Ciptakan Nuansa Baru Dekorasi Ruang Tamu Hanya dengan 4 Langkah Ini

Dengan menata furnitur secara tepat, akan memberikan dampak terhadap ruang gerak dan visual yang bebas pada dekorasi ruang tamu.

Salah satu inspirasi menata furnitur yang dapat mempercantik dekorasi ruang tamu rumah Anda. (Foto: renoguide.com)
Salah satu inspirasi menata furnitur yang dapat mempercantik dekorasi ruang tamu rumah Anda. (Foto: renoguide.com)

RealEstat.id (Jakarta) - Banyak cara dapat dilakukan untuk membuat dekorasi ruang tamu Anda nampak segar di awal tahun baru 2021 ini. Misalnya saja dengan hanya mengubah letak furnitur ruang tamu, dalam sekejap Anda akan mendapatkan nuansa yang berbeda.

Melakukan redekorasi posisi furnitur bisa juga akan memberi kesan ruang tamu sempit Anda jadi terlihat lebih lega dan lapang.

Melansir dari laman Marthastewart.com, Ashley Bowen, kepala stylist untuk Zulily, menjelaskan dengan menata furnitur secara tepat, akan memberikan dampak terhadap ruang gerak dan visual yang bebas untuk para penghuninya.

Baca Juga: Segarkan Dekorasi Ruang Tamu Anda dengan Langkah Ini

"Menata bukan hanya tentang memberi Anda dan tamu ruang bernapas. Penataan furnitur yang baik juga akan memiliki elemen visual yang mengikat semuanya, termasuk warna dan dan tekstur bahan yang serasi,” ujar Bowen.

Nah, pabila Anda sedang merencanakan menata ulang furnitur dan dekorasi pada ruang tamu minimalis, cobalah untuk lakukan beberapa tips berikut ini.

Dekorasi yang Cerdas
Mungkin untuk sebagian pemilik hunian minimalis merasa kesulitan memilih dan mencocokan furnitur dengan elemen interior lainnya. Untuk membuat dekorasi ruang tamu minimalis type 36 menjadi lebih baik terdapat triknya.

Baca Juga: Tips Bersihkan Furnitur di Rumah yang Terendam Banjir

Ashley Bowen menyarankan, pemilik rumah terlebih dahulu memikirkan bagaimana akan menggunakan ruang tersebut. Kemudian, baru mengarahkan furnitur yang ingin dipakai.

Tentukan Gaya Desain yang Cocok
Salah satu cara mudah menciptakan aliran visual menggunakan furnitur adalah dengan memvariasikan bobot dan gaya desain yang cocok diaplikasikan pada ruang tamu sederhana.

Contohnya, jika Anda menginginkan dekorasi ruang tamu shabby chic cukup tempatkan sofa kecil bernuansa vintage dan kemudian padu-padankan dengan meja kopi (coffee table) yang memiliki dimensi tak terlalu besar serta warna lembut.

Utamakan Fungsionalitas
Untuk mendapatkan dekorasi ruang tamu terbaik, Bowen berujar hendaknya pemilik rumah berfokus untuk mengutamakan sisi kenyamanan dan fungsionalitas dari penggunaan furnitur di area tersebut.

Bisa pula Anda menempatkan furnitur multifungsi untuk menghemat penggunaan ruang, seperti meja ruang tamu yang terdapat laci penyimpanan.

Baca Juga: Trik Pilah-pilih Furnitur Bekas Biar Tidak Salah Beli

Hindari Menempatkan Furnitur Terlalu Banyak
Bijak dalam menempatkan perabot merupakan solusi tepat untuk mendapatkan ruang tamu sederhana yang nyaman.

Meletakkan terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan, bisa mengakibatkan ruang tamu Anda terasa terlaluk sesak.

Menurut Emily Henderson, desainer interior, yang dikutip dari marthastewart.com, langkah pertama membuat dekorasi ruang tamu dengan flow yang baik adalah dengan memastikan setiap perabot memiliki cukup ruang gerak bagi para penghuni.

“Furnitur tidak boleh menghalangi jalur lalu-lalang penghuni. Aliran terbaik dari dan ke luar ruangan adalah sesingkat dan selurus mungkin,” pungkas Emily.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)