Rumah Subsidi di Tabanan, Bali Dapat Bantuan PSU Berupa Jalan Lingkungan

Sebanyak 50 unit rumah subsidi di Tabanan, Bali mendapat bantuan PSU berupa jalan lingkungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pembangunan jalan perumahan subsidi di Bali (Foto: Kementerian PUPR)
Pembangunan jalan perumahan subsidi di Bali (Foto: Kementerian PUPR)

RealEstat.id (Tabanan) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa IV Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2021 ini telah membangun prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) berupa jalan lingkungan bagi rumah subsidi di Tabanan, Bali.

“Pembangunan PSU ini merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) memiliki lingkungan yang nyaman dan aman,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid.  

Baca Juga: Tinggal di Rusun, ASN Kemenkumham di Bali Dikenakan Tarif Sewa Murah

Khalawi menerangkan, bantuan PSU disalurkan Kementerian PUPR untuk mendorong semangat para pengembang perumahan untuk lebih banyak membangun rumah bersubsidi untuk masyarakat. Selain itu program PSU itu juga mendorong capaian Program Sejuta Rumah.

“Bantuan PSU diberikan bagi pengembang perumahan yang membangun rumah umum berupa rumah tunggal atau rumah deret yang bersifat stimulan di lokasi perumahan yang dibangun oleh pelaku pembangunan,” katanya.

Baca Juga: Bank BTN Gelar Puncak Akad KPR Massal di Bali

PPK Rumah Swadaya dan RUK, I Ketut Suwantara, mengungkapkan dengan adanya bantuan PSU di Tabanan, Bali ini dapat menambah semangat pengembang untuk membangun perumahan subsidi.

Sebagai Informasi, Perumahan yang mendapatkan bantuan PSU berada di Perumahan BCA Land Kerambitan, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Jalan perumahan yang di bangun diperumahan tersebut sepanjang 125 meter memiliki lebar empat meter dengan ketebalan 15 cm.

"Dari pengajuan pengembangnya hanya 50 unit rumah dengan total anggaran Rp182 juta, pembangunan PSU sudah mencapai 96% dan rencananya selesai 30 Oktober 2021," kata I Ketut Suwantara.

Baca Juga: Program BSPS di Tabanan Sasar 400 Rumah di 17 Desa

Perwakilan pengembang Perumahan BCA Land Kerambitan, Agus Prasetya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang sudah memberikan bantuan PSU. Dia berharap, Kementerian PUPR dapat terus membantu pengembang perumahan supaya makin semangat dalam membangun perumahan.

"Kami sangat terbantu apalagi dengan sekian banyak ruas yang dibantu bisa menghemat dana kita dan dapat di alihkan untuk hal yang lain, selain itu kualitas yang diberikan juga sangat bagus," ujar Agus Prasetya.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Perumahan Subsidi (Foto: Kementerian PUPR)
Perumahan Subsidi (Foto: Kementerian PUPR)
Perumahan subsidi di Papua. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Perumahan subsidi di Papua. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Foto: Dok. Kementerian PUPR