Penjualan Sharp Indonesia Tumbuh Hingga 155% di Tengah Wabah COVID-19

Produksi Sharp Indonesia menyusut 20% akibat pandemi COVID-19, namun sukses membukukan peningkatan penjualan hingga 155%.

Pabrik mesin cuci Sharp Indonesia di Karawang. (Foto: RealEstat.id)
Pabrik mesin cuci Sharp Indonesia di Karawang. (Foto: RealEstat.id)

RealEstat.id (Jakarta) - Wabah COVID-19 tak disangkal telah membuat produktivitas ekonomi global menurun. Hal ini tentu berdampak langsung terhadap perusahaan-perusahaan yang memiliki jaringan global, termasuk PT Sharp Electronics Indonesia (SEID)

Kendati Sharp mengantongi Surat Keterangan/izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri, namun demi mendukung kebijakan PSBB, perusahaan harus melakukan pembatasan jumlah karyawan bekerja yang akhirnya berdampak pada penurunan kapasitas produksi sebesar 20%. 

Meski demikian, ternyata Sharp Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan penjualan di kuartal pertama (Q1) dari kategori produk rumah tangga. 

Baca Juga: Sharp Indonesia Donasi Masker N-95 untuk Tenaga Medis COVID-19

Performa positif Sharp Indonesia terlihat dari penjualan beberapa produk di kuartal pertama 2020, seperti lemari pendingin dan AC  yang naik 118,1%,  Air Purifier naik 155%, dan Mesin Cuci naik 98,2%. Demikian penuturan Andri Adi Utomo, Senior  General Manager National Sales Sharp Electronics Indonesia.

“Kami yakin capaian ini dapat diraih karena produk-produk Sharp sesuai dengan kebutuhan keluarga Indonesia, terlebih pada masa Work from Home ini. Selain itu, dengan bekerjasama dengan partner-partner bisnis strategis, mempermudah pelanggan setia Sharp untuk melakukan pembelian, bahkan dari rumah,” jelas Andry Adi Utomo dalan siaran pers yang diterima RealEstat.id.

Baca Juga: Lebaran Berkah, Sharp Siapkan 1 unit Mobil Untuk Pelanggan Setia

Sharp Indonesia optimistis dapat mencapai pertumbuhan penjualan di kuartal kedua 2020 sebesar 116%. Hal ini didasari oleh peluang dari produk-produk rumah tangga yang masih berada di tren positif. Hal tersebut ditunjang oleh kemampuan Sharp dalam melakukan inovasi produk guna menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia. 

“Memiliki lokasi pabrik di kawasan industri Karawang memberikan nilai lebih dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang mengandung fitur lokal yang sesuai dengan selera pasar Indonesia secara cepat,” kata Andry. 

Jaringan Luas Sharp
Lebih lanjut dia mengatakan, Sharp memiliki jaringan yang luas secara nasional, dengan memiliki puluhan cabang dan ratusan service center se-Indonesia. Perusahaan elektronik asal Jepang ini juga bekerjasama dengan berbagai market channel, baik tradisional hingga e-commerce

“Kami telah menyiapkan strategi penjualan baru yang kami sesuaikan dengan kondisi saat ini, kami telah bersama dengan keluarga Indonesia lebih dari 50 tahun, jadi kami akan selalu ada ditengah konsumen dalam situasi sesulit apapun, melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen setia di Indonesia itu yang menjadi motivasi kami dalam bekerja,” jelas Andry.

Baca Juga: COVID-19 Melanda, SouthCity Pastikan The Parc Rampung Tepat Waktu

Masih dalam rangka rangkaian hari jadinya, Sharp kembali meluncurkan program Sharp Lovers Day. Mengangkat tema “Lebaran Berkah”, Sharp mengajak konsumennya untuk berdonasi dengan menyisihkan uang senilai Rp5.000 dari setiap transaksi. 

Selain itu, untuk memudahkan konsumennya dalam memenuhi kebutuhan produk elektronik di masa pandemik COVID-19, Sharp juga meluncurkan program ‘Shop From Home’, dimana Sharp memberikan kemudahan bagi konsumennya untuk dapat membeli produk–produk elektronik berkualitas tanpa harus pergi keluar rumah. 

Baca Juga: Intiland Hadirkan Virtual Show Unit Apartemen SQ Rés South Quarter

Konsumen tinggal menghubungi nomor telepon dealer rekanan Sharp, melakukan transaksi, produk langsung diantar kerumah. Setiap transaksi, konsumen berhak mengikuti beragam program promo penjualan Sharp yang berhadiah ratusan juta rupiah.

Menggunakan tagar #DirumahajaBarengSharp, Sharp indonesia berusaha memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dengan menyiapkan produk-produk berkualitas yang dilengkapi fitur-fitur terkini guna menemani konsumen diam dirumah agar tetap nyaman dan terhibur. 

Berita Terkait

Jajaran manajemen dan karyawan PT LG Electronics Indonesia bersama keluarganya merayakan 34 tahun keberadaannya di tanah air dengan mengadakan gathering bertajuk Life’s Good Family Day, Sabtu (16/11/2024) di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. (Sumber: LG Indonesia)
Jajaran manajemen dan karyawan PT LG Electronics Indonesia bersama keluarganya merayakan 34 tahun keberadaannya di tanah air dengan mengadakan gathering bertajuk Life’s Good Family Day, Sabtu (16/11/2024) di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. (Sumber: LG Indonesia)
Ajang DNA Leadership Summit bertajuk “Network with Influential Leaders & Learn Their Winning Tactics”, berlangsung 14-15 November 2024 di Marketing Office BSD City, Kabupaten Tangerang. (Foto: Istimewa)
Ajang DNA Leadership Summit bertajuk “Network with Influential Leaders & Learn Their Winning Tactics”, berlangsung 14-15 November 2024 di Marketing Office BSD City, Kabupaten Tangerang. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Andriliwan Muhammad, Ketua Umum Appernas Jaya;  Muhammad Syawali, Ketua Umum Asprumnas; Junaidi Abdillah, Ketua Umum Apersi; dan Ari Tri Priyono, Ketua Umum Himperra saat deklarasi GASPERR, Jumat, 15 November 2024 (Foto: Realestat.id/Anto Erawan)
Dari kiri ke kanan: Andriliwan Muhammad, Ketua Umum Appernas Jaya; Muhammad Syawali, Ketua Umum Asprumnas; Junaidi Abdillah, Ketua Umum Apersi; dan Ari Tri Priyono, Ketua Umum Himperra saat deklarasi GASPERR, Jumat, 15 November 2024 (Foto: Realestat.id/Anto Erawan)
Booth Dulux Proefessional Pameran Konstruksi Indonesia 2024. (Foto: Istimewa)
Booth Dulux Proefessional Pameran Konstruksi Indonesia 2024. (Foto: Istimewa)