Tips Mengecat Rumah: Mudah dan Hasilnya Memuaskan

Mengecat rumah sebenarnya tidak perlu menggunakan jasa tukang, karena memang tidak terlalu memerlukan keahlian khusus, asal Anda tahu tips dan triknya.

Foto: Dok. Freepik.
Foto: Dok. Freepik.

RealEstat.id (Jakarta) – Mengecat adalah salah satu cara yang efektif untuk memperbarui tampilan, bahkan suasana rumah Anda. Kendati demikian, Anda harus mengerti cara dan tips yang benar dalam mengecat dinding rumah Anda.

Ya, mengecat rumah sebenarnya tidak perlu menggunakan jasa tukang, karena memang tidak terlalu memerlukan keahlian khusus.

Dengan mengecat rumah sendiri, Anda pun bisa mendapat beberapa keuntungan: selain hemat pengeluaran juga bisa mengecat sesuai selera Anda.

Baca Juga: Harga Cat Tembok 25 Kg Semua Merek Terbaru 2023

Berikut ini beberapa tips mengecat dinding rumah:
1. Persiapan

Persiapan yang baik sangat penting sebelum mulai mengecat rumah. Bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran, dan noda. Perbaiki dinding yang retak atau rusak sebelum mulai mengecat.

2. Pemilihan Warna

Pilihlah warna cat yang sesuai dengan gaya rumah Anda dan lingkungan sekitar. Pertimbangkan pula warna yang cocok dengan perabotan dan dekorasi yang sudah ada di dalam rumah.

3. Pilih Jenis Cat yang Tepat

Ada berbagai jenis cat seperti cat air, cat minyak, dan cat akrilik. Pilih cat yang sesuai dengan jenis permukaan dinding dan kebutuhan Anda. Cat air (water base) biasanya lebih mudah diaplikasikan dan cepat kering, sementara cat minyak lebih tahan lama.

4. Gunakan Alat yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan kuas, rol, dan peralatan lainnya yang berkualitas baik. Alat yang tepat dapat membuat proses pengecatan lebih mudah dan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Daftar 30 Harga Cat Tembok 5 Kg Berbagai Merek Terbaru 2023

5. Lapisan Primer

Jika dinding memiliki permukaan yang sangat berbeda atau ada noda yang sulit dihapus, pertimbangkan untuk menggunakan lapisan primer sebelum mengecat. Lapisan primer membantu cat menempel dengan baik dan menghasilkan warna yang lebih merata.

6. Tape Masking

Jika Anda ingin menjaga area tertentu dari pewarnaan, seperti bingkai jendela atau trim, gunakan tape masking untuk melindungi area tersebut dari cat yang tumpah.

7. Mulai dari Atas ke Bawah

Saat mengecat dinding, mulailah dari bagian atas ke bawah. Ini membantu mencegah tetesan cat yang mengotori bagian yang sudah dicat.

8. Mengecat dengan Gerakan Konsisten

Gunakan gerakan kuas atau rol yang konsisten dan searah untuk menghasilkan hasil pengecatan yang merata. Hindari menyapu cat terlalu tebal, karena dapat menyebabkan hasil tidak merata saat kering.

Baca Juga: Pentingnya Pemilihan Cat dalam Penerapan Desain Rumah Berkelanjutan

9. Lapisan Tipis

Lebih baik menyapu cat dengan beberapa kali lapisan tipis, daripada satu lapisan tebal. Hal ini akan menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih tahan lama.

10. Ventilasi yang Baik

Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang cukup agar cat kering dengan baik dan bau cat tidak terperangkap di dalam ruangan.

11. Biarkan Kering dengan Sempurna

Berikan waktu yang cukup agar cat kering dengan sempurna sebelum menyentuh atau memasang kembali perabotan.

12. Kebersihan dan Perawatan Alat

Setelah selesai, bersihkan alat-alat seperti kuas dan rol dengan benar, agar Anda dapat menggunakannya kembali di masa mendatang.

Baca Juga: Cara Membenahi Cat Dinding Rumah yang Mengelupas

13. Pembersihan Noda Segera

Jika ada tumpahan cat atau noda lainnya saat mengecat, bersihkan segera sebelum kering. Noda cat yang sudah mengering bisa lebih sulit untuk dihilangkan.

Ingatlah bahwa mengecat rumah memerlukan waktu, ketekunan, dan kesabaran. Jika memang Anda tidak yakin dalam melakukannya, pertimbangkan untuk mempekerjakan tukang profesional agar hasilnya memuaskan.

Semoga tips mengecat dinding rumah ini bermanfaat!

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Foto: Freepik
Foto: Freepik
Membangun rumah (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Membangun rumah (Foto: Dok. Kementerian PUPR)