Beberapa Tips Penting Memilih Cermin untuk Rumah Anda

Perlu diketahui, kehadiran cermin juga bisa merusak tampilan rumah, jika Anda tidak memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Cermin adalah sebuah furnitur dan aksesori yang fungsional di sebuah rumah. Pemilihan cermin yang tepat, dapat mempercantik ruangan di dalam rumah. Sebaliknya, kehadiran cermin bisa jadi merusak tampilan rumah Anda jika tidak memperhatikan tips memilih berikut ini.

Dilansir dari laman archdaily.com, sedikitnya ada empat tips yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih cermin untuk diletakkan di rumah.

Baca Juga: Memilih dan Meletakkan Cermin di Rumah Menurut Feng Shui

1. Dipasang di Mana?
Anda dapat memilih cermin yang dipasang atau digantung di dinding atau cermin yang tidak dipasang di dinding. Cermin yang dipasang di dinding tentu akan menghemat tempat, karena tidak akan mengganggu peletakan furnitur lainnya di ruang tersebut.

Jika ruangan Anda tidak terlalu luas, maka pilihlah cermin yang menempel. Selain hemat tempat, efek cermin akan membuat ruangan menjadi terasa lebih luas.

Anda dapat memilih cermin yang tidak dipasang di dinding jika Anda memiliki ruangan yang relatif luas. Atau cermin tinggi dengan tambahan aplikasi roda di bagian bawah bisa Anda pilih, karena dapat dengan mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Tips Memasang Wallpaper di Dinding Hunian Anda

2. Bentuk Cermin
Tentukan bentuk cermin seperti apa yang akan dipilih. Cermin berbentuk persegi panjang seukuran badan dapat dipilih untuk mengisi ruang ganti baju. Bentuk yang sama juga dapat membuat ruangan Anda terkesan lebih luas jika dipasang di ruang keluarga atau ruang makan.

Cermin berbentuk bulat yang dipasang sejajar mata bisa Anda letakkan di dekat pintu keluar rumah. Fungsinya untuk memastikan kesempurnaan penampilan Anda sebelum pergi keluar rumah untuk beraktivitas.

Cermin berbentuk bulat juga bisa digunakan untuk 'memperbaiki' komposisi ruangan. Maksudnya, jika ruangan Anda berisi furnitur berbentuk persegi, Anda bisa menyeimbangkannya dengan cermin berbentuk lingkaran atau oval tersebut.

Baca Juga: Akuarium Dinding: Hiasan yang Membuat Hati Lebih Tenang

3. Ukuran Cermin
Idealnya ukuran maksimal cermin ⅔ kali dari ukuran furnitur di ruangan tersebut. Meski demikian, tidak masalah jika Anda memilih cermin yang berukuran lebih besar. Jika memilih bentuk yang tepat, cermin besar akan membuat ruangan menjadi cantik maksimal.

4. Material Bingkai Cermin
Tips terakhir, yakni pemilihan material bingkai cermin. Jika Anda menginginkan ruangan bergaya minimalis, bingkai cermin tipis berwarna hitam atau bingkai dari material kayu berwarna terang adalah pilihan tepat.

Bingkai kayu tebal dengan warna gelap, bisa digunakan jika ingin sentuhan rustic ada di ruangan Anda. Dan jika ruangan bergaya industrialis yang Anda mau, pilihlah cermin dengan bingkai metal.

Semoga tips memilih cermin ini bermanfaat bagi rumah Anda.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com