5 Tips Renovasi Rumah dengan Bujet Ekonomis

Ketika bicara tentang renovasi rumah, hal pertama yang ada di pikiran kita adalah soal budget. Lantas, bagaimana menyiasatinya?

Renovasi rumah dengan bor listrik. (Foto: istimewa)
Renovasi rumah dengan bor listrik. (Foto: istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) - Sebagian orang beranggapan bahwa renovasi rumah selalu membutuhkan biaya yang besar. Hal tersebut ada benarnya, namun bujet renovasi rumah sebenarnya bisa ditekan jika Anda tahu tips dan triknya.

Dinukil dari siaran pers Krisbow—perusahaan yang memproduksi perkakas teknik, permesinan, pertukangan dan industri, perangkat rumah tangga, alat keselamatan, dan furnitur asal Indonesia yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group—ada beberapa tips yang dapat memangkas anggaran renovasi rumah.

Berikut ini lima tips dan cara yang dapat Anda lakukan agar dapat melakukan renovasi rumah dengan budget yang ekonomis.

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

1. Pilih Konsep Minimalis
Tips pertama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan renovasi rumah adalah konsep. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi besaran anggaran yang akan digelontorkan. Dengan konsep yang minimalis, Anda dapat lebih hemat dan bujet pun tidak akan membengkak.

2. Gunakan Barang Bekas Layak Pakai
Renovasi rumah tidak harus memakai barang-barang yang baru. Anda dapat menggunakan kembali bahan-bahan bekas sebagai material reuse, seperti kayu, bongkaran genteng, bekas kusen jendela dan pintu. Produk-produk bekas yang biasanya dijual dengan harga miring, tentu akan meminimalkan pengeluaran Anda.

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Ruang Makan Agar Diet Anda Sukses

3. Cerdas Memilih Toko
Dalam membeli bahan bangunan, Anda harus cerdas dalam memilih toko material. Carilah beberapa toko alternatif dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa mendapatkan material di toko offline maupun online. Cobalah bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik agar bisa menghemat anggaran.

4. Lakukan Sendiri Pekerjaan Renovasi Sederhana
Dalam renovasi rumah, salah satu yang paling menguras kantong adalah jasa tukang. Untuk itu, ada baiknya pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, seperti mengebor dan mengecat dinding, Anda lakukan sendiri.

Oleh karenanya, Anda sebaiknya mempersiapkan beberapa perkakas yang dapat diandalkan di rumah, seperti set bor listrik. Bor listrik keluaran terbaru, selain dapat digunakan untuk pengeboran tembok, kayu, hingga besi, juga memiliki fungsi gerinda, sehingga mampu membantu Anda menghaluskan permukaan besi dan menghilangkan karat.

Baca Juga: Perhatikan Penyebab dan Cara Memperbaiki Retak Rambut di Dinding

5.  DIY Hiasan dan Interior Rumah
Untuk urusan interior, Anda dapat mengerjakannya sendiri alias do it yourself (DIY) dengan mencari beberapa referensi secara online. Sebelum mengerjakannya, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti lem tembak, amplas, dan kuas roller. Dengan demikian, semua pekerjaan dapat Anda lakukan dengan mudah.

Semoga tips renovasi rumah dengan bujet ekonomis ini bermanfaat.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa