Signify Sediakan 8.941 Lampu Cetak 3D di Bandara El Dorado, Kolombia

Lampu luminer cetak 3D Signify akan membantu Bandara El Dorado mengurangi emisi karbon 75% lebih rendah dibandingkan luminer logam konvensional.

RealEstat.id (Eindhoven) – Signify (LIGHT) menyediakan 8.941 lampu downlight cetak 3D untuk Bandara Internasional El Dorado di Bogota, Kolombia. Lampu luminer cetak 3D Signify akan membantu Bandara El Dorado mengurangi emisi karbon 75% lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional. Selain itu juga mengganti lebih dari 14.000 luminer ke LED, yang membantu mengurangi konsumsi listrik bandara hingga 66%.

Sebagai informasi, listrik mewakili 60% dari jejak karbon bandara dengan volume kargo terbesar di Amerika Latin, dan ketiga di kawasan ini dalam hal jumlah penumpang, penggantian ini akan berkontribusi lebih banyak lagi dalam pengurangan emisi karbon bandara, serta secara signifikan membantu dalam perjalanannya menjadi acuan nasional dan regional bagi operasi berkelanjutan dan efisiensi energi.

Baca Juga: Signify Tampilkan Motif Batik di Desain Luminer Cetak 3D Philips

Luminer cetak 3D memberi keleluasaan bagi konsumen untuk menyesuaikan pencahayaan mereka hingga ke tingkat  preferensi yang tepat. Umumnya, luminer cetak 3D (tidak termasuk elektronik dan optik) memiliki jejak karbon 75% lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional.

"Kami menggunakan 100% bahan polikarbonat yang dapat didaur ulang, dan membatasi penggunaan sekrup serta jumlah suku cadang untuk menyederhanakan daur ulang, sehingga menghasilkan bobot yang lebih ringan," kata Felipe Uribe, General Manager Signify Amerika Latin Utara mengatakan.

Hal ini kemudian, turut mengurangi emisi dari pengiriman sebesar 28%. Menggunakan material berwarna alih-alih harus mengecatnya setelah itu, menghindari kebutuhan untuk pewarnaan tambahan atau paska-pengolahan, sehingga lebih menyederhanakan proses. Dan hampir setiap komponen dapat digunakan kembali atau didaur ulang, mendukung konsep ekonomi sirkular.

Baca Juga: Pembersih Udara Desinfeksi Philips UV-C Basmi 99% Virus dan Bakteri

“Tujuan kami adalah menjadi acuan dalam efisiensi energi dan operasional berkelanjutan di Kolombia dan Amerika Latin. Untuk alasan ini, kami senang telah memasang inovasi terbaru dalam pencahayaan dengan downlight cetak 3D, dan menjadi pelopor di wilayah regional dalam hal pengelolaan infrastruktur pencahayaan jarak jauh,” kata Mauricio Vélez, Infrastructure Manager OPAIN, operator bandara.

Menurut Mauricio Vélez, belum lama ini, bandara El Dorado telah diakui oleh US Green Building Council dengan peringkat platinum LEED maksimum – versi 4.1 dalam pengoperasian dan pemeliharaan.

Di area luar, Signify memasang luminer Digistreet, yang telah terintegrasi dengan Interact, sistem pencahayaan dan perangkat lunak terkoneksi. Dasbor manajemen pencahayaan Interact memungkinkan operator bandara memantau, mengelola, dan mengontrol setiap titik lampu dari jarak jauh, dari mana saja.

Baca Juga: Signify Foundation Terangi Desa-desa di Pedalaman NTT

Dengan memiliki visibilitas status pencahayaan, pemeliharaan preventif dan resolusi kerusakan dapat ditangani dengan cepat, mengurangi biaya pemeliharaan, meningkatkan pengalaman, dan meminimalkan gangguan pada operasi.

“Kami adalah perusahaan yang 100% netral karbon dan berkomitmen untuk konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, melalui produk yang dapat dicetak ulang, diperbarui, digunakan kembali, dan didaur ulang. Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini, dan membantu hub regional yang begitu penting dalam mencapai tujuan keberlanjutannya,” lanjut Felipe Uribe.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Griya Tawang di Mastery by Crown Group.
Griya Tawang di Mastery by Crown Group.
Circular Quay, Sydney, Australia (Foto: Crown Group)
Circular Quay, Sydney, Australia (Foto: Crown Group)
Trump International Hotel Washington DC (Foto: Google Street View)
Trump International Hotel Washington DC (Foto: Google Street View)