5 Tips Dekorasi Ruang Makan Agar Diet Anda Sukses

Tahukah Anda, bahwa tinggi rendahnya nafsu makan tidak hanya ditentukan oleh selera, mood, atau jenis makanan yang tersaji?

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Ruang makan memang nyaman buat tempat berkumpul bersama keluarga di rumah—untuk sekadar mengobrol sembari menikmati kudapan. Tapi tak jarang kebiasaan ini berakibat buruk pada diet Anda. Untuk itu diperlukan desain atau dekorasi ruang makan agar diet Anda berhasil.

Tahukah Anda, bahwa tinggi rendahnya nafsu makan tidak hanya ditentukan oleh selera, mood, atau jenis makanan yang tersaji. Lebih dari itu, dekorasi ruang makan juga mampu mengendalikan nafsu makan sehingga diet Anda terkendali.

Baca Juga: Trik Mengoptimalkan Dekorasi Ruang Makan Mungil Rumah Tipe 21

Berikut ini tips dekorasi ruang makan agar diet Anda sukses:

1. Letakkan Cermin
Cermin besar tak hanya mampu menciptakan kesan luas pada ruangan. Bila dipasang di ruang makan, cermin dapat membuat Anda dapat mengontrol pola makan.

Studi yang dilakukan Cornell University Food and Brand Lab mengungkapkan, menyantap makanan di depan cermin akan membuat makanan tersebut menjadi terlihat kurang sedap dan Anda lebih sadar dengan pola makan Anda.

2. Gunakan Kursi Keras
Kursi makan yang nyaman dan empuk membuat Anda kerasan duduk berlama-lama di ruang makan—dan menambahkan jumlah porsi makanan. Untuk itu, sebaiknya pilihlah kursi kayu atau rotan yang memiliki permukaan agak keras dan kurang nyaman.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

3. Pasang Jam Dinding
Aksesori lain yang diperlukan di ruang makan adalah jam dinding. Dengan melihat jam, Anda dapat memperkirakan waktu makan yang tepat dan durasi makannya. Makan sesuai waktu dan tidak terlambat dari waktu yang ditentukan, akan mencegah keinginan makan camilan lebih banyak.

Sementara itu, menentukan durasi waktu makan akan membuat Anda lebih menikmati makanan, sehingga lambung memiliki lebih banyak waktu untuk mencernanya. Ingat, makan terburu-buru akan membuat Anda lebih cepat gemuk, karena nutrisinya tidak tercerna dengan maksimal.

4. Susunlah Piring Berukuran Kecil
Jika tak ada acara khusus, jangan menyusun piring besar berwarna putih yang cantik dan menarik di meja makan. Sebaliknya letakkan piring yang berukuran lebih kecil dan penuh warna.

Logikanya, piring besar akan membuat Anda menempatkan lebih banyak makanan di atasnya, sementara piring kecil membuat porsi makan Anda lebih sedikit. Piring yang berwarna juga akan mengurangi nafsu makan Anda dibandingkan melihat makanan yang tersaji dia atas piring putih.

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Ruang Makan Gaya Maroko untuk Meriahkan Ramadan

Aturan ukuran juga berlaku untuk sendok dan garpu. Letakkan sendok dan garpu berukuran kecil di meja makan, sehingga saat makan Anda bisa menikmatinya secara perlahan. Makan dengan sendok berukuran besar akan membuat makanan lebih cepat habis dan Anda pun akan menambah porsi lagi.

5. Hias Meja Makan dengan Buah dan Bunga
Alih-alih mengisi dengan kue atau roti, hiaslah meja makan sepiring buah atau vas bunga. Semua hal yang mengingatkan Anda kepada alam, akan memberikan motifasi bagi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat dan segar lebih banyak ke dalam tubuh, seperti sayuran dan buah.

Semoga diet Anda sukses dengan lima tips dekorasi ruang makan ini.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Tips investasi properti di mancanegara.
Tips investasi properti di mancanegara.
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)