dicanangkan ini efektif diimplementasikan semenjak SiteMinder melaporkan bahwa selama tiga bulan pertama di 2024, jumlah pemesanan dari China ke 41.000 hotel di bawah naungan SiteMinder telah meningkat 75% dari tahun sebelumnya.

Sebagai cerminan dari kebiasaan belanja wisatawan China yang sangat menguntungkan, rata-rata tarif harian dari pemesanan tersebut bernilai 10% lebih tinggi dari wisatawan global.

Sebaliknya, dengan angka 21 hari, rata-rata waktu tunggu dari pemesanan turis China 62% lebih rendah dari rata-rata global, memperlihatkan rendahnya sensitivitas mereka terhadap tarif kamar, serta kecenderungan untuk melakukan perjalanan dengan waktu perencanaan yang lebih singkat.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits, Destinasi Liburan Seru Bareng Keluarga!

Bahkan, SiteMinder’s Changing Traveller Report 2023 mencatatkan  bahwa wisatawan China adalah wisatawan paling tahan harga (price-resilient) secara global.

Laporan yang sama dari SiteMinder menemukan bahwa 55% wisatawan China melakukan riset dan memesan akomodasi menggunakan satu situs pemesanan atau aplikasi yang spesifik, seperti Trip.com.

Monica Xiao, CEO of Accommodation Business Group Trip.com Group mengatakan, saat ini ada indikasi yang jelas bahwa pasar wisatawan China sedang mengalami pemulihan.

"Kami sangat senang dapat membawa kemitraan kami dengan SiteMinder ke tahap berikutnya untuk memastikan bahwa lebih banyak hotel di seluruh dunia yang memiliki kesempatan untuk memanfaatkan aliran pendapatan (revenue stream)yang kuat," jelas Monica Xiao.

Baca Juga: 6 Tips Agar Liburan di Pantai Saat Musim Panas Menyenangkan

Sementara, Sankar Narayan, CEO dan Managing Director SiteMinder menuturkan, memasuki era baru pariwisata yang ditandai dengan lanskap kian dinamis dan mengharuskan para hotelier untuk mengevaluasi ulang serta meningkatkan revenue stream mereka.

"Kami sangat senang dapat mengeratkan kemitraan kami dengan Trip.com, sebuah perusahaan yang terkenal atas inovasi dan jangkauan massalnya,” ujar Sankar Narayan.

Dengan lebih dari 2,150 mitra—mulai dari distribution channels  seperti Trip.com, aplikasi hotel, sistem manajemen serta konsultan perhotelan—ekosistem perhotelan yang dimiliki SiteMinder merupakan yang terbesar dalam industri hotel global.

Baca Juga: Ini Dia 4 Rekomendasi Hotel di Tangerang dengan Kolam Renang Terbaik

Skalanya menempatkan SiteMinder di posisi unik yang dapat menyederhanakan distribusi bagi hotel dan, oleh karena itu, program Channels Plus yang dimiliki perusahaan terus mendapatkan traksi dari merek-merek travel terkemuka.

Sampai saat ini, SiteMinder telah menjalin kesepakatan dengan 14 mitra distribusi untuk programnya yang juga telah mengundang rasa penasaran dari hotel-hotel pelanggan perusahaan.

Masa percobaan Channel Plus, yang diluncurkan hari ini, akan dapat diakses oleh sekitar 1,000 hotel dan akan secara perlahan-lahan diperluas sampai peluncuran Channel Plus untuk umum di akhir tahun ini.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Vinilon menerapkan sistem energi panel surya, sebagai salah satu sumber energi listrik di pabriknya. (Foto: Istimewa)
Vinilon menerapkan sistem energi panel surya, sebagai salah satu sumber energi listrik di pabriknya. (Foto: Istimewa)
Tampilan booth Sharp di acara Jakarta Fair Kemayoran 2024 (Foto: Istimewa)
Tampilan booth Sharp di acara Jakarta Fair Kemayoran 2024 (Foto: Istimewa)