Beam Mobility: Layanan Beam Solo Tumbuh 10 Kali Lipat dalam 6 Bulan

Setelah hampir dua tahun beroperasi di Indonesia, Beam Mobility mencatat peningkatan pengguna, khususnya untuk layanan baru: Beam Solo.

Foto: Dok. Beam Mobility
Foto: Dok. Beam Mobility

RealEstat.id (Jakarta) – Guna mendukung target ekonomi sirkular Indonesia pada 2025 - 2045, Beam Mobility melakukan inisiatif dengan memperkenalkan sistem mobilitas mikro.

Cara ini digunakan sebagai alternatif transportasi untuk mengurangi kemacetan dan emisi karbon (CO2) serta nitrogen dioksida (NO2).

Setelah hampir dua tahun beroperasi di Indonesia, Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, mencatat peningkatan pengguna, khususnya untuk layanan baru Beam Solo.

Hingga Agustus 2024, pelanggan Beam Solo tercatat mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat terhitung sejak Februari 2024.

Baca Juga: Baru Dirilis, Pelanggan Beam Subscriber Meningkat Signifika

Beam Solo adalah layanan mobilitas mikro dengan skema fleksibel yang memungkinkan pengguna untuk menyewa armada Beam dengan opsi berlangganan mingguan atau bulanan.

Layanan ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan fleksibilitas maksimal bagi pengguna, memungkinkan mereka mengakses alat transportasi yang lebih ramah lingkungan sesuai kebutuhan.

Terdapat peningkatan signifikan pada jumlah pengguna Beam Solo dari Desember 2023 hingga Agustus 2024, dengan lonjakan paling mencolok terjadi pada bulan Januari yang mencapai 200%.

Peningkatan juga terlihat pada bulan-bulan berikutnya, yaitu Februari (50%), Maret (16,67%), dan April (57,14%).

Baca Juga: Tren Mobilitas Mikro di Indonesia Melonjak, Bintaro Paling Signifikan

Lonjakan tajam terjadi pada bulan Juli dengan kenaikan 98,37%, dan pada bulan Agustus, angka tersebut terus meningkat menjadi 24,59%.

Data ini menunjukkan adanya tren peningkatan yang konsisten, meskipun terdapat fluktuasi pada beberapa bulan.

Valentinus Ricky Sjofyan, Country Lead Beam Mobility Indonesia mengatakan, lonjakan dalam enam bulan terakhir banyak dipengaruhi oleh antusiasme masyarakat terhadap layanan Beam Mobility, khususnya Beam Solo, terus meningkat sejak pertama kali diperkenalkan pada Desember 2023 lalu.

Pertumbuhan pengguna ini semakin menguatkan komitmen Beam Mobility Indonesia untuk memenuhi kebutuhan komuter dalam perjalanan sehari-hari.

Baca Juga: Rilis Layanan Call Center, Beam Mobility Hadirkan Pengalaman Berkendara Lebih Baik

"Saat ini, kami telah menyediakan 381 unit armada khusus untuk layanan ini dan berencana untuk terus mengembangkan layanan kami ke depannya," tuturnya.

Berbeda dengan layanan konvensional yang mengharuskan pembayaran setiap kali menggunakan armada Beam, imbuh Ricky, dengan Beam Solo, pengguna dapat membawa armada langsung ke rumah mereka.

Dia menambahkan, meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perubahan gaya hidup sehari-hari juga sangat berperan dalam hal ini.

"Seperti yang digambarkan dengan peningkatan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum ramah lingkungan seperti yang disediakan Beam Mobility, sehingga hal ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target ekonomi sirkular,” jelasnya.

Baca Juga: Beam Mobility Indonesia Sukses Kurangi Emisi 238 Ton CO2 Selama 2023

Sebagai informasi, Indonesia menargetkan penerapan ekonomi sirkular pada periode 2025 hingga 2045.

Konsep ini telah diintegrasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) sebagai salah satu strategi utama untuk mencapai ekonomi hijau di Indonesia.

Ekonomi sirkular adalah model yang menggunakan pendekatan sistemik untuk meminimalkan penggunaan sumber daya, memperpanjang masa pakai produk, serta mengembalikan sisa produksi dan konsumsi ke dalam rantai nilai.

Salah satu sektor prioritas dalam penerapan ekonomi sirkular adalah elektronik, termasuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB).

Kendaraan listrik ini diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh sektor transportasi, yang merupakan salah satu kontributor utama perubahan iklim.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Toys Kingdom di Puri Indah Mall (Foto: dok. Kawan Lama Group)
Toys Kingdom di Puri Indah Mall (Foto: dok. Kawan Lama Group)
Daikin Proshop Showroom Semarang. (Foto: Dok. Daikin)
Daikin Proshop Showroom Semarang. (Foto: Dok. Daikin)
Dari kiri ke kanan: Hartan Gunadi  (Direktur Sales PT Sentul City Tbk), Eddy Sindoro (CEO PT Sentul City Tbk), Budianto Andreas Nawawi (Direktur Marketing PT Sentul City Tbk), dan Timotius Thendean (Direktur Marketing PT Sentul City Tbk) dengan penghargaan Indonesia Property Awards 2024. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Hartan Gunadi (Direktur Sales PT Sentul City Tbk), Eddy Sindoro (CEO PT Sentul City Tbk), Budianto Andreas Nawawi (Direktur Marketing PT Sentul City Tbk), dan Timotius Thendean (Direktur Marketing PT Sentul City Tbk) dengan penghargaan Indonesia Property Awards 2024. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Arif Bijaksana Maryugo (Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang), Sanny Iskandar (Direktur KIIC yang juga sebagai Advisor Chairman Office Sinar Mas Land), Takashi Ogata (Presiden Direktur KIIC), dan Budiono Kartohadiprodjo (Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Cikini) meresmikan gedung SMK Perguruan Cikini-KIIC dengan penandatanganan prasasti, pada (27/08) lalu di Jalan Permata IV, KIIC, Karawang.
Dari kiri ke kanan: Arif Bijaksana Maryugo (Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang), Sanny Iskandar (Direktur KIIC yang juga sebagai Advisor Chairman Office Sinar Mas Land), Takashi Ogata (Presiden Direktur KIIC), dan Budiono Kartohadiprodjo (Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Cikini) meresmikan gedung SMK Perguruan Cikini-KIIC dengan penandatanganan prasasti, pada (27/08) lalu di Jalan Permata IV, KIIC, Karawang.