Kementerian ATR/BPN Lakukan Transformasi Digital Layanan Pertanahan dan Informasi Publik

Melalui pengembangan layanan digital, Kementerian ATR/BPN dapat meningkatkan layanan pertanahan dan memberikan memudahkan bagi masyarakat.

Foto: realestat.id
Foto: realestat.id

RealEstat.id (Jakarta) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berinovasi dalam layanan pertanahan dan tata ruang secara digital serta melakukan berbagai strategi komunikasi, pengelolaan informasi publik, dan pengaduan terintegrasi. Hal ini dilakukan sesuai dengan nilai-nilai Kementerian ATR/BPN yaitu Melayani, Profesional, dan Terpercaya.

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto mengatakan, keterbukaan informasi publik menjadi aspek penting bagi instansi pemerintah, khususnya dalam hal pelayanan hingga pertanggungjawaban kepada publik.

Melalui pengembangan layanan digital secara berkelanjutan, Kementerian ATR/BPN dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat dan memberikan memudahkan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan pertanahan dan tata ruang. Tak hanya itu, imbuhnya, melalui layanan digital, Kementerian ATR/BPN mendukung pertumbuhan ekonomi dalam rangka pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kementerian ATR/BPN Menuju Transformasi Digital

"Ini komitmen besar kami untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima, juga dalam rangka pemulihan ekonomi di saat yang lalu bahkan saat ini. Agar kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” tutur Himawan Arief Sugoto dalam acara Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022 awal pekan ini.

Dalam hal strategi penguatan layanan informasi publik, Himawan Arief Sugoto juga menjelaskan, Kementerian ATR/BPN telah menjalankan berbagai upaya. Mulai dari menyusun regulasi dan kebijakan serta sinergi antara pendekatan strategi komunikasi, pengelolaan informasi publik, pengelolaan pengaduan juga melakukan penguatan-penguatan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

“Seperti pada kegiatan sosialisasi program strategis serta penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat sebagai upaya memberikan kepastian hukum, media gathering, ATR/BPN Goes to Campus serta melakukan workshop dan sosialisasi layanan informasi publik,” jelasnya.

Baca Juga: Tips Menghindari Praktik Mafia Tanah Dari Kementerian ATR/BPN

Himawan Arief Sugoto juga memaparkan, dalam kurun waktu satu tahun, terdapat kurang lebih 7,4 juta transaksi terhadap layanan pertanahan dan tata ruang, mulai dari transaksi jual beli, hak tanggungan, roya, dan lain sebagainya.

“Belum lagi capaian Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang per tahun bisa mencapai total delapan juta bidang. Juga pengajuan informasi terkait pemanfaatan tanah, harga tanah dan informasi-informasi lainnya,” terangnya.

Himawan juga mengemukakan, di masa depan ketika seluruh bidang tanah telah terdaftar, bisnis proses Kementerian ATR/BPN perlahan akan bergeser kepada layanan informasi pertanahan dan tata ruang.

Baca Juga: Ini Dia Terobosan Kementerian ATR/BPN Untuk Atasi Masalah Pertanahan

“Nantinya kita akan dapat mengukur harga suatu bidang tanah, bagaimana sebuah peruntukannya, di mana hal ini dapat menjadi sebuah sistem big data yang membantu pemerintah dalam melakukan perencanaan pembangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kementerian ATR/BPN juga mempunyai beberapa layanan mulai dari Aplikasi Sentuh Tanahku, Loketku, sistem informasi geografi tentang tata ruang yang bernama GISTARU, bhumi.atrbpn.go.id yang berisi informasi bidang tanah yang sudah terdaftar, program pelayanan tanah akhir pekan (PELATARAN), serta layanan hotline pengaduan di nomor 081110680000.

“Kami akan terus berupaya memberikan layanan prima dan terbaik sesuai dengan nilai-nilai kami, yaitu melayani, profesional dan terpercaya,” pungkas Himawan.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Nurhadi Lie (Corporate Head of Sales & Marketing Sinar Mas Land) menjelaskan dan memaparkan materi tentang loyalty program perusahaan yakni Sinar Mas Land Precious.
Nurhadi Lie (Corporate Head of Sales & Marketing Sinar Mas Land) menjelaskan dan memaparkan materi tentang loyalty program perusahaan yakni Sinar Mas Land Precious.
Musda AREBI DPD Jawa Tengah (Foto: istimewa)
Musda AREBI DPD Jawa Tengah (Foto: istimewa)
Foto: hacktiv8.com
Foto: hacktiv8.com