Tips Aman dan Mudah Memasang Regulator Kompor Gas

Memasang regulator kompor gas dengan aman cukup mudah dilakukan, selama Anda tahu tips dan cara yang benar melakukannya.

Regulator Kompor Gas (Foto: realestat.id)
Regulator Kompor Gas (Foto: realestat.id)

RealEstat.id (Jakarta) - Memasang regulator kompor gas memang susah-susah mudah bila kita tidak tahu cara dan tips untuk melakukannya.

Perlu diingat, jangan pernah menganggap remeh urusan yang satu ini! Pasalnya, bila cara memasang regulator kompor gas salah, akan menyebabkan masalah. Kasus yang paling sering terjadi adalah ledakan tabung gas.

Hampir seluruh masyarakat saat ini menggunakan kompor gas elpiji di dapur mereka, namun tidak semua orang memiliki pengetahuan yang baik dan benar akan cara memasang regulator dengan aman.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Kompor Gas, Nggak Pake Ribet!

1. Penempatan Kompor dan Tabung Gas

Sebelum mempelajari tips memasang regulator kompor gas, hal terpenting adalah menempatkan kompor dan tabung gas dengan benar, di tempat yang aman.

Kompor gas harus ditempatkan di ruangan yang berventilasi, terbuka, dan tidak sempit. Hal ini dimaksudkan agar jika terjadi hal darurat, akan mudah diatasi. Misalnya bila terjadi kebocoran gas.

2. Kondisi Tabung Gas

Pastikan tabung yang baru Anda beli tersegel dan tak mengeluarkan bau gas. Tabung harus dalam kondisi yang baik dan tidak bocor sedikit pun. Pengecekan harus dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya pada bagian mulut tabung saja.

Baca Juga: Tips dan Trik Bersihkan Kompor Gas Agar Kinclong Kembali

3. Kondisi Rubber Seal

Hal penting yang perlu diperiksa adalah kondisi rubber seal atau segel karet di bagian mulut tabung gas. Benda yang berfungsi menahan tekanan jarum regulator ini terkadang kualitasnya sudah tidak baik saat kita membeli tabung gas.

Rubber seal yang longgar dan tidak pas, berpotensi menimbulkan kebocoran gas. Untuk itu, ada baiknya Anda menyediakan rubber seal baru yang masih elastis, yang bisa dibeli di mini market atau online shop dengan harga terjangkau.

4. Tips Memasang Regulator Kompor Gas

Setelah mengecek kondisi tabung dan rubber seal, Anda dapat mulai memasang regulator kompor gas. Pertama, lepaskan segel dan pasang regulator di dudukan dengan benar, yakni posisi tegak lurus dengan mulut tabung gas. Hal ini dilakukan agar jarum regulator menekan sempurnya dan tidak terjadi kebocoran.

Baca Juga: Tips Mencegah Kebakaran Rumah dan Ragam Penyebabnya

Bila terdengar suara mendesis, segera lepaskan regulator. Jika tidak terdengar suara desis, dekatkan telinga ke regulator untuk meyakinkan. Cobalah untuk membaui. Bila tidak ada bau gas, coba nyalakan kompor. Jika kompor menyala, berarti Anda sudah memasang dengan benar dan aman.

Regulator yang telah terpasang, ada kalanya mengalami gangguan, sehingga kendor dan gas menguar ke udara. Untuk itu, sebelum menyalakan kompor gas, selalu pastikan tak ada bau gas atau suara mendesis.

Bila ada bau gas, jangan nyalakan kompor gas. Buka pintu dapur lebar-lebar sampai bau gas benar-benar hilang. Kalau benar-benar sudah tidak ada bau gas, coba cek kondisi regulator, kemudian nyalakan kompor gas.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Foto: diolah dari Pixabay.com
Foto: diolah dari Pixabay.com