Tips Penting Menyewakan Properti Agar Laris Manis

Ada beberapa tips penting yang bisa dilakukan dalam menyewakan properti, agar Anda dapat meraup untung dan terhindar dari kerugian.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) – Menyewakan properti, seperti rumah, apartemen atau ruko memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, namun ada tips yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, tak semua orang bisa melakukannya dengan mudah.

Peluang menyewakan properti seperti rumah memang masih sangat membuka, apalagi belakangan generasi milenial enggan membeli rumah. Mereka memilih menyewa rumah, karena lebih bebas dan tak harus memikirkan pajak.

Menyewakan properti memang cenderung lebih mudah dibanding menjual properti. Akan tetapi, bila Anda tidak melakukannya dengan cara yang tepat, tentu akan berpotensi mendatangkan kerugian.

Baca Juga: 6 Tips Memulai Bisnis Rumah Kontrakan

Ada beberapa tips penting yang bisa dilakukan dalam menyewakan properti Anda:

Lihat Pesaing

Tips pertama, sebelum menyewakan properti, Anda harus tahu berapa harga yang ditawarkan oleh para pesaing dan fasilitas apa saja yang mereka berikan.

Jika ternyata para menawarkan dengan harga Rp2 juta per bulan, Anda boleh menawarkan dengan harga yang lebih bersaing. Kendati demikian, jangan mematok harga lebih murah, namun sebaiknya tawarkan hal lain kepada calon penyewa.

Misalnya, pesaing Anda tidak dinyediakan televisi. Nah, Anda dapat menambahkan fasilitas tersebut. Anda juga dapat mencoba memberi gimmick lain agar menarik calon penyewa properti Anda.

Baca Juga: Mau Sewa Apartemen? Jangan Lupakan 4 Tips Ini

Diskon Bagi Penyewa Jangka Panjang

Sebagai contoh, harga sewa bulanan properti Anda Rp2 juta. Akan tetapi untuk penyewa yang membayar sewa satu tahun ke depan, Anda dapat memberi potongan sewa, misalnya satu bulan.

Bisa juga Anda memberikan hadiah langsung dalam bentuk apapun—sebaiknya berupa peralatan rumah tangga, seperti peralatan rumah tangga. Dengan memberikan lebih banyak daripada pesaing, maka properti Anda akan lebih banyak menarik minat calon penyewa.

Manfaatkan Teknologi Daring

Saat ini penggunaan teknologi daring sudah lumrah digunakan untuk menjual dan menyewakan properti. Banyak situs-situs khusu jual, beli, sewa properti yang dapat digunakan, demikian pula dengan media sosial.

Anda pun sebaiknya memanfaatkan teknologi untuk membantu proses penyewaan properti. Prosesnya pun terbukti lebih mudah, cepat, dan hemat di kantong.

Baca Juga: 3 Tips Menyewakan Properti Melalui Iklan Online

Masih Tidak Tersewa?

Jika masih tidak tersewa, sebaiknya Anda menurunkan harga sewa properti Anda. Tetapi perlu diingat, setelah harga sewa diturunkan, Anda harus yakin masih memperoleh untung. Jika tidak untung, Anda harus melihat biaya-biaya lain yang sekiranya dapat ditekan.

Hal yang mesti dipahami, menurunkan harga sewa properti lebih baik daripada tidak ada yang menyewa. Pasalnya, jika properti kosong, Anda tetap harus menanggung biaya bulanan, seperti listrik, air, dan lain-lain.

Semoga tips menyewakan properti ini bermanfaat bagi Anda!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Foto: diolah dari Pixabay.com
Foto: diolah dari Pixabay.com