Kementerian PUPR Bakal Adopsi Pengembangan BSD City di IKN Nusantara

Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melakukan studi banding ke BSD City untuk mempelajari konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan.

Foto: Dok. Kementerian PUPR
Foto: Dok. Kementerian PUPR

RealEstat.id (Tangerang) – Pembangunan kawasan perumahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur tentu memerlukan perencanaan matang. Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyusun perencanaan dan studi banding dengan melakukan adopsi IKN Nusantara dari kawasan BSD City yang dikembangkan Sinar Mas Land.

“Kami dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR baik para pejabat maupun tim yang tergabung di dalam penyusunan perencanaan untuk perumahan di IKN Nusantara melakukan studi banding ke Sinar Mas Land untuk melakukan adopsi beberapa konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga: Dilantik Jadi Wakil Kepala IKN Nusantara, Dhony Rahajoe Resmi Mundur dari Sinar Mas Land

Iwan Suprijanto menjelaskan, pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan dan permukiman oleh Sinar Mas Land sangat baik dan bias dilaksanakan di daerah lain. Adanya koordinasi yang baik antara pengembang BSD City dengan pemerintah pusat dan daerah tentu akan mewujudkan lingkungan yang tertata sekaligus membuat masyarakat yang tinggal dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Selain itu, pihak Sinar Mas Land juga menyesuaikan pembangunan sesuai dengan kontur alam serta menjaga sekaligus kelestarian lingkungan dengan baik. Pengembangan kawasan dengan mendorong pemanfaatan teknologi informasi juga didukung dengan pelestasian sosial budaya lokal yang ada membuat kawasan tersebut semakin maju dan menarik minat para investor untuk berinvestasi di daerah tersebut.

“Kami cukup mendapatkan informasi yang baik dari Sinar Mas Land dan kiranya sangat bermanfaat bagi kami Ditjen Perumahan dalam rangka mempersiapkan khususnya perencanaan dan pengelolaan perumahan yang akan kita kembangkan di IKN Nusantara ke depannya,” terangnya.

Baca Juga: Kunjungi BSD City, Jokowi Tinjau Penerapan Smart City dan Green Building

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Perumahan beserta para pejabat Eselon II serta staf-staf Generasi Muda Direktorat Jenderal Perumahan pada hari Selasa (15/3/2022) melihat langsung konsep pengembangan kawasan BSD City di maket yang cukup besar di Kantor Pemasaran BSD City.

Selain itu, para peserta studi banding juga melaksanakan peninjauan lapangan  ke sejumlah proyek di kawasan BSD Green Office Park yaitu Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, ruang pusat kendali atau command center Kawasan BSD, CityGrha Unilever, serta mall tanpa dinding The Breeze.

“Kami berharap para pejabat dan generasi muda Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR ke depan bias mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang baik dalam penyusunan konsep pembangunan perumahan seperti di BSD City ini. Ada beberapa hal yang dikembangkan oleh BSD terkait dengan pentahapan pembangunan kemudian beberapa konsep hijau atau green, smart dan berkelanjutan atau sustainable yang tampaknya harus diadopsi sekaligus menyiapkan fasilitas untuk kelompok-kelompok milenial yang akan pindah di IKN,” harap Iwan.

Baca Juga: Kunjungi BSD City, Mensesneg dan Menteri PUPR Studi Banding Ibu Kota Negara

Sementara itu, perwakilan Sinar Mas Land, Ignesjz Kemalawarta memaparkan sejumlah program dan kebijakan dalam pembangunan antaranya tahapan-tahapan dalam pembangunan kawasan BSD City dari awal hingga saat ini, transisi pembangunan BSD City menuju pembangunan yang rendah emisi karbon serta transformasi BSD City menjadi kota berbasis digital.

“Kami akan mempelajari terlebih dulu apa saja yang bisa dilaksanakan Sinar Mas Land dalam pembangunan IKN. Pada dasarnya Pembangunan IKN ini sebenarnya suatu tahap yang sangat strategis dalam rangka menyeimbangkan pembangunan barat dan timur. Ini langkah yang sangat penting dalam sejarah Indonesia sehingga bisa menyeimbangkan pembangunan untuk masyarakat termasuk penyediaan hunian yang layak huni,” terang Ignesjz.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Penanaman Mangrove oleh karyawan PT SCG Readymix Indonesia. (Foto: istimewa)
Penanaman Mangrove oleh karyawan PT SCG Readymix Indonesia. (Foto: istimewa)
Puluhan agent of protection mendistribusikan paket kepada tiga perwakilan puskesmas di Badung, di antaranya Puskesmas.
Puluhan agent of protection mendistribusikan paket kepada tiga perwakilan puskesmas di Badung, di antaranya Puskesmas.
Kegiatan I AM Intiland Young Leaders di Tasola Beach Village Lombok. (Foto: istimewa)
Kegiatan I AM Intiland Young Leaders di Tasola Beach Village Lombok. (Foto: istimewa)