Tips Membasmi Gulma dan Rumput Liar Tanpa Racun Berbahaya

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi pertumbuhan rumput liar dan gulma dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan aman digunakan.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Rumput liar dan gulma yang tumbuh di taman dan sekitar rumah, bisa menjadi salah satu penyebab muncul perasaan tidak betah. Untuk membasmi gulma dan rumput liar tersebut, tak jarang kita mesti mengeluarkan biaya ekstra guna membayar tukang rumput agar taman dan lingkungan rumah tetap asri dan nyaman.

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi pertumbuhan rumput liar dan gulma di sekitar rumah dan taman. Bahan-bahannya pun mudah didapat dan yang terpenting tidak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Dinukil dari laman dengarden.com, berikut beberapa tips membasmi gulma dan rumput liar:

Baca Juga: Trik Merancang Taman Nan Indah Berbiaya Murah di Rumah

1. Cuka
Anda bisa mencampur cuka dengan cairan pencuci piring sebagai “senjata” yang disemprotkan kepada gulma tanpa membahayakan tanaman kesayangan yang tumbuh di taman. Takarannya bisa Anda kira-kira sendiri, satu botol kecil (150 ml) cuka bisa dicampurkan dengan dua sendok teh cairan pencuci piring. Asam asetat yang ada dalam cuka bisa membunuh gulma dan rumput liar.

2. Air Panas
Biasanya gulma dan rumput liar yang terkena air panas akan layu dan mati. Anda tinggal menyiramnya dan pastikan membuang gulma yang layu dan mati.

Baca Juga: 4 Cara Agar Taman Indoor Minimalis Impian Anda Terwujud!

3. Air Rebusan Telur
Banyak yang meyakini air bekas rebusan telur lebih ampuh untuk membunuh gulma dan rumput liar. Anda tak perlu membuang waktu lama lagi, setelah telur selesai direbus langsung siramkan airnya ke lokasi tumbuhnya gulma yang mengganggu.

4. Garam
Caranya cukup sederhana, Anda tinggal menaburkan garam di tempat gulma tumbuh. Kemampuan garam untuk menyerap air diyakini membuat gulma kering dan akhirnya mati.

Baca Juga: Tertarik Bercocok Tanam di Rumah? Begini Tips untuk Memulainya

5. Belerang
Siapkan empat liter air, dua kilogram garam, dan tiga ons belerang, kemudian direbus sampai mendidih. Selanjutnya campurkan dua botol kecil cuka ke dalam larutan tadi. Diamkan selama 12 jam dan larutan itu sering disebut sebagai obat gulma paling ampuh.

Penggunaan bahan-bahan tersebut akan lebih efektif untuk membunuh gulma dan rumput liar jika dilakukan secara rutin. Kecermatan jadi syarat mutlak jika gulma tumbuh di sekitar tanaman kesayangan Anda.

Semoga tips membasmi gulma dan rumput liar ini bermanfaat!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com