Enam Gedung Unik di Bangkok, Mulai Dari Futuristik Sampai Mistik

Bangkok memiliki beberapa gedung dengan bentuk unik. Sebagian didesain futuristik, namun ada juga yang menjadi gedung kosong dan jadi lokasi 'uji nyali'.

G Tower
G Tower

RealEstat.id (Jakarta) - Layaknya sebuah ibu kota negara, Bangkok dipenuhi gedung-gedung sebagai pusat bisnis dan pemerintahan. Peran Bangkok sebagai etalase Thailand juga dimanfaatkan para arsitek untuk mewujudkan kreativitas mereka sehingga muncul banyak gedung dengan desain unik.

Baca Juga: Steinway Tower: Gedung Paling Ramping di Dunia Rampung Dibangun

Bentuk unik tentu tak melupakan fungsi dan keamanan sebagai unsur utama dalam pembangunan gedung. Setidaknya ada enam gedung unik di Bangkok yang paling dikenal masyarakat saat ini.

Gedung Unik Bangkok Robot building realestat.id dok
Robot building

1. Robot Building
Dari namanya kita tentu sudah mengetahui bentuk dari gedung yang dimaksud. Robot Building adalah kantor pusat United Overseas Bank. Gedung dengan 20 lantai itu terletak di 191 South Sathorn Road di Distrik Sathorn, Bangkok.

Arsitek yang mendesain Robot Building adalah warga Thailand asli, yakni Sumet Jumsai. Sang arsitek awalnya kebingungan saat Bank of Asia memintanya mendesain gedung dengan filosofi komputerisasi perbankan.

Baca Juga: Affirmation Tower: 'Gedung Terbalik' di Cakrawala Kota New York

Saat kebingungan itulah arsitek kelahiran tahun 1939 itu melihat sang anak membawa robot mainan. Tak salah lagi, desain robot itu jadi konsep utama gedung yang selesai dibangun pada tahun 1987 itu.

17 tahun berselang atau tepatnya di tahun 2005, United Overseas Bank mengakuisisi Bank of Asia termasuk asset utamanya, Robot Building.

Gedung Unik Bangkok MahaNakhon Building realestat.id dok
MahaNakhon Building

2. MahaNakhon Tower
Selanjutnya kita bergerak ke Kawasan Bisnis Silom-Sathorn. Di sana tak sulit menemukan MahaNakhon Tower karena menjadi bangunan tertinggi dengan bentuk yang unik.

Tinggi MahaNakhon Tower 314 meter. Di dalamnya ada hotel, pertokoan ritel dan apartemen mewah. Sementara bentuknya juga unik karena terdiri dari piksel yang berputar di sepanjang fasad/sisi bangunan yang terbuat dari kaca.

Baca Juga: Uniknya One River North, Gedung Apartemen 'Terbelah' di Denver

Menara dengan 77 lantai itu adalah hasil karya arsitek asal Jerman, Ole Scheeren. Visi yang ditampilakn sang arsitek yakni visualisasi ambisi dan kegembiraan Warga untuk mendukung identitas Bangkok salah satu kota paling dinamis di dunia. Terbukti, karena siapapun yang mengunjungi MahaNakhon pasti gembira karena bisa melihat pemandangan Kota Bangkok dengan cukup jelas.

Gedung Unik G Tower Bangkok Thailand realestat.id dok
G Tower

3. G Tower
Serupa dengan Robot Building, nama bangunan G Tower mewakili desain bentuknya yakni menyerupai huruf G. Sejarahnya, gedung ini adalah milik G Land, sebuah perusahaan media yang memproduksi program-program dan iklan televisi yang berekspansi ke pengembangan bisnis real estat dan jasa konstruksi.

Baca Juga: 1000 Trees: Pusat Perbelanjaan Bak Gunung Ditumbuhi Pepohonan

G Tower adalah kompleks perkantoran yang terdiri dari dua menara setinggi 26 dan 36 lantai dengan luas total sekitar 134.000 meter persegi. Pemiliknya adalah Pattana Center, sementara perancangnya hasil kolaborasi Urban Architects dan KSC & Associates.

Keunggulan G Tower ada di kekuatan rangka bangunan dari baja yang tangguh menopang bagian atas serta bagian selatan menara yang miring delapan derajat.

Gedung Unik Bangkok Sathorn Unique Tower realestat.id dok
Sathorn Unique Tower

4. Sathorn Unique Tower
Masih di Kawasan Bisnis Sathorn Bangkok, ada sebuah bangunan gedung mangkrak dengan bentuk unik. Sathorn Unique Tower namanya, sebuah bangunan yang awalnya dibangun untuk menjadi apartemen mewah di pusat bisnis, namun pembangunannya terhenti saat krisis moneter menghantam Thailand tahun 1997 lalu.

Baca Juga: Jadi Lokasi Bunuh Diri, Objek Wisata The Vessel Ditutup

Proyek Sathorn Unique Tower ini dirancang arsitek Rangsan Torsuwan, dan mulai dibangun pada tahun 1990. Tiga tahun berselang atau pada tahun 1993, sang arsitek ditangkap karena dituding merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Mahkamah Agung Thailand, Praman Chansue. Tudingan itu sendiri tak terbukti, dan Rangsan pun bebas setelah 17 tahun dipenjara. Meski sudah bebas, sang arsitek tak mampu mengumpulkan para investor untuk membiayai proyek bangunan dengan 49 lantai itu.

Kini, gedung setinggi 185 meter itu terbengkalai dan seram saat gelap. Warga Bangkok bahkan menjadikannya sebagai salah satu lokasi uji nyali bagi para pemberani saat mengunjungi Bangkok. Bagaimana, Anda berani uji nyali di Sathorn Bangkok?

Gedung Unik Bangkok Elephant tower realestat.id dok
Elephant tower

5. Elephant Tower
Berikutnya kita bergeser ke Paholyothin Road dan Ratchadaphisek Road, maka Anda akan menemukan Elephant Tower atau menara gajah. Ya tentu bangunan ini mudah ditemukan karena bentuknya berbeda dengan bangunan-bangunan di sekitarnya.

Baca Juga: Hotel Wilmina Berlin, Penjara yang Disulap Jadi Hotel Mewah

Menara gajah di Bangkok terdiri dari tiga menara yang menyerupai kaki dan belalai gajah dalam visual dua dimensi. Elephant Tower atau dikenal dengan Chang Building memiliki 32 lantai setinggi 102 meter. Di dalamnya ada apartemen, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Elephant tower dirancang arsitek Ong-ard Satrabhandhu setelah mendapat arahan dan ide dari pakar real estate Thailand, Arun Chaisaree. Elephant Tower selesai dibangun sekaligus mulai digunakan pad tahun 1997.

State Tower

6. State Tower
Gedung unik lainnya di Bangkok adalah State Tower. Sejak resmi beroperasi pada tahun 2001, gedung serbaguna tertinggi di Bangkok ini adalah salah satu tempat paling strategis untuk menikmati pemandangan Sungai Chao Phraya.

Di State Tower ada beragam fasilitas akomodasi termasuk restoran mewah yang menjadi tujuan wisatawan. Selain itu lokasinya yang ada di Kawasan Bisnis Bang Rak, menyebabkan gedung yang memiliki 68 lantai ini sering dijadikan meeting point para pebisnis.

Tinggi State Tower mencapai 247 meter sehingga menjadikannya sebagai gedung tertinggi ke-delapan di Thailand. Keindahan arsitektur State Tower yang juga menjadi salah satu ikon Bangkok menjadikannya menjadi lokasi syuting film The Hangover Part II pada 2010 lalu.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Rumah dua lantai hasil cetak 3D di Houston (Foto: dok. HANNAH)
Rumah dua lantai hasil cetak 3D di Houston (Foto: dok. HANNAH)
Bangunan termahal di dunia (Foto: istimewa)
Bangunan termahal di dunia (Foto: istimewa)
Singgasana Raja Charles III di Istana Buckingham. (Foto: rct.uk/bbc)
Singgasana Raja Charles III di Istana Buckingham. (Foto: rct.uk/bbc)
Tower Ebisu di Mastery by Crown Group (Foto: istimewa)
Tower Ebisu di Mastery by Crown Group (Foto: istimewa)