Gandeng TNI, Kementerian PUPR Renovasi Rumah Warga OKU Lewat Program BSPS

kegiatan bedah rumah warga di Kabupaten OKU dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Tahun 2023.

Program BSPS di OKU Ogan Komering Ulu yang dibantu TNI. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Program BSPS di OKU Ogan Komering Ulu yang dibantu TNI. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RealEstat.id (Kabupaten OKU) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berharap, pengentasan rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

Salah satu kegiatan Program BSPS yang dilaksanakan untuk membantu meningkatkan kualitas rumah masyarakat dilaksananakan Kementerian PUPR bersama TNI di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan.

"Program BSPS atau bedah rumah merupakan wujud nyata perhatian pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu agar bisa memiliki rumah layak huni. Kami juga mendorong keterlibatan berbagai pihak untuk berkolaborasi termasuk TNI di Kabupaten OKU untuk membedah rumah warga," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Kementerian PUPR Ajak Anggota Pramuka Ikut Aktif Dalam Program BSPS

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V, Jhonny Rakhman menjelaskan, kegiatan bedah rumah warga di Kabupaten OKU dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Tahun 2023.

Sebagai langkah awal kegiatan kolaborasi tersebut, bantuan bedah rumah akan diberikan  pada  salah satu penerima  bantuan  BSPS yakni Sudirman di Desa Muara Saeh, Kecamatan Muara Jaya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan mengalokasikan Program BSPS di Kabupaten Ogan Komering Ulu sebanyak 170 unit. Bantuan tersebut terbagi dalam dua tahapan dimana tahap pertama sebanyak 120 unit dan tahap kedua sebanyak 50 unit.

Kegiatan Karya Bakti TNI ini dilaksanakan pada Desa Muara Saeh Kecamatan Muara Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu dimana terdapat total 8 penerima Program BSPS.

Baca Juga: Telan Dana Rp12,5 Miliar, 625 Rumah di Kalimantan Selatan Direnovasi Lewat Program BSPS

Kolaborasi  yang  dilaksanakan  antara Kementerian  PUPR  melalui Balai P2P Sumatera V dan TNI Angkatan Darat melalui Kodim 0403 OKU menjadi salah satu inovasi yang diharapkan dapat berlangsung terus menerus.

Adanya kolaborasi ini memiliki dampak positif pada penyelengaraan program mulai dari kecepatan pelaksanaan rehab rumah, meningkatkan gotong royong masyarakat, serta secara tidak langsung menjamin keamanan dalam pelaksanaan program BSPS di Kabupaten OKU.

"Dalam kegiatan bedah rumah ini kami menggandeng TNI di Kabupaten OKU khususnya KODIM 0403 OKU pada 13 September 2023 lalu guna melaksanakan Karya Bakti TNI Satkorwil di Wilayah Kodim 0403 OKU. Anggota Kodim 0403 membantu melaksanakan pembongkaran rumah penerima bantuan serta membantu pelaksanaan pembangunan rumah hingga selesai 100 persen," terangnya.

Baca Juga: Sebanyak 1.376 Unit Rumah di NTB Dapat Bantuan Program BSPS

Lebih lanjut, Jhonny menambahkan, untuk menunjang keberhasilan program  bantuan yang akan diberikan Kementerian PUPR bersama KODIM 0403 OKU kepada penerima bantuan BSPS, dilakukan pembahasan mekanisme pelaksanaan oleh Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan, Dandim 0403 OKU dan Dinas Perkim Kabupaten OKU.

Koordinasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan lebih lanjut mengenai program BSPS kepada TNI, khususnya yang berada di satuan Kodim 0403 OKU.

"Kami harap kolaborasi antara Kementerian PUPR dan TNI dalam Program BSPS juga dapat dilaksanakan di Kabupaten/Kota lain di Sumatera Selatan serta di provinsi lainnya," harapnya.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Junaidi Abdillah Ketua Umum DPP Apersi (Foto: realestat.id)
Junaidi Abdillah Ketua Umum DPP Apersi (Foto: realestat.id)
Pembangunan PSU Jalan di Perumahan subsidi di Provinsi Gorontalo (Foto: Kementerian PUPR)
Pembangunan PSU Jalan di Perumahan subsidi di Provinsi Gorontalo (Foto: Kementerian PUPR)
Dewan Pakar bidang Perumahan dan Perkotaan Koalisi Indonesia Maju (KIM), Panangian Simanungkalit (kiri) dan Paulus Totok Lusida.  (Foto: realestat.id)
Dewan Pakar bidang Perumahan dan Perkotaan Koalisi Indonesia Maju (KIM), Panangian Simanungkalit (kiri) dan Paulus Totok Lusida. (Foto: realestat.id)
Fitrah Nur, Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.
Fitrah Nur, Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.