Solusi Mengatasi Dinding Rumah Rembes Saat Musim Hujan

Ketika intenstitas curah hujan semakin tinggi, dinding dan atap rumah menjadi bagian-bagian yang rawan mengalami rembes serta kebocoran.

Tersedia dalam 24 varian warna, Aquaproof difungsikan untuk 
melindungi dari kebocoran yang kerap terjadi pada dinding luar rumah, wuwungan maupun atap asbes, akibat dari guyuran air hujan. (Foto: dok. Aquaproof)
Tersedia dalam 24 varian warna, Aquaproof difungsikan untuk melindungi dari kebocoran yang kerap terjadi pada dinding luar rumah, wuwungan maupun atap asbes, akibat dari guyuran air hujan. (Foto: dok. Aquaproof)

RealEstat.id (Jakarta) - Musim hujan yang telah tiba mengharuskan pemilik hunian untuk bersiap diri melindungi rumah dari rembesan air dan kebocoran.

Atap dan dinding menjadi bagian-bagian rumah yang rawan mengalami bocor dan rembes. Umumnya, muncul retak rambut di dinding rumah ataupun pada bagian atap yang baru dirasa ketika hujan melanda.

Retak kecil di dinding atau atap dapat mengakibatkan munculnya rembesan air hingga mengakibatkan kebocoran yang masif.

Baca Juga: Tips dan Trik Bersihkan Coretan Anak di Dinding Rumah

Ada sejumlah tanda munculnya rembesan air di dinding, seperti timbulnya gelembung-gelembung udara di bawah lapisan cat

Jika itu terjadi, tentu akan mengubah warna cat dinding menjadi pudar, bahkan bila dibiarkan dalam jangka panjang akan diikuti pertumbuhan jamur dan lumut.

Bila hal ini terjadi di rumah Anda, lakukan tips dalam mengatasi rembesan air di dinding rumah berikut ini.

Cek Kondisi Dinding
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah cek kondisi dinding yang mengalami rembes. Apakah dinding rumah yang rembes karena adanya bagian yang retak atau berasal dari sudut atap beton yang tergenang air.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Tinggal Era New Normal

Beri Cat Pelapis Anti Bocor
Setelah menemukan lokasi sumber rembes dan bocor, benahi dengan memberi cat pelapis anti bocor atau waterproofing yang tepat.

Kini banyak jenis cat waterproofing yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah Aquaproof. Sebagai cat pelapis anti bocor terpercaya, Aquaproof dibuat dengan menyesuaikan kondisi iklim tropis di Indonesia.

Tersedia dalam 24 varian warna, cat Aquaproof berfungsi untuk melindungi dari kebocoran yang kerap terjadi pada dinding luar rumah, wuwungan maupun atap asbes, akibat dari guyuran air hujan.

Baca Juga: Tips dan Trik Merancang Kamar Mandi Minimalis Modern

Sedangkan untuk mengatasi atap beton yang bocor, Anda dapat menggunakan cat pelapis anti bocor Aquaproof Pro yang diformulasikan
dengan inovasi akrilat poliuretan.

Cara Aplikasi Cat Pelapis Anti Bocor
Cara aplikasi Aquaproof maupun Aquaproof Pro tergolong mudah. Anda dapat menggunakan kuas, roll maupun airless spray untuk bidang yang luas.

Kedua jenis cat pelapis anti bocor tersebut tersedia dalam kemasan 4 kg dan 20 kg. Setiap 1 kg Aquaproof dapat menutupi bidang seluas satu meter persegi, tanpa dicampur air.

Sebelum melapisi cat pelapis anti bocor tersebut disarankan dapat menggunakan primer campuran super cement dan semen dengan perbandingan volume 1:1⅟4.

Sedangkan, untuk bagian sudutan atau bagian yang rawan retakan dapat diperkuat menggunakan Aquaproof Polyester Mesh.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)