Rumah Khusus Nelayan Kepulauan Selayar Siap Dihuni

Sebanyak 158 unit rumah khusus (Rusus) nelayan yang berada di dua lokasi, diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pembangunan program perumahan. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Pembangunan program perumahan. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RealEstat.id (Jakarta) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyerahkan sebanyak 158 unit rumah khusus (Rusus) nelayan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Keberadaan rumah khusus ini diharapkan dapat menghadirkan hunian layak sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga para nelayan.

“Kami mendukung adanya pembangunan rumah khusus bagi para nelayan di seluruh Indonesia. Pembangunan rumah khusus ini diperuntukkan agar terciptanya kualitas bangunan serta sarana dan prasarana hunian nelayan yang sehat dan nyaman,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, M. Hidayat saat menerima kunjungan kerja Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Lokasi Rumah Khusus Nelayan di Kubu Raya Siap Dibangun

Proses serah terima aset rumah khusus tersebut ditadai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara (BMN). Selaku pihak pertama adalah Direktur Jenderal Perumahan yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan sedangkan pihak kedua atau penerima manfaat adalah Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali.

“Rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi nelayan berpenghasilan rendah di Kabupaten Kepulauan Selayar,” tandas M. Hidayat.

Berdasarkan Kementerian PUPR, rumah khusus nelayan di Kepulauan Selayar tersebut dibangun oleh Direktorat Jenderal Perumahan berlokasi di Desa Lowa Kecamatan Bontosikuyu, dan Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Gelontorkan Rp3,6 Miliar, PUPR Bangun Rusus Nelayan di Konawe Utara

Jumlah rumah khusus yang diserahterimakan di Selayar berjumlah 64 unit rumah khusus tahun perolehan 2017 dan 44 unit rumah khusus yang juga tahun peroleh 2017 masing-masing berlokasi di Pattumbukang Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu. Sedangkan 50 unit rumah khusus dengan tahun perolehan 2018 berlokasi di Dusun Ero Wali, Kecamatan Pasimarannu.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali mengapresiasi kerjasama yang baik antar pemerintah daerah dengan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR ini.

“Kami berharap, ke depan semakin baiknya permukiman masyarakat yang dibangun di Kabupaten Kepulauan Selayar. Kami siap menjaga dan merawatnya rumah khusus nelayan ini agar dapat dihuni dengan baik,” harapnya.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Rusun ASN Kementerian PUPR di Ambon, Maluku. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Rusun ASN Kementerian PUPR di Ambon, Maluku. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Kawasan wisata Labuan Bajo, NTT (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Kawasan wisata Labuan Bajo, NTT (Foto: Dok. Kementerian PUPR)