President University Gelar Konferensi Internasional ICFBE 2024 di Filipina

Pertama kali diselenggarakan pada 2017, kali ini ICFBE memasuki tahun ke-8 dan akan diselenggarakan di dua kota di Filipina pada 9-10 Oktober 2024.

Iman Permana, Chairman International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE) 2024 dan Maria Jacinta Arquisola, Lead Partnership ICFBE 2024 (Foto: Istimewa)
Iman Permana, Chairman International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE) 2024 dan Maria Jacinta Arquisola, Lead Partnership ICFBE 2024 (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Bekasi) – Kampus terkemuka yang berlokasi di Kota Jababeka, President University (Presuniv) kembali menyelenggarakan International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE) 2024.

ICFBE sendiri merupakan konferensi internasional yang secara rutin diselenggarakan oleh Fakultas Bisnis President University sejak 2017 lalu.

Pertama kali diselenggarakan pada 2017 di kawasan wisata Sanur, Bali, kali ini ICFBE memasuki tahun ke-8 dan akan diselenggarakan di Filipina pada 9-10 Oktober 2024.

Iman Permana, Chairman International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE) 2024 menjelaskan, hingga saat ini President University telah tujuh kali berturut-turut menyelenggarakan ICFBE.

Baca Juga: Helat ICFBE 2023, President University Ajak Bangun Family Business di Sektor Agribisnis

Dalam rentang waktu tersebut, ICFBE sudah menghadirkan lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari kalangan akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintahan yang datang dari 15 negara berbeda.

Pada konferensi internasional tersebut, seluruh peserta akan membagikan hasil-hasil riset terbarunya, meng-up date berbagai informasi dan best practice yang terjadi di negara masing-masing, terkait dengan bisnis keluarga dan kewirausahaan, termasuk perubahan kebijakan dan kondisi perekonomian nasionalnya.

Untuk tahun 2024 ini ICFBE mengusung tema Empowering Creativity and Innovation: Youth and Technopreneurship. Selaras dengan topik tersebut, menurut Iman, wajah bisnis anak-anak muda tersebut akan menjadi salah satu topik menarik yang dikemas dalam research track Youth and Entrepreneurship Development.

Selain itu akan diangkat pula topik tentang peran anak-anak muda, bersama dengan sembilan research tracks lainnya yang akan dibahas secara mendetail dalam ajang ICFBE 2024.

Baca Juga: President University Teken Kerja Sama Beasiswa dengan Hyundai Motor Chung Mong-Koo

Menurutnya, anak-anak muda berperan signifikan pada terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang bisnis.

Berbekal kemampuannya dalam berkreasi dan berinovasi, didukung oleh penerapan teknologi, terutama teknologi digital, didukung konsep bisnis yang lebih mengutamakan kolaborasi ketimbang kompetisi dan sharing ketimbang owning, anak-anak muda tersebut mampu merombak tatanan bisnis, bukan hanya di tingkat lokal, tetapi juga global.

Selain topik Youth and Entrepreneurship Development, sembilan research tracks lain adalah Agricultural and Fisheries Business; Technology and Advancement Innovation; Gender and Equality Empowerment; Family Business Governance and Entrepreneurship; Sustainability Development and Resilience; Education and Management; Legal Framework, Safety and Security; Food Sustainability, Health, and Nutrition; Leadership Practice and Organizational Administration.

“Kami menilai topik-topik tersebut sudah mencakup berbagai isu terbaru pada family business dan entrepreneurship,” ucap Iman.

Baca Juga: Setiap Lulusan President University Diharapkan Berkarya Positif Bagi Masyarakat

Dihadiri Sejumlah Tokoh

Iman mengungkapkan, ada sejumlah tokoh yang akan menjadi pembicara dalam ajang ICFBE 2024. Dari kalangan akademisi, di antaranya, President & CEO International Council for Small Business (ICSB) yang juga profesor manajemen di George Washington University School of Business, Amerika Serikat, Prof. Ayman el Tarabishy.

Hadir pula Chairman ICSB yang juga International Chancellor Presuniv Prof. Ki-chan Kim, Prof. Rajesh Khajuria dari FPT University di Vietnam, Bambang Trigunarsyah, Ph.D, Assoc. Prof. of Project Management dari RMIT, Australia, Jhanghiz Syahrivar, Ph.D., pakar marketing dari Presuniv, dan beberapa pembicara lainnya.

Sementara, dari kalangan pemerintahan akan hadir dua gubernur dari Filipina, yakni Gubernur Provinsi Iloilo, Arthur Defensor, dan Gubernur Provinsi Capiz, Fredenli Castro, serta Walikota Iloilo Jerry P. Trenas dan Walikota Roxas City Ronnie Davidas.

Lalu, Rachel Nufable, Regional Director, Department of Trade and Industry, juga akan menjadi salah satu pembicara dalam ajang ICFBE 2024.

Baca Juga: President Executive Club (PEC) Luncurkan Buku Mantan Menlu Singapura, George Yeo

Dua anggota Kongres Filipina juga akan hadir, yakni James Ang Jr. dan Ferjenel Biron. Lalu, akan hadir pula Norwin Mark Castro, Sekretaris Jenderal Philippine-Indonesia Business Council, dan Danile So Chan, President Roxas City Filipino-Chinesse Chamber of Commerce. Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo direncanakan juga akan menghadiri ICBFE 2024 tersebut.

Dari kalangan bisnis, hadir sejumlah pengusaha terkemuka dari Filipina. Mereka adalah Edgar “Injap” Jaruda Sia II, Chairman Double Dragon Properties yang juga pendiri jaringan restoran Mang Inasal Fast Food, pemilik Bread Basket Haya Ong Viterbo, dan Jose Neri Ong, CEO & President Pueblo de Panay Inc.

Menurut Iman Permana, Filipina menjadi pilihan setelah pada tahun sebelumnya, yakni ICFBE 2023, diselenggarakan di Kota Kuching, Sarawak, Malaysia.

“Kami berharap ICFBE pada tahun-tahun berikutnya dapat diselenggarakan di berbagai kota di ASEAN, atau bahkan di Asia.” Pada ICFBE 2024, ungkap Iman, Presuniv akan bekerja sama dengan tiga kampus dari Filipina," kata Iman.

Baca Juga: Kota Mandiri Jababeka Makin Digemari Warga dan Investor Korea, Ini Penyebabnya

Mengapa Filipina?

Perihal pilihan Iloilo dan Roxas City, Lead Partnership ICFBE 2024 Maria Jacinta Arquisola, menjelaskan bahwa dua kota di Filipina tersebut terkenal memiliki sejumlah kekayaan wisata. Iloilo, misalnya, terkenal karena memiliki festival yang meriah dengan kuliner yang autentik.

“Selama konferensi, peserta juga bisa menjelajahi Iloilo River Esplanade, mencicipi La Paz Batchoy yang terkenal, serta mengunjungi beberapa landmark yang ada di sana, seperti Gereja Molo yang bersejarah dan beberapa lainnya,” papar Jacinta, yang juga lahir di Filipina.

Akan halnya Roxas City, menurut Jacinta, kota itu terkenal dengan kekayaan hasil lautnya, seperti kepiting, lobster, aneka kerang dan ikan.

“Itu sebabnya Roxas City juga mendapat julukan sebagai Ibukota Seafood Filipina,” tegas dia. Selain kuliner hasil laut, Roxas City juga memiliki bangunan-bangunan warisan Spanyol, seperti Katedral Kota Roxas Lama, Thomas de Villanueva, dan beberapa lainnya.

Jadi, lanjut Jacinta, meski konferensi internasional yang membahas hasil riset kental dengan nuansa akademis, peserta tetap dapat menikmati keindahan wisata dan kekayaan kuliner yang ada di Iloilo dan Roxas City.

“Kami sengaja merancang konsep ini agar peserta konferensi tidak jenuh,” pungkasnya.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Dari kiri ke kanan: Tommy Satriotomo (Direktur Operasional Kota Deltamas), Kombes Pol. Twedi Aditya Bennyahdi (Kapolres Metro Bekasi), Letkol Inf. Danang (Dandim 8589/Kabupaten Bekasi), dan Atsushi Uehara (Wakil Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Tbk) saat menghadiri acara The First Kota Deltamas Golf Tournament 2024, Jumat, 19 Juli 2024 (Foto: Dok. Sinar Mas Land).
Dari kiri ke kanan: Tommy Satriotomo (Direktur Operasional Kota Deltamas), Kombes Pol. Twedi Aditya Bennyahdi (Kapolres Metro Bekasi), Letkol Inf. Danang (Dandim 8589/Kabupaten Bekasi), dan Atsushi Uehara (Wakil Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Tbk) saat menghadiri acara The First Kota Deltamas Golf Tournament 2024, Jumat, 19 Juli 2024 (Foto: Dok. Sinar Mas Land).
SD Darmono, Direktur Utama PT Jababeka, Tbk (kiri) dan Budianto Liman, Wakil Direktur Utama Jababeka. (Foto: Realestat.id)
SD Darmono, Direktur Utama PT Jababeka, Tbk (kiri) dan Budianto Liman, Wakil Direktur Utama Jababeka. (Foto: Realestat.id)