Sambut Hapernas 2022, IKN Properti Expo Diselenggarakan

Diselenggarakan di BSC Dome Balikpapan, 20 - 28 Agustus 2022, IKN Properti Expo diikuti 62 pengembang perumahan baik rumah subsidi maupun komersial.

IKN Properti Expo 2022 (Foto: istimewa)
IKN Properti Expo 2022 (Foto: istimewa)

RealEstat.id (Balikpapan) - Sebagai rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2022, sekaligus mendorong pembangunan hunian di Ibu Kota Negara (IKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan Pemerintah Kota Balikpapan menggelar IKN Properti Expo 2022.

Dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peringatan Hapernas 2022 harus menjadi pemacu semangat para pemangku kepentingan bidang perumahan untuk mewujudkan hunian layak dan terjangkau untuk semua.

Baca Juga: Temui Kepala IKN Nusantara, 'Lord Mayor of the City of London' Bahas Peluang Investasi

"IKN Properti Expo yang juga bagian dari rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2022 ini dapat menjadi refleksi bersama untuk kita meningkatkan upaya dan sinergi dalam mewujudkan penyediaan perumahan layak huni dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya penyediaan perumahan di kawasan Ibu Kota Negara yang baru agar mampu mewujudkan Indonesia yang pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," tuturnya saat membuka Pameran IKN Properti Expo 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (20/8/2022).

Kementerian PUPR, imbuhnya, berharap pasar properti di Indonesia dapat tumbuh dan terus meningkat di masa mendatang. Di samping itu, ajang ini saya harap dapat memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui jenis properti yang ditawarkan dan dapat menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memilih rumah yang diinginkan serta membuka peluang bagi perbankan, pelaku pembangunan, serta Pemerintah Daerah untuk mengetahui daya serap pasar perumahan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bakal Adopsi Pengembangan BSD City di IKN Nusantara

Pada kesempatan itu, Kementerian PUPR juga ingin memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Balikpapan atas terselenggaranya rangkaian acara IKN Properti Expo Tahun 2022 yang sekaligus menjadi salah satu rangkaian dari peringatan Hapernas 2022. Pada tahun ini Peringatan Hapernas mengangkat tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau Untuk Semua”.

Sektor properti merupakan sektor masih tumbuh positif di tengah masa pandemi Covid-19 Berdasarkan data BPS, Ekonomi Indonesia Kuartal I 2022 tumbuh sebesar 5,01% (year-on-year). Di antara pertumbuhan tersebut, perumahan yang masuk ke dalam sektor real estate atau properti merupakan sektor yang tumbuh  positif sebesar 3,78%.

"Sektor properti memiliki “multiplier effect”  dapat menghidupkan 174 subsektor industri lain seperti pabrik material bahan bangunan, transportasi, lembaga pembiayaan seperti Bank, Koperasi, financial technologi, maupun sektor furniture, hingga perdagangan makanan yang akan dapat mempercepat dan membantu program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," katanya.

Baca Juga: Survei Knight Frank: Properti Jakarta Tetap Tumbuh Meski Ibu Kota Pindah

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kota Balikpapan, Arfiyansyah menjelaskan, IKN Properti Expo 2022 merupakan dukungan nyata Pemda terhadap program perumahan serta peringatan Hapernas di Indonesia. Apalagi adanya perpindahan Ibukota ke Kaltim membutuhkan hunian untuk masyarakat dan pegawai yang cukup banyak.

Pameran IKN Properti Expo merupakan pameran properti terbesar di Kalimantan Timur yang akan diselenggarakan mulai 20 - 28 Agustus 2022 di BSC Dome Balikpapan. Pameran tersebut diikuti sekitar 62 peserta dari pengembang perumahan baik rumah subsidi maupun komersial, perbankan, produsen bahan bangunan, dinas perumahan serta Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

"Laju pertumbuhan penduduk memicu backlog perumahan di kota besar termasuk di Balikpapan. Adanya pameran ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan pembiayaan perumahan sekaligus mendorong investasi di daerah," harapnya.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: dok. ptpp.co.id
Foto: dok. ptpp.co.id
Dari kiri ke kanan: Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia; Ridwan Salam, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang; Jaja Jamaludin, Kasdim Komando Distrik Militer 0604 Karawang; Dadang Taufik, Sekretaris Dinas BPBD; dan Tomy Hendrajati, President Human Initiative. (Foto: istimewa)
Dari kiri ke kanan: Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia; Ridwan Salam, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang; Jaja Jamaludin, Kasdim Komando Distrik Militer 0604 Karawang; Dadang Taufik, Sekretaris Dinas BPBD; dan Tomy Hendrajati, President Human Initiative. (Foto: istimewa)
Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN.
Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN.