Tersertifikasi, Water Purifier Coway Mampu Hilangkan Kandungan Mikroplastik Dalam Air

Tahukah Anda, rata-rata setiap orang menelan 5 gram mikroplastik setiap pekan atau setara dengan memakan satu lembar kartu kredit?

Coway Water Purifier (Foto: Istimewa)
Coway Water Purifier (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) – Riset yang dilakukan WWF menyatakan, rata-rata setiap orang menelan 5 gram mikroplastik setiap pekan atau setara dengan memakan satu lembar kartu kredit.

Kendati dampak pasti plastik terhadap kesehatan manusia secara relatif belum diketahui, WHO telah menyoroti potensi dampak buruknya, seperti produksi spesi oksigen reaktif dan respons peradangan dalam tubuh.

Untuk itu, Coway, perusahaan pemurni air global, mengambil langkah proaktif untuk mengatasi pencemaran lingkungan dan potensi risiko kesehatan terkait mikroplastik.

Coway telah mengantongi sertifikat pada produk water purifier atas performa menghilangkan mikroplastik dengan dukungan dari berbagai lembaga internasional.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik di 2024, Awet serta Berkapasitas Besar!

Sertifikat ini meliputi NSF/ANSI 401 untuk 26 tipe water purifier jenis aliran langsung (direct-flow) dan 3 filter NanoTrap oleh Water Quality Association (WQA).

Standar NSF/ANSI 401 didesain oleh lembaga sanitasi nasional Amerika Serikat (National Sanitation Foundation), merupakan satu-satunya standar yang dapat menguji kinerja reduksi mikroplastik untuk sistem filtrasi air.

Sertifikat dari lembaga tersebut membuktikan bahwa sistem filtrasi water purifier Coway memiliki kemampuan menghilangkan partikel amat kecil dari 0.5 sampai dengan 1 mikrometer, termasuk mikroplastik.

Sistem penyaringan air seperti Icon Water Purifier (CP-7211N) juga teruji memiliki efisiensi pengurangan partikel kontaminan lebih dari 99%, yang menjadi bukti komitmen Coway terhadap keamanan air.

Baca Juga: Philips Smart LED Connected by WiZ: Solusi Ciptakan Pencahayaan Atraktif di Rumah

Di sisi lain, water purifier membran reverse osmosis (RO) Coway yang banyak digunakan pada rumah tangga di Asia Tenggara, telah diverifikasi kinerjanya dalam menghilangkan mikroplastik melalui pengujian ketat oleh perusahaan pengujian laboratorium Intertek.

Karena saat ini belum ada standar global untuk penghilangan mikroplastik pada sistem RO, Coway bekerja sama dengan Intertek, menetapkan protokol pengujian 2 untuk mengurangi partikel berukuran nano hingga 30 nanometer, sekitar 1000 kali lebih kecil dari sehelai rambut manusia.

Water purifier RO Coway terverifikasi dapat mengurangi nanopartikel dengan efisiensi lebih dari 99% berdasarkan validasi Intertek untuk kinerja dalam melenyapkan mikroplastik.

Hingga saat ini, melalui laporan pengujian kinerja, sebanyak 40 model water purifier Coway dipastikan efektif menghilangkan partikel berukuran nano (30nm).

Baca Juga: Rekomendasi Merk Vacuum Cleaner Terbaik untuk Bersih-bersih Jelang Lebaran

Di antaranya termasuk Cinnamon (P-6320R), Core (CHP-671R), Ombak (CHP-7310R), Neo Plus (CHP-264L), dan Villaem II (CHP-18AR).

Dengan kinerja pemurnian air yang efektif, Neo Plus (CHP-264L) menjadi salah satu tipe water purifier terlaris dan paling populer di pasar Korea Selatan dan Asia Tenggara.

Perangkat ini dilengkapi dengan sistem filter membran Reverse Osmosis (RO) yang memiliki kinerja penghilangan kontaminan terbaik.

Sistem inovatif pada Neo Plus menyaring 100 jenis zat berbahaya, termasuk senyawa perfluorinasi (PFC), bahan radioaktif alami seperti uranium, hormon lingkungan, dan racun alga, sekaligus menyediakan air murni yang berlimpah—ditambah kemampuan penyaringan di area bertekanan air rendah dengan sertifikasi NSF-JWPA P508.

Baca Juga: LG Pasarkan Koleksi Audio Terbaru untuk Bioskop di Rumah dan Pesta

Perwakilan Coway menyatakan, pihaknya secara ketat memverifikasi dan memastikan keamanan produk water purifier terhadap zat-zat berbahaya yang muncul dari berbagai sumber.

Dengan demikian, imbuhnya, para konsumen Coway dapat menikmati air bersih tanpa rasa khawatir dalam kondisi apa pun.

"Kami berkomitmen untuk memajukan teknologi filter dan membuat pelanggan kami lebih yakin pada water purifier Coway," katanya.

Sebagai informasi, di market place, Coway Water Purifier Tipe Cinnamon (P-6320R) dibanderol berkisar Rp6 juta, Tipe Core (CHP-671R) seharga Rp14,5 juta, Tipe Ombak (CHP-7310R) Rp14,2 juta, Tipe Neo Plus (CHP-264L) Rp9,8 juta, dan Tipe Villaem II (CHP-18AR) Rp11 juta.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Pencahayaan kamar tidur anak menggunakan teknologi Philips Smart LED by Wiz. (Sumber: Signify)
Pencahayaan kamar tidur anak menggunakan teknologi Philips Smart LED by Wiz. (Sumber: Signify)
TV LG OLED C4 bakal menjadi primadona dalam ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)
TV LG OLED C4 bakal menjadi primadona dalam ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)
IKEA Hadirkan Koleksi Terbaru Utsadd untuk memberikan rasa nyaman dan aman binatang peliharaan kucing. (Sumber: IKEA Indonesia)
IKEA Hadirkan Koleksi Terbaru Utsadd untuk memberikan rasa nyaman dan aman binatang peliharaan kucing. (Sumber: IKEA Indonesia)
Koleksi terbaru Tenzo Living sofa Ceylone. (Sumber: Tenzo Living).
Koleksi terbaru Tenzo Living sofa Ceylone. (Sumber: Tenzo Living).