Tips Tepat Atasi WC dan Saluran Air yang Tersumbat

Saluran air dan WC bisa tersumbat karena tisu, sisa makanan, rambut, atau bahkan pembalut. Untuk mengatasinya, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Foto: Freepik.com
Foto: Freepik.com

RealEstat.id (Jakarta) - Saluran air dan WC di rumah sering tersumbat? Mungkin hal itu disebabkan tisu, sisa makanan, rambut, atau bahkan pembalut wanita yang mengumbat aliran air. Agar saluran air dan WC tidak tersumbat, Anda perlu mempelajari beberapa tips berikut ini.

Cara yang kerap dilakukan banyak orang untuk mengatasi toilet dan saluran air yang tersumbat adalah dengan menyiram air sebanyak-banyaknya. Tetapi justru cara ini bisa membuat air meluap dan menimbulkan bau tak sedap.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Kloset Duduk yang Aman, Sehat, dan Sesuai Kebutuhan

Lalu, bagaimana tips mudah dan efektif mengatasi saluran air dan WC yang tersumbat? Berikut ulasannya.

1. Gunakan Plunger
Cara pertama, coba gunakan plunger atau lakukan sedot manual. Bila sumbatannya tidak banyak, akan mudah diatasi. Agar lebih efektif, tambahkan petroleum jelly ke tepi bantalan isap, kemudian, tambahkan air ke pancuran agar ujung plunger terendam.

2. Pakai Gantungan Baju Kawat
Tips kedua, gunakan gantungan baju kawat dapat digunakan bila saluran air dan WC tersumbat akibat benda keras, seperti tutup sikat gigi atau mainan anak. Usahakan untuk menarik/meraih benda tersebut. Jangan mendorongnya, karena justru akan membuat benda semakin jauh dari jangkauan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Bak Kamar Mandi Keramik yang Bocor

3. Sabun Pencuci Piring dan Air Panas
Sabun pencuci piring ampuh untuk mengatasi penyumbatan saluran air atau WC akibat kertas atau tisu. Caranya, tuang sabun cuci piring cair ke dalam toilet, kemudian tuang air panas.

Diamkan selama beberapa menit, lalu siram. Reaksi sabun dan air panas membantu melonggarkan saluran WC dan mendorong sumbatan untuk melewati bagian pipa pembuangan.

4. Gunakan Baking Soda dan Cuka
Taburkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC atau saluran air dan biarkan mengendap. Kemudian, tuangkan dua cangkir cuka.

Ketika kedua bahan ini tercampur, akan keluar gelembung yang merupakan tanda kedua bahan ini sedang bekerja menghancurkan sampah yang menyumbat.

Biarkan selama satu malam, lalu siram hingga bersih. Maka, saluran pembuangan akan kembali lancar. Bila saluran air masih tersumbat, coba gunakan kayu atau selang panjang untuk mendorong sumbatan tersebut.

Baca Juga: Trik Mudah Bersihkan Kloset Duduk di Kamar Mandi Agar Kinclong

5. Gunakan Bahan Kimia
Toko material atau perkakas rumah dan supermarket umumnya menjual pembersih saluran air berbahan kimia kuat. Namun, Anda tidak boleh menggunakannya dengan gegabah dan mengikuti instruksi yang diberikan produsen dengan hati-hati.

Perhatikan petunjuk pada kemasan, gunakan sesuai kebutuhan, serta selalu kenakan sarung tangan dan kacamata sebagai pelindung. Hati-hati, penggunaan bahan kimia secara sembarangan dapat menyebabkan keracunan, luka melepuh, hingga kerusakan pada pipa drainase.

6. Gunakan Jasa Tukang Ledeng
Jika Anda tidak punya waktu atau tidak memiliki kemampuan melakukannya sendiri, cara termudah adalah menggunakan jasa tukang ledeng profesional. Cara ini mungkin tidak murah, namun paling praktis.

Semoga tips mengatasi WC dan saluran air yang tersumbat ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Membuat Pupuk Kompos (Foto: Dok. Pixabay.com)
Membuat Pupuk Kompos (Foto: Dok. Pixabay.com)