8 Tips Mengepak Barang Agar Pindah Rumah Jadi Nyaman

Bila Anda tidak ingin menggunakan biro jasa pindah rumah, Anda dapat melakukan beberapa tips sederhana dalam mengepak barang.

Tips mengepak barang. (Foto: Pixabay.com)
Tips mengepak barang. (Foto: Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) – Pindah rumah memang merepotkan—memerlukan waktu dan tenaga ekstra—terutama saat mengepak alias melakukan packing barang.

Bila Anda memiliki uang lebih, tentu tak perlu repot, karena bisa menggunakan biro jasa pindah rumah. Namun, bagi Anda yang ingin menghemat uang tetapi menginginkan hasil maksimal, Anda dapat melakukan beberapa tips sederhana mengepak barang berikut ini:

Baca Juga: Trik Mudah Mengubah Interior Rumah Agar Tak Membosankan

1. Buat Daftar Barang
Buat daftar barang yang akan Anda bawa pindah ke rumah baru sebelum mengepak. Buang barang-barang yang tak ingin Anda bawa ke rumah baru. Jika Anda berniat untuk memberikan sebagian barang tersebut kepada seseorang, sebaiknya kirimkan atau beri batas waktu bagi mereka untuk mengambilnya. Barang-barang yang tersisa, bisa dijual lewat garage sale, disumbangkan, atau dibuang.

2. Jangan Lupa Beri Label
Setelah memasukkan barang ke dalam kotak atau kardus, beri label berdasarkan nama barang dan ruangan tempat barang-barang tersebut akan diletakkan di rumah baru. Agar lebih memudahkan saat pemindahan, beri label di setiap sisi. Lebih baik jika masing-masing ruang tujuan di rumah baru diwakili oleh warna tertentu. Misalnya, merah untuk ruang keluarga, hijau untuk kamar tidur, biru untuk dapur, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah Agar WFH Semakin Produktif

3. Berat Barang
Satu hal yang perlu diingat adalah: semakin besar kardus atau kotak penyimpanan, harus semakin ringan isinya. Pengelompokan seperti ini dilakukan untuk memudahkan dan meringankan pemindahan barang.
Misalnya, buku-buku dimasukkan ke dalam kotak kecil, sepatu dan pakaian di kotak sedang, dan seprai di kotak besar.

4. Maksimalkan Penggunaan Selotip
Kesalahan yang sering terjadi dalam mengepak barang saat pindah rumah adalah menghemat selotip atau lakban. Pasalnya, penggunaan yang minimal bisa membuat kardus terbuka saat pemindahan. Jangan takut menggunakan banyak selotip, karena membukanya sangat mudah—cukup menggunakan pisau atau ujung kunci.

Ingat, jangan hanya merekatkan selotip di bagian bawah kardus. Pun sebaiknya hindari penggunaan selotip berkualitas rendah. Gunakan selotip yang berkualitas dan rekatkan di bagian-bagian yang mudah terbuka.

Baca Juga: Trik Mencangkok Tanaman untuk Hasil yang Memuaskan

5. Lakukan Satu Persatu
Lakukan pengepakan barang di satu ruangan hingga selesai, baru kemudian pindah ke ruangan lain. Mengepak barang secara sembarangan kerap membuat tidak fokus sehingga membuat pekerjaan tak kunjung rampung alias banyak membuang waktu.

6. Hemat Kardus
Mengepak barang saat pindah rumah tidak harus menggunakan kardus. Anda dapat menghemat kardus dengan mengepak barang-barang di dalam lemari es, keranjang, koper kosong, atau laci meja.

Baca Juga: Tips Mencegah Kebakaran Rumah dan Ragam Penyebabnya

7. Bungkus Barang Pecah Belah
Idealnya, benda-benda yang mudah pecah dibungkus dengan menggunakan bubble wrap. Namun, cara ini cukup menguras isi kocek. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan handuk, kain, atau pakaian untuk membungkus barang-barang tersebut.

8. Dapur Belakangan
Logikanya, berkemas membuat Anda lapar dan haus. Anda tentu tak ingin kesulitan mencari piring atau cangkir saat memerlukannya. Lagi pula, menikmati secangkir teh atau kudapan sebelum pindah bisa menjadi memori yang indah.

Selamat mencoba!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)