Cara Mengatasi Atap Rumah yang Bocor Ketika Hujan Lebat

Masalah atap bocor terjadi karena berbagai sebab. Contohnya saja, posisi genteng rumah yang berantakan atau bahkan adanya kerusakan di bagian tersebut.

Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) - Permasalahan yang umum terjadi di saat musim hujan adalah atap rumah bocor. Air hujan yang masuk dari celah-celah genteng akan merembes hingga menetes ke plafon ruangan.

Bila kebocoran atap tidak segera ditangani, akan merembes ke bagian dalam rumah dan mendapati plafon akan ditumbuhi jamur, bahkan bisa melapukan bagian tersebut.

Selain itu, rembesan air hujan yang menetes dari plafon, tidak saja akan mengganggu kondisi atap, namun juga bisa merusak keindahan interior rumah kesayangan.

Baca Juga: Langkah Panen Air Hujan untuk Keperluan Rumah Tangga

Atap yang bocor terjadi karena berbagai sebab. Contohnya saja, posisi genteng yang berantakan atau terdapat bagian genteng yang pecah.

Lalu, retaknya bagian semen di bawah nok juga dapat menyebabkan bocor pada bagian atap. kontruksi atap yang melengkung pun berpotensi menimbulkan masalah kebocoran.

Nah, bila sudah terlanjur terjadi, berikut ini cara mengatasi atap bocor.

Temukan Sumber Kebocoran
Langkah pertama yang Anda perlu lakukan untuk memperbaiki atap rumah yang merembes adalah dengan mencari dan menemukan langsung sumber kebocoran.

Baca Juga: Solusi Mengatasi Dinding Rumah Rembes Saat Musim Hujan

Dengan begitu, Anda dapat menentukan material jenis apa yang cocok untuk digunakan sebagai pelapis atap bocor. Gunakan jasa perbaikan atap bocor bila dirasa Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Perhatikan Talang Air
Tak hanya genteng saja, bagian talang air yang rusak seringkali menjadi sumber masalah dari bocornya rumah. Ada baiknya, cek dan perhatikan bagian talang seng.

Apabila terdapat kerusakan, ganti talang seng dengan jenis zink alum yang lebih tahan karat. Sedangkan untuk bagian talang dak, jika ada kerusakan, Anda bisa menambalnya dengan pelapis anti bocor.

Baca Juga: Tips Bersihkan Furnitur di Rumah yang Terendam Banjir

Gunakan Pelapis Anti Bocor
Apabila sumber kebocoran berada pada bagian nok atap, maka Anda dapat menambal bagian retak rambut tersebut dengan cat pelapis anti bocor yang banyak beredar di pasaran.

Cara ini juga bisa diterapkan pada dak rumah, apabila terdapat bagian yang retak dan menyebabkan air hujan merembes ke dalam ruangan.

Benahi Susunan Genteng
Kebocoran rumah juga bisa terjadi dari susunan genteng yang berantakan dan menimbulkan celah air hujan untuk masuk. Oleh karena itu, rapikan letak genteng hingga posisi presisi dan lurus.

Apabila ditemukan genteng yang rusak atau pecah, segera ganti bagian atap itu dengan genteng yang baru, namun memiliki warna yang sama.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah 
Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Pekuburan (Foto: Dok. Pixabay)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)
Toilet duduk (Foto: Pixabay.com)
Foto: Dok. Realestat.id
Foto: Dok. Realestat.id