Keren! BCA Didapuk Sebagai Merek Perbankan Terkuat di Dunia

Brand Finance mencatat Bank BCA memiliki nilai Brand Strength Index (BSI) paling tinggi di antara merek perbankan lain di dunia.

Menara BCA (Foto: Dok. bca.co.id)
Menara BCA (Foto: Dok. bca.co.id)

RealEstat.id (Jakarta) – Brand Finance, konsultan independen dunia untuk strategi dan pengukuran valuasi brand yang bermarkas di London, menobatkan PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) sebagai The World’s Strongest Banking Brand alias merek perbankan terkuat di dunia.

Dalam laporan Brand Finance bertajuk 'Top 500 Banking Brands' yang dirilis Maret 2024, Bank BCA menduduki peringkat pertama pada daftar brand perbankan terkuat. Posisi itu diduduki BCA di antara 500 brand perbankan global ternama lain yang berasal dari Amerika Serikat, Eropa, Asia, dan Afrika.

Brand Finance mencatat Bank BCA memiliki nilai Brand Strength Index (BSI) paling tinggi di antara merek perbankan lain di dunia, dengan nilai 93,8 dari skala 100. Dalam laporan lembaga yang berdiri pada 1996 itu, Bank BCA juga mampu mencetak rating brand AAA+.  

Baca Juga: Outstanding KPR BCA Capai Rp121,8 Triliun di 2023, Meningkat 11,7% (YoY)

Sejumlah bank level dunia masuk dalam daftar 'Top 10 Global by Brand Strength Index' yang disusun Brand Finance, antara lain ICBC dan Bank of China, First National Bank dan Capitec Bank dari Afrika Selatan, Equity Bank dan Kenya Commercial Bank dari Kenya, hingga Vietcombank dari Vietnam.  

Di samping itu, ada pula Banca Transilvania dari Rumania. Sementara itu, 'Brand Finance' juga mengukur kekuatan brand bank terkemuka asal AS seperti Bank of America dan Wells Fargo.

Secara rata-rata, brand perbankan Asia dan Afrika memiliki kekuatan brand paling besar dalam studi Brand Finance. Hal ini sebagian besar disebabkan kedua benua tersebut memiliki banyak pemain perbankan nasional yang kuat di masing-masing pasar.

Kelompok Asia sendiri dipimpin oleh BCA, yang menjadi brand terkuat di antara Top 500 Banking Brands, dengan nilai BSI sebesar 93,8 dan rating AAA+.

Baca Juga: Resmi Digelar! BCA Expoversary 2024 Tawarkan Bunga KPR Mulai 2,67%

Brand Finance menggunakan istilah 'kekuatan merek' sebagai ukuran dari kesehatan brand secara keseluruhan, yang mencerminkan posisi sebuah brand dalam hati dan pikiran pelanggan serta pasar yang lebih luas. Pengukuran tersebut dilakukan dengan menggunakan key performance indicators yang relevan, baik dalam aspek emosional maupun rasional.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Bank Central Asia, Tbk, Jahja Setiaatmadja, mewakili segenap manajemen dan karyawan BCA, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Brand Finance yang telah menobatkan BCA sebagai merek perbankan terkuat di dunia.

Menurutnya, apresiasi ini tidak lepas dari kepercayaan segenap nasabah setia, dukungan dari pemerintah maupun regulator, serta kerja kelas seluruh karyawan BCA di penjuru Tanah Air.

"Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan solusi perbankan bagi kebutuhan nasabah yang beragam,” ucap Jahja Setiaatmadja.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Dari kiri ke kanan: Udin Aminudin Lubis, Pengawas Pembina KCD Wilayah 1;  Yonal Herdian, Kepala Sekolah SMKN 1 Gunung Sindur, Bogor; Lise Tiasanty, Head of Customer Satisfaction Division PT Sharp Electronics Indonesia; Trisno Tirta Hidayat, Branch Manager Sharp cabang Bogor PT Sharp Electronics Indonesia; dan Widodo, Head of Regional Controller Jakarta Area, PT Sharp Electronics Indonesia saat peresmian Sharp Class hadir di SMKN 1 Gunung Sindur, Bogor, Senin, 3 Maret 2025. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Udin Aminudin Lubis, Pengawas Pembina KCD Wilayah 1; Yonal Herdian, Kepala Sekolah SMKN 1 Gunung Sindur, Bogor; Lise Tiasanty, Head of Customer Satisfaction Division PT Sharp Electronics Indonesia; Trisno Tirta Hidayat, Branch Manager Sharp cabang Bogor PT Sharp Electronics Indonesia; dan Widodo, Head of Regional Controller Jakarta Area, PT Sharp Electronics Indonesia saat peresmian Sharp Class hadir di SMKN 1 Gunung Sindur, Bogor, Senin, 3 Maret 2025. (Foto: Istimewa)
Ki-ka: Product Director ES of LG Electronics Indonesia, Mike Kim dan
President of LG Electronics Indonesia, Ha Sang-chul saat mendonasikan 15 PuriCare Dehumidifier untuk dua masjid di Jakarta, Senin (03/03/2025). Donasi ini menjadi salah satu aktivitas di bawah naungan program LG Loves Indonesia. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)
Ki-ka: Product Director ES of LG Electronics Indonesia, Mike Kim dan President of LG Electronics Indonesia, Ha Sang-chul saat mendonasikan 15 PuriCare Dehumidifier untuk dua masjid di Jakarta, Senin (03/03/2025). Donasi ini menjadi salah satu aktivitas di bawah naungan program LG Loves Indonesia. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)
Rudi Napitupulu, Perwakilan Manajemen
Paramount Petals menyerahkan dukungan sarana kesehatan di salah satu PAUD sekitar lokasi Paramount Petals. (Foto: Istimewa)
Rudi Napitupulu, Perwakilan Manajemen Paramount Petals menyerahkan dukungan sarana kesehatan di salah satu PAUD sekitar lokasi Paramount Petals. (Foto: Istimewa)
Lea Kartika Indra, Head of Public and Government Affairs Signify Indonesia (berdiri) saat Media Luncheon, Kamis, 27 Februari 2025 (Foto: Istimewa)
Lea Kartika Indra, Head of Public and Government Affairs Signify Indonesia (berdiri) saat Media Luncheon, Kamis, 27 Februari 2025 (Foto: Istimewa)