WIR Group dan NETV Hadirkan Inovasi Tayangan TV Berbasis AR dan VR

WIR Group dan NETV menjajaki kerja sama dalam menghadirkan suguhan hiburan yang interaktif untuk memperkaya pengalaman menonton televisi.

RealEstat.id (Jakarta) -  Perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), PT WIR Asia Tbk (WIR Group), menjajaki kerjasama dengan PT Net Media Digital (NMD), anak usaha PT Net Visi Media Tbk (NETV) dalam menghadirkan hiburan berkonsep multi-platform. Suguhan hiburan ini memiliki nilai yang inovatif dan unik sehingga memperkaya pengalaman menonton televisi.

Kolaborasi yang memanfaatkan platform metaverse dan teknologi milik WIR Group yang telah dipatenkan ini, diperkenalkan dalam launching NET Verse pada 20 Mei 2022 lalu.

Rencana kolaborasi  teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality WIR Group untuk NETV diharapkan  dapat  memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi lebih jauh dengan berbagai konten kreatif dan Intellectual Property (IP) yang dihadirkan NET di layar kaca.

Baca Juga: Gandeng WIR Group, Triniti Land Kembangkan Destinasi Wisata Dunia di Metaverse Indonesia

NETV merupakan entitas perusahaan terbuka yang merupakan induk dari  lembaga penyiaran  nasional  NET dan  perusahaan platform digital NMD, yang rencananya akan mengadopsi metaverse dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman menonton yang inovatif dan interaktif.

Michel Budi, Chief Executive Officer WIR Group melihat NET sebagai stasiun televisi yang telah lama bergelut dalam dunia digital serta memiliki visi yang kuat dan selalu berusaha meningkatkan kualitas tayangan dan kepuasan pemirsanya. 

"Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem metaverse yang tengah dibangun dan bisa disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lainnya di dunia sehingga dapat menjadi awal mula bentuk hiburan dan media masa depan yang lebih inovatif dan imersif sehingga kebutuhan konsumen di era modern,” tutur Michel Budi.

Baca Juga: Kolaborasi dengan WIR Group, Triniti Land Kembangkan Lahan di Metaverse Indonesia

Dia menambahkan, dengan keahlian dan pengalaman WIR Group yang telah merintis pengembangan platform metaverse sejak 2009 dan meyelesaikan proyek di sejumlah negara, pihaknya optimistis bisa membantu seluruh industri termasuk NETV.

"Dunia metaverse tanpa batas bukan saja akan membuat bisnis lebih efisien dan efektif, namun akan menghadirkan peluang baru dalam pengembangan usaha,” terangnya.

Sementara itu, Deddy Hariyanto, CEO NETV mengatakan, sesuai tagline "The Television. It’s in Your Hands Now", penjajakan  kolaborasi dengan teknologi WIR Group diharapkan akan membantu pengembangan strategi  usaha NETV dalam menyajikan konten hiburan secara  lebih interaktif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. 

Baca Juga: Wow! Penggemar Metaverse Rela Bayar Properti Virtual Miliaran Rupiah Daripada Beli Rumah

"Melalui  platform  metaverse, konten kreatif kami dapat diakses kapan pun, dan di mana pun.  Bagi kami inovasi merupakan kata kunci yang menuntut untuk terus berinovasi di era digital tanpa batas," ujar Deddy Hariyanto.

Pada kesempatan yang sama, Ari Juliano Gema, partner di Assegaf Hamzah & Partners, penasihat hukum bidang IP, mengatakan: "teknologi tersebut merupakan salah satu dari lima teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), milik WIR Group yang telah dilindungi paten di Indonesia dan di berbagai negara melalui sistem Patent Cooperation Treaty (PCT)".

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Tiggo 8 Pro (Foto: chery.co.id)
Tiggo 8 Pro (Foto: chery.co.id)
Toyota All New Kijang Innova Zenix Q HV TSS (Foto: istimewa)
Toyota All New Kijang Innova Zenix Q HV TSS (Foto: istimewa)
Foto: Dok. Polytron.
Foto: Dok. Polytron.