Sharp Rilis TV Android The Scenes 8K di Hari Jadi Aquos ke-20

Sharp meluncurkan TV Android Aquos The Scenes 8K berukuran 60 dan 70 inci dengan harga lebih terjangkau dan bersaing dengan TV premium 4K.

TV Android Sharp Aquos The Scenes 8K (Foto: Dok Sharp)
TV Android Sharp Aquos The Scenes 8K (Foto: Dok Sharp)

RealEstat.id (Jakarta) – Menandai 20 tahun eksistensi produk audio-visual Aquos, Sharp mengumumkan peluncuran produk TV Android terbaru: Aquos The Scenes 8K serentak di enam negara ASEAN, Rabu (11/8/2021).

Menurut Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, pihaknya menetapkan visi bisnis untuk 'Mengubah Dunia dengan 8K+5G'. Tantangannya kali ini adalah mengatur harga TV 8K ini agar lebih terjangkau dan bersaing di zona TV premium 4K.

"Hal tersebut dilakukan guna menyebarkan resolusi tertinggi 8K dan memimpin perubahan hiburan rumah di rumah pelanggan. Ini adalah tonggak sejarah lain dimana Sharp menetapkan standar baru bagi sebuah produk TV," kata Shinji Teraoka.

Baca Juga: 20 Tahun AQUOS, Sharp Indonesia Helat Promo TV Bertabur Hadiah

Dia menjelaskan, nama Aquos berasal dari kata Aqua dan Quality, yang telah akrab didengar oleh konsumen sejak 2001 sebagai simbol “standar baru TV di ruang tamu pada abad ke-21".

Sebelumnya, pada 2000, Sharp di Jepang mendeklarasikan resolusi besar untuk mengganti semua model TV tabung (CRT) menjadi TV LCD dalam waktu lima tahun, dimana saat itu model TV LCD hanya tersedia sebanyak 4% di pasaran.

"Kini, setelah 20 tahun semua TV di dunia  menggunakan TV LCD.  Selama kurun waktu tersebut, Sharp telah meluncurkan beragam produk TV LCD yang terbesar atau yang pertama di dunia hingga mampu mencapai akumulasi penjualan sebanyak 50 juta unit di tahun 2020," imbuhnya.

Yoshihiro Hashimoto, Senior Executive Managing Officer Head of Asian, Oceanian, and European Business Sharp Corporation.

Sementara itu, Yoshihiro Hashimoto, Senior Executive Managing Officer Head of Asian, Oceanian, and European Business Sharp Corporation menjelaskan, ketika Sharp pertama kali memperkenalkan TV LCD AQUOS di 2001, Sharp memiliki gagasan untuk menghadirkan tampilan baru televisi di ruang keluarga, dengan desain yang lebih tipis dan dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Di tahun ini, melalui Aquos The Scenes 8K, Sharp memberikan pengalaman imersif ke tingkat yang lebih tinggi dengan menghadirkan tampilan gambar dan suara yang luar biasa ke ruang keluarga konsumennya.

Baca Juga: Plasmacluster Diklaim Efektif Basmi Varian Baru Virus Corona dalam Droplet

Dampak pandemi membuat seluruh masyarakat dunia harus melakukan pembatasan sosial, di sinilah TV Android Aquos The Scenes 8K membuat orang menikmati kegiatan di dalam rumah dan meningkatkan waktu berkualitas bersama keluarga dengan menikmati tayangan film, musik, bermain game  dan hiburan lain.

“Kehadiran Aquos The Scenes 8K menciptakan pengalaman menonton yang menarik, dengan menyuguhkan gambar dan efek suara yang luar biasa, sehingga dapat mengubah suasana rumah layaknya sebuah bioskop. Seperti pada peluncuran Aquos pertama kami 20 tahun lalu, bersama-sama dengan mitra, kami kembali menawarkan hal baru ke pasar,” ungkap Yoshihiro Hashimoto.

Gambar Jernih, Suara Natural
Pada peluncuran perdana ini, Sharp merilis TV Android Aquos The Scenes 8K Seri DW1X yang memiliki fitur buatan Jepang terkini, yakni Deep Chroma Display Pro 8K. Dengan fitur ini, konsumen dapat merasakan pengalaman bepergian keliling dunia dari rumah dengan hanya menyaksikan tayangan video 8K yang disediakan di YouTube.

Selain itu, pengalaman menonton film akan meningkat ke level berikutnya dengan fitur baru HDR Enhanced+. Aquos The Scenes 8K Seri DW1X akan membawa konsumen menikmati suasana sebenarnya tanpa harus ke luar rumah. Seri DW1X menampilkan berbagai fitur yang dapat memperkaya hidup konsumen menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

Baca Juga: Sharp Indonesia Catat Produksi 10 Juta Unit Mesin Cuci

Kehadiran Aquos The Scenes 8K menambah jajaran produk TV seri DW1X, 60”/70”. Dirancang dengan menggunakan konsep Neo-Minimalism, yang didasari oleh pemikiran ‘tidak hanya minimalis, namun juga ramping dan memiliki makna serta berkarakter.

Peluncuran Sharp Aquos The Scenes 8K pada perayaan 20 tahun hari jadi Aquos juga disertai dengan produk pendukungnya, yaitu Aquos The Scenes Soundbar Seri C22CX1. Sistem home theater soundbar seri C22CX1 menggunakan teknologi Opsodis yang secara akurat menghadirkan suara imersif 360 derajat yang biasa digunakan di TV Premium, bioskop, dan game.  

Peluncuran TV Android Sharp Aquos The Scenes 8K secara daring, Rabu, 11 Agustus 2021.

Opsodis mengadaptasi cara manusia merasakan suara di lingkungan nyata. Teknologi yang menghasilkan stereoponik yang unik, mampu mengontrol waktu produksi suara yang berbeda, memungkinkan pendengar untuk merasakan suara stereoponik alami yang mencapai telinga kiri dan kanan secara langsung.

Tanpa perlu speaker penunjang, Anda akan merasakan berada dekat dengan helikopter, dengan atmosfer suara melayang-layang di sekitar. Suara tidak hanya muncul dari atas, bawah, kiri dan kanan, tetapi juga dari belakang Anda.  

Keunikan ini berhasil meraih 'Innovation Award' dari VGP 2021 di Jepang, tidak hanya itu, dari sisi desainnya yang canggih Aquos The Scenes Soundbar pun memenangi Penghargaan Red Dot Jerman 2021 dan Penghargaan Desain IF 2021.

Baca Juga: Sharp dan Telkom Rilis TV Game Streaming Pertama di Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Ardy, Head Marketing of AUVI Product Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan, Aquos The Scenes 8K akan masuk ke Indonesia mulai September 2021 dengan menawarkan ukuran besar, yakni 60 inci dan 70 inci.

"TV Android Sharp ini dibanderol dengan harga mulai Rp34.990.000 untuk ukuran 60 inci dan Rp49.990.000 untuk ukuran 70 inci. Kedua produk ini  akan segera tersedia di Electronic City, Best Denki, Courts, Informa maupun Toko-toko elektronik premium lainnya di seluruh Indonesia,” ungkap Ardy.

Sharp Indonesia menargetkan penjualan TV Aquos The Scenes 8K sebanyak seribu unit dalam waktu satu tahun. Sharp membidik market share televisi sebesar 23% di Tanah Air. Sementara market share TV 60 inci dan 70 inci, masing-masing sebesar 15% dan 20%.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah 
Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Ciptakan Ruang Multifungsi di Rumah Bersama Dulux EasyClean Anti-Viral. (Foto: dok. AkzoNobel)
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.