Signify Imbau Uni Eropa Beralih Gunakan Lampu LED

Signify menyebut, penggunaan lampu LED akan menghemat listrik 188,5 TWh, atau setara dengan konsumsi seperempat rumah tangga di Uni Eropa setiap tahunnya.

Orange Velodrome, Marseille (Foto: Dok Signify.com)
Orange Velodrome, Marseille (Foto: Dok Signify.com)

RealEstat.id (Eindhoven) – Signify, produsen di bidang pencahayaan, mengungkapkan bahwa dengan mengganti luminer konvensional ke LED mampu menghadirkan peluang signifikan untuk membantu Uni Eropa mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2050.

Peralihan ke lampu LED, menurut riset Signify, akan membantu ke-27 negara anggota Uni Eropa untuk memenuhi tujuan Kesepakatan Hijau (Green Deal) Eropa dan memenuhi komitmen mereka sebagai bagian dari Perjanjian Paris.

Di Uni Eropa sendiri, pencahayaan diperkirakan berkontribusi pada sekitar 10% dari semua penggunaan listrik. Mengganti 2,3 miliar luminer konvensional yang ada di Uni Eropa dengan LED akan mengurangi jumlah emisi CO2 sebesar 50,9 juta ton. Ini ekuivalen dengan CO2 yang akan diserap oleh 2,3 miliar pohon—setara hutan yang luasnya lebih dari daratan Inggris—dalam setahun.

Baca Juga: Gunakan Lampu UV-C Philips, Sejumlah Teater di Belanda Kembali Dibuka

Penghematan listrik akan mencapai 188,5 TWh, yang setara dengan konsumsi tahunan 51,8 juta rumah tangga, atau lebih dari seperempat jumlah rumah tangga di Uni Eropa. Ini berarti penghematan sebesar EUR40 miliar untuk biaya listrik per tahun di 27 negara anggota. Selain itu, untuk setiap EUR1 juta yang diinvestasikan dalam renovasi energi pada bangunan akan menciptakan rata-rata 18 pekerjaan di Uni Eropa.

Mengganti pencahayaan profesional yang mencakup pencahayaan di kantor, kompleks industri, jalan dan taman, serta di toko-toko dan hotel dengan LED akan menghadirkan peluang terbesar dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar 42 juta ton.

Lebih dari itu, hal ini merupakan salah satu jenis renovasi bangunan yang tercepat dan paling tidak mengganggu, sambil memberikan penghematan listrik tertinggi dari teknologi pengganti apa pun.

Sebagai tambahan, meminta warga Uni Eropa untuk mengganti semua pencahayaan di rumah mereka dengan LED akan mengurangi emisi CO2 sebesar 8,9 juta ton per tahun.

Baca Juga: Signify Foundation Terangi Desa-desa di Pedalaman NTT

Mengingat bahwa peluang terbesar ada di segmen profesional, Signify menyerukan kepada Uni Eropa untuk meningkatkan lebih dari dua kali lipat laju renovasi bangunan menjadi 3% per tahun dan beralih ke pencahayaan LED pintar.

Hal ini juga harus disertai dengan program informasi publik berskala Uni Eropa secara menyeluruh yang ditargetkan pada konsumen untuk menjelaskan manfaat lingkungan dan ekonomi dari peralihan ke pencahayaan LED di rumah mereka.

Peralihan ke pencahayaan LED mencerminkan pandangan yang diungkapkan oleh Badan Energi Internasional (IEA). Dalam laporan 'NetZero by 2050' baru-baru ini, IEA merekomendasikan bahwa penjualan bohlam LED "harus mencapai 100% pada tahun 2025 di semua wilayah" di dunia dan bahwa standar kinerja energi minimum harus disertai dengan kontrol peralatan yang pintar.

Baca Juga: Sambut Idul Fitri, Signify Hadirkan Cahaya Suci untuk Masjid Agung Istiqlal

Harry Verhaar, Global Head of Public & Government Affairs Signify mengatakan, pihaknya merasa terpanggil untuk mengambil tindakan atas perubahan iklim yang telah meningkat pada tahun lalu dan menganggap hal ini sesuatu yang urgent.

Temuan Signify, jelasnya, mengungkapkan bahwa beralih ke pencahayaan LED terkoneksi memberi Uni Eropa peluang emas untuk membantu mencapai tujuan pengurangan emisi dan menstimulasi ekonomi nasional. Kunci untuk mewujudkannya adalah dengan mempercepat laju renovasi bangunan menjadi 3% per tahun.

"Beralih ke pencahayaan LED akan menunjukkan bahwa investasi awal akan terbayar kembali dalam waktu kurang dari dua tahun. Hal yang jelas menguntungkan bagi bumi ini, masa depan digital dan penciptaan lapangan kerja di Eropa,” tutur Harry Verhaar.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Menara BCA (Foto: Dok. bca.co.id)
Menara BCA (Foto: Dok. bca.co.id)
Mario Susanto, VP Marketing Paramount Land mewakili perusahaan menerima Marketeers OMNI Brand of The Year 2024 untuk Kategori ’Digital Cutomer Experience’ di Jakarta, 13 Maret 2024 (Foto: Istimewa).
Mario Susanto, VP Marketing Paramount Land mewakili perusahaan menerima Marketeers OMNI Brand of The Year 2024 untuk Kategori ’Digital Cutomer Experience’ di Jakarta, 13 Maret 2024 (Foto: Istimewa).
Kawasan Grand Wisata Bekasi (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Kawasan Grand Wisata Bekasi (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Kawasan BSD City (Foto: Dok. bsdcity.com)
Kawasan BSD City (Foto: Dok. bsdcity.com)