Tips Membeli Rumah Bekas: Cek 6 Hal Ini Saat Meninjau Lokasi

Dalam membeli rumah second, kondisi rumah harus menjadi prioritas utama. Ada enam hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan.

RealEstat.id (Jakarta) - Saat Anda berminat membeli rumah bekas (second) dan harganya pun sesuai dengan isi kocek, tentu Anda ingin meninjau lokasi dan memeriksa fisik rumah tersebut.  

Dalam membeli rumah second, kondisi rumah harus menjadi prioritas utama. Ada enam hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan:

Baca Juga: 3 Tips Menyewakan Rumah Melalui Iklan Online

Atap 
Bagi rumah merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan saat membeli rumah bekas. Perhatikan dari setiap sudut, apakah ada tanda-tanda kerusakan atap. Sekecil apapun kerusakan itu, bakal berpengaruh besar bagi kenyamanan Anda. Perhatikan, apakah ada kayu reng atap yang lapuk atau genting yang rusak. 

Ingat, memperbaiki atap tidak murah dan tidak dapat dilakukan setiap saat. waktu paling balik memperbaiki atap adalah saat musim kemarau.

Pintu dan Jendela
Pintu merupakan salah satu hal terpenting yang memisahkan penghuni dengan tamu atau orang luar. Periksa kondisi pintu. Pastikan pintu tak mudah dibuka dari luar oleh orang yang tak diinginkan kehadirannya.   

Periksa bagian bawah dan atas jendela, apakah dinding menggelembung, retak, atau warnanya memudar. Jika demikian, maka itu adalah tanda kebocoran. Anda juga mesti melihat kondisi kusen jendela, untuk melihat apakah ada kerusakan di sana. Pasalnya, mengganti kusen tidak murah.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Properti di Tengah Pandemi Virus Corona

Kunci dan Sistem Alarm
Keamanan adalah hal mutlak bagi sebuah rumah dan menghadirkan kenyamanan dan ketenangan bagi para penghuninya. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa semua kunci dan sistem alarm (bila ada).

Saluran Pipa Air 
Periksa bagian bawah bak cuci piring untuk melihat apakah ada kerusakan. Perhatikan pula apakah ada tanda-tanda rembesan air. Untuk itu, Anda perlu membuka semua keran yang ada. Lakukan semaksimal mungkin, karena Anda tidak mungkin memeriksa seluruh saluran pipa air di rumah.

Baca Juga: Sterilising Lamp Digadang Mampu Cegah Covid-19 Menyebar di Rumah

Kamar Mandi
Periksalah apakah shower dan bathtub di kamar mandi berfungsi dengan baik dan tanpa kebocoran. Masuklah ke bathtub, dan rasakan apakah ada hal yang janggal. 

Jangan lupa memeriksa seal antara tub dan lantai. Sealing yang jelek dapat merusak lantai dengan cepat. Selain itu, periksa pula kloset dan saluran pembuangan. Pastikan keduanya berfungsi dengan baik.

Lingkungan Rumah 
Tetangga sangat penting bagi kenyamanan Anda, karena Anda bersosialisasi dengan mereka setiap hari. Anda perlu mencari tahu, apakah pemilik rumah sebelumnya pernah mengeluhkan tetangganya. Pastikan pula rumah tersebut tidak berada di kawasan yang rawan kejahatan.

Perhatikan juga lingkungan sekitar rumah. Lingkungan yang tertata dengan baik memiliki nilai lebih, dilihat dari sisi investasi properti. 

Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)