Tips Memilih Sprei untuk Mempercantik Ranjang dan Kamar Tidur

Bagi Anda yang gemar suasana baru, disarankan untuk menggunakan sprei polos berwarna netral, sehingga cocok dengan dekorasi yang berbeda.

Foto: Dok. Pixabay
Foto: Dok. Pixabay

RealEstat.id (Jakarta) - Sprei (seprai) penutup kasur di kamar tidur, tak hanya dipakai untuk menambah kenyamanan saat beristirahat, namun juga mampu mempercantik kamar, asal Anda tahu tips memilih dan memadupadankannya!

Berikut ini beberapa tips untuk memilih sprei dan cara memadupadankannya untuk mempercantik ruang peraduan.

Pilih Sprei Berkualitas
Sprei berwarna polos tentunya akan lebih mudah untuk dipadukan dengan dekor yang berbeda. Oleh karena itu, akan lebih terpakai di jangka waktu yang lebih lama.

Namun ada beberapa motif yang tergolong timeless seperti motif bahan Jacquard, di mana motif di tenun dengan warna yang sama. Motif bunga juga selalu digemari dari masa ke masa, terlebih dengan tren shabby chic.

Baca Juga: Perbaiki Kualitas Tidur dan Aktivitas Seks dengan Warna Dinding Kamar

Pada akhirnya semua tergantung dari selera pemilik kamar. Bagi orang yang gemar suasana baru dan melakukan perubahan dekorasi kamar, disarankan untuk menggunakan sprei polos berwarna netral, sehingga cocok dengan dekorasi yang berbeda.

Kendati demikian, yang paling baik adalah berinvestasi di bahan sprei yang baik. Kualitas bahan yang buruk tidak berumur panjang: dapat menciut atau berbulu setelah dicuci.

Sebaliknya, bahan berkualitas baik lebih tahan lama dan nyaman digunakan. Perhatikan pula thread count pada saat membeli sprei. Thread count yang lebih rapat/tinggi, menunjukkan kualitas bahan yang lebih baik.

Baca Juga: Trik Ampuh Usir Nyamuk di Kamar Tidur Kesayangan

Padukan Sprei dengan Aksesori
Warna netral pada sprei dapat memberikan nuansa nyaman di kamar, apalagi bila dibantu dengan penataan kamar yang apik. Hindari meletakkan barang yang tidak diperlukan saat beristirahat, untuk mencapai suasana yang mendukung.

Selain itu, warna netral pada sprei memberikan keleluasaan untuk bermain warna pada aksesori lain di tempat tidur, seperti selimut, bantal kecil, bahkan aksesori pemanis di nakas atau meja samping tempat tidur.

Tips Padu Padan Mendekorasi Ranjang
Anda dapat bermain dengan kreativitas dalam mempercantik penampilan tempat tidur. Antara lain dengan 9 tips berikut ini:

Baca Juga: Ciptakan Nuansa Kamar Tidur Selaiknya di Villa, Begini Tips Dekorasinya

1. Gunakan empat bantal dengan warna atau motif berbeda tapi tetap senada.

2. Tambahkan flat sheet di atas fitted sheet. Hal ini dapat memberikan tambahan dimensi warna dan tekstur. Selain mempermanis dapat digunakan sebagai selimut pada saat beristirahat.

3. Gunakan bedcover atau quilt untuk mempercantik penampilan tempat tidur. 

4. Gelar selimut kecil/throw terbuat dari rajutan atau bahan bertekstur lain di ujung tempat tidur. Selimut ini dapat digunakan saat tidur siang atau saat menikmati acara televisi.

5. Bantal kecil dengan bentuk menarik dapat melengkapi keseluruhan desain dan mempercantik tempat tidur Anda.

6. Nakas atau meja kecil di samping tempat tidur dapat dipercantik dengan meletakkan ornamen dekoratif namun berguna, seperti lampu baca atau buku.

Baca Juga: Mitos Seputar Kamar Tidur, Salah Satunya Menyebabkan Perselingkuhan

7. Headboard atau kepala ranjang dengan desain menarik namun cukup netral juga dapat mendukung keseluruhan desain tempat tidur. Jika tidak menggunakan headboard, Anda dapat menggantung karya seni menarik di tembok belakang tempat tidur.

8. Tirai penutup jendela dengan motif/warna yang senada juga membantu melengkapi desain kamar tidur.

9. Penggunaan sumber cahaya yang berbeda untuk menerangi area berbeda di kamar tidur dapat membantu mempercantik setiap sudut ruang. Misalnya, lampu berdiri untuk sudut baca di sebelah sofa; lampu baca di samping tempat tidur; dan lampu sorot di depan kaca berhias. Setiap sumber cahaya tersebut akan membantu memberikan ambience yang berbeda dibandingkan dengan satu sumber lampu yang besar.

Semoga tips memilih dan mendekorasi sprei ini bermanfaat!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Tips investasi properti di mancanegara.
Tips investasi properti di mancanegara.
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Deretan kios di pusat perbelanjaan. (Foto: realestat.id)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)
Peralatan terbuat dari kayu (Foto: Pixabay.com)