Tips Membuat Ruang Membaca yang Asyik untuk Si Kecil

Penulis buku anak dan kritikus buku Imogen Russell Williams mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang dibutuhkan agar anak betah berlama-lama membaca buku.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Minat membaca di Indonesia dinilai masih rendah. Selain dimotivasi dengan memberikan judul-judul bacaan yang menarik, menciptakan ruangan yang nyaman untuk membaca, mungkin bisa menjadi solusi.

Mengutip data Badan Pusat Statistik tahun 2022, disebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4 - 5 jam per pekan dan 4 - 5 buku per kuartal.

Sebelumnya, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO) menyebutkan masyarakat Indonesia memiliki minat baca sangat rendah. Dalam data UNESCO tersebut, hanya 0,001% atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

Baca Juga: Tips dan Trik Bersihkan Coretan Anak di Dinding Rumah

Penulis buku anak dan kritikus buku Imogen Russell Williams mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang dibutuhkan agar anak betah berlama-lama membaca buku. Ketiga hal tersebut yaitu: kenyamanan, kerahasiaan, dan tempat penyimpanan yang sesuai untuk berbagai buku dan makanan ringan mereka.

"Ruang membaca bagi anak sebaiknya tertutup, nyaman, dan penuh cahaya lembut nan hangat. Selain itu, ruang membaca anak terbaik adalah yang menyediakan landasan seluncuran atau perosotan yang sempurna untuk mewujudkan imajinasi anak," kata Imogen seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk.

Jika tidak memungkinkan untuk menyisihkan ruangan khusus untuk tempat membaca, kita bisa tata salah satu sudut di kamar anak atau sudut di ruang keluarga.

Baca Juga: 9 Tips Menata Dapur yang Aman Bagi Anak

Caranya dengan meletakkan sofa atau tempat duduk favorit anak di sudut tersebut. Letakkan juga meja pojok yang sesuai untuk menaruh buku-buku pilihan anak.

Jangan asal pilih sudut. Pilihlah sudut ruangan yang mempunyai sirkulasi udara terbaik di ruang tersebut. Misalnya, pilih sudut ruangan yang dekat dengan jendela. Hal ini akan memaksimalkan cahaya yang dibutuhkan untuk membaca dan juga memberikan rasa sejuk.

Selain meletakkan sofa, letakkan juga karpet tebal yang empuk di sisi sofa. Karpet akan sangat membantu jika anak sedang bosan duduk di sofa. Meski membaca sambil berbaring tidak dianjurkan, karpet yang empuk bisa menambah kenyamanan di sudut baca.

Baca Juga: Tips Feng Shui Rumah Bagi Anak-anak dan Balita

Selanjutnya, lengkapi sudut baca dengan benda favorit anak. Benda tersebut bisa selimut kecil yang bisa digunakan saat cuaca sedang agak dingin.

Selain itu, mainan favorit anak juga bisa diletakkan di sudut itu. Hal ini bermanfaat terutama untuk anak dengan kecenderungan kinestetik, dimana anak baru bisa menikmati bacaannya ketika tangannya juga beraktivitas memegang mainan atau benda-benda.

Selamat mencoba menata ruang membaca bagi anak Anda di rumah.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa