Aturan Feng Shui Apartemen Terkait Arah Hadap Terbaik

Menurut aturan feng shui, ada beberapa pintu di apartemen yang bisa dipandang sebagai pintu masuk. Pintu mana yang memiliki pengaruh lebih besar?

Balkon apartemen (Foto: Pixabay.com)
Balkon apartemen (Foto: Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) – Ilmu feng shui bisa diterapkan di hunian vertikal seperti apartemen atau kondominium, bukan hanya untuk rumah tapak. Hal ini menarik, sebab beberapa tahun terakhir ini, tinggal di apartemen menjadi gaya hidup baru yang menjadi tren, terutama di kota-kota besar.

Sebelumnya, beberapa klien yang berminat membeli apartemen menanyakan kepada kami arah hadap yang baik unit apartemen yang sesuai dengan perhitungan feng shui.

Sayangnya, kebanyakan dari mereka menyangka arah hadap apartemen adalah pintu masuk ke dalam unit apartemen. Hal ini tak sepenuhnya benar. Untuk aturan feng shui apartemen, perlu diperhatikan beberapa penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Ternyata Shio Berpengaruh pada Pengaturan Feng Shui Rumah

Sesuai dengan definisinya, feng shui memiliki arti: feng (angin) dan shui (air). Energi qi (chi) dibawa angin dan akan mengendap/berhenti di air. Oleh karena itu dalam perhitungan feng shui, pintu bangunan (apartemen) menjadi pokok masalah dalam menentukan arah hadap.

Perlu diperhatikan, menurut aturan feng shui, ada beberapa pintu di apartemen yang bisa dipandang sebagai pintu masuk:
(1) Angin yang membawa chi, yaitu pintu gedung apartemen.
(2) Pintu masuk ke unit.
(3) Pintu balkon.

Dengan mengacu pada definisi tersebut, maka yang penting adalah arah pintu yang membawa angin masuk dari luar. Itulah yang menjadi pintu arah hadap apartemen.

Baca Juga: Tips Feng Shui Rumah Agar Pasangan Tidak Selingkuh

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pintu masuk ke unit apartemen sulit dijadikan sebagai patokan pintu masuk. Apalagi biasanya pintu ini terhalang oleh dinding di depannya dengan jarak yang kurang dari dua meter.

Untuk mendukung argumentasi ini, mari kita bandingkan dengan bangunan rumah tinggal berlantai tiga atau empat. Pintu mana yang dipandang sebagai pintu masuk? Tentu saja pintu yang berada pada lantai dasar.

Sementara itu, pintu-pintu masuk yang berada di dalam bangunan pada setiap lantai adalah pintu-pintu masuk kamar/ruangan. Pintu-pintu ini identik dengan pintu masuk unit apartemen.

Baca Juga: Cara Mengaudit Tata Ruang Rumah Sesuai Feng Shui

Seperti bangunan rumah bertingkat, arah hadap pintu adalah yang terletak pada lantai dasar. Maka untuk bangunan apartemen juga akan kita dapatkan arah hadap pintu masuk adalah pintu lebar yang berada pada lantai dasar, dimana terdapat lobby apartemen. Hal ini dapat diterapkan pada unit apartemen yang tidak memiliki balkon.

Lantas, bagaimana dengan unit apartemen yang memiliki balkon? Pintu yang akan sering dibuka dan menerima angin masuk dengan ruang di depannya bebas itulah yang dinamakan arah hadap pintu masuk apartemen.

Mengapa? Karena arah angin akan lebih terasa masuk dari pintu balkon daripada dari pintu masuk bangunan apartemen.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Berita Terkait

Bentuk rumah elemen ‘Tanah” menguntungkan berada di tengah-tengah rumah lain yang berbentuk elemen ‘Api’.
Bentuk rumah elemen ‘Tanah” menguntungkan berada di tengah-tengah rumah lain yang berbentuk elemen ‘Api’.
Foto: Dok. Sinar Mas Land
Foto: Dok. Sinar Mas Land
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com