Catat Sejarah! Ciputra Development (CTRA) Raih Marketing Sales Rp10,2 Triliun di 2023

PT Ciputra Development, Tbk (CTRA) meraih pendapatan dan laba bersih masing-masing sebesar Rp9,3 triliun dan Rp1,8 triliun di Tahun Buku 2023.

Foto: Dok. Grup Ciputra
Foto: Dok. Grup Ciputra

RealEstat.id (Jakarta) – Pengembang properti nasional, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menyetujui pembagian dividen tunai kepada pemegang saham dengan total Rp389 miliar, atau Rp21 per saham.

Dividen tunai yang dibagikan ini sama dengan 21% dari alokasi penggunaan laba bersih PT Ciputra Development Tbk di tahun buku 2023.

Demikian salah satu agenda dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) CTRA yang digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta, Rabu (19/6/2024).

"Kami sangat bangga selama tahun 2023 CTRA berhasil mencatatkan rekor tertinggi marketing sales sepanjang sejarah perusahaan, yakni sebesar Rp10,2 triliun," ungkap Direktur Utama CTRA, Candra Ciputra.

Baca Juga: DBS Bank Tower Raih Sertifikasi Tertinggi Bangunan Hijau dari GBCI

Sementara itu, imbuhnya, pendapatan dan laba bersih Perseroan tercatat masing-masing sebesar Rp9,3 triliun dan Rp1,8 triliun.

Menurut Candra, pencapaian berhasil diraih karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan perekonomian.

"Selama tahun 2023, kami berhasil meluncurkan tiga proyek baru dan lebih dari sembilan cluster hunian dan ruko baru di proyek-proyek yang telah berjalan," tuturnya.

Gencarnya peluncuran proyek dan cluster ini, terang Candra, lantaran CTRA terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis.

Baca Juga: Universitas Ciputra Jakarta Dibangun, Ciputra International Tawarkan Program UC Living

Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraGarden Serpong, Citra City Sentul, dan CitraGarden Bintaro.

Cluster baru yang diluncurkan selama tahun 2023 antara lain: Cluster Rochester Park, Cluster Sentosa Cove, dan Ruko Orchard Avenue di CitraLand Gama City Medan.

Ada pula Cluster Pelican Hill, Cluster Attic House, dan Ruko One Arcade di CitraLand Surabaya; Cluster Aeroville Extension, Cluster Forris Private, Ruko The Garden, dan Ruko Aeroprime di CitraGarden City Jakarta.

Selain itu, dirilis pula Cluster Varenna dan Le Sentier di CitraRaya Tangeran; serta Ruko C-Walk di CitraLand City Losari Makassar.

Baca Juga: Pembangunan Dimulai, Universitas Ciputra Jakarta Cetak Entrepreneur yang Mahir AI

Target CTRA di 2024

Direktur dan Sekretaris Perusahaan CTRA, Tulus Santoso merasa gembira melihat pencapaian marketing sales pada Kuartal I 2024 yang mencapai Rp3,3 triliun atau telah mencapai 30% dari target tahun 2024 sebesar Rp11,2 triliun.

Tulus mengatakan, pencapaian 30% ini lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada kuartal pertama di tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 24%.

"Kami optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales CTRA di tahun 2024," ungkap Tulus.

Baca Juga: Newsweek Dapuk Grup Ciputra Sebagai Perusahaan Paling Terpercaya di Dunia

Faktor pendukung yang dimiliki CTRA, terangnya, karena Perseroan memiliki reputasi sebagai perusahaan yang baik dan terpercaya sehingga menjadi pilihan utama bagi konsumen.

"Hal ini akan terus kami jaga dengan dukungan dari jajaran manajemen yang berpengalaman dan inovasi produk yang berkesinambungan,” kata Tulus Santoso.

Sementara itu, Head of Investor Relations CTRA, Aditya Ciputra Sastrawinata menjelaskan, untuk mendukung pencapaian target marketing sales tahun 2024, CTRA meluncurkan proyek baru dan cluster baru di  proyek yang sedang berjalan.

"Dari kuartal kedua 2024 sampai akhir tahun, CTRA berencana akan meluncurkan satu proyek baru, yakni CitraLand Gresik Kota di Jawa Timur," terangnya.

Baca Juga: Apresiasi Agent, Century 21 Indonesia Kembali Helat ONE21 Annual Awards & Recognitions

Di samping itu, CTRA juga akan meluncurkan berbagai cluster dan ruko baru di proyek yang sedang berjalan, seperti di CitraGarden Serpong, CitraLand Gama City Medan, Citra City Sentul, dan CitraLand Surabaya.

Secara total hingga akhir tahun, CTRA memproyeksikan pendapatan antara Rp3,5 triliun dan Rp4,0 triliun dari peluncuran-peluncuran baru tersebut, dan sisanya akan datang dari penjualan stok.

"Selain itu, kami juga akan memaksimalkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku hingga akhir tahun 2024,” tutup Aditya Ciputra Sastrawinata.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Sarana Jaya dengan Universitas Brawijaya dilakukan di Gedung Sarana Jaya, Jalan Budi Kemuliaan I Nomor 1, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024.
(Foto: Istimewa)
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Sarana Jaya dengan Universitas Brawijaya dilakukan di Gedung Sarana Jaya, Jalan Budi Kemuliaan I Nomor 1, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024. (Foto: Istimewa)
Anton Bezgachev, Real Estate Advisor Magnum Estate (kanan) dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di ajang International Tourism Investment Forum (ITIF) ke-2 yang dihelat di Jakarta, 5 - 6 Juni 2024 (Foto: Istimewa).
Anton Bezgachev, Real Estate Advisor Magnum Estate (kanan) dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di ajang International Tourism Investment Forum (ITIF) ke-2 yang dihelat di Jakarta, 5 - 6 Juni 2024 (Foto: Istimewa).
SD Darmono (ketiga dari kiri) kembali menjabat sebagai Direktur Utama PT Jababeka, Tbk (KIJA) setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan (Foto: Dok. Jababeka)
SD Darmono (ketiga dari kiri) kembali menjabat sebagai Direktur Utama PT Jababeka, Tbk (KIJA) setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan (Foto: Dok. Jababeka)
Sharp Content Creator Hunt 2024 (Foto: Istimewa)
Sharp Content Creator Hunt 2024 (Foto: Istimewa)