Pekerja Konstruksi Rayakan Idul Adha di IKN

Kementerian PUPR dan DKM Masjid Al Ikhwan HPK mengadakan kegiatan makan siang dan makan malam bersama para pekerja konstruksi yang bekerja di IKN.

Pekerja konstruksi IKN menikmati hidangan Idul Adha (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Pekerja konstruksi IKN menikmati hidangan Idul Adha (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RealEstat.id (IKN) – Di Hari Raya Idul Adha, ribuan pekerja konstruksi yang membangun beragam infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), menikmati makan siang dan makan malam secara gratis di sejumlah titik yang ada di kawasan Hunian Pekerja Kontruksi (HPK).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Ikhwan HPK bersama masyarakat sekitar IKN.

"Hari ini kami akan mengadakan kegiatan makan siang dan makan malam bersama para pekerja konstruksi yang bekerja di IKN.

Nantinya sistemnya kami buat secara prasmanan dan para pekerja bisa menikmatinya secara gratis," ujar Ketua DKM Masjid Al-Ikhwan HPK IKN, Yuda Ramadhani Lubis di sela-sela kegiatannya, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga: Kementerian PUPR Ajak Pekerja Konstruksi Rayakan Idul Adha di IKN

Guna mempermudah kegiatan tersebut, imbuh Yuda, pihaknya mengandeng warga setempat untuk membantu proses memasak makanan.

Nantinya ada sejumlah menu masakan nusantara yang akan disajikan untuk santap siang bersama antara lain gulai, rendang, rawon, coto makasar, daging lada hitam serta masakan lainnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, para pekerja yang berada di IKN tinggal datang ke sejumlah lokasi yang sudah disiapkan. Panitia akan menggunakan sistem prasmanan sehingga lauk dan nasi yang disediakan dapat disesuaikan jumlahnya.

"Kegiatan acara santap siang bersama para pekerja akan dilaksanakan setelah sholat dzuhur sekitar pukul 13.00 WITA.

Baca Juga: Beroperasi di 2026, Presiden Resmikan Pembangunan Kantor Bank BTN di IKN

Sejumlah titik sudah kami siapkan agar ribuan pekerja bisa antri secara tertib antara lain di lokasi HPK 1B, halaman samping Masjid Al Ikhwan, Depan Ruang Pengelola dan Messhall Site 2.

"Kami harap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan tertib dan mengingat stok makanan dan daging masih cukup banyak para pekerja juga bisa menikmati makan malam secara gratis juga," katanya.

Sebagai informasi, kegiatan santap siang bersama ini dilaksanakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Pengurus Masjid Al-Ikhwan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menerima 28 hewan kurban yang terdiri dari sapi 15 ekor dan kambing 13 ekor dan telah dilaksanakan penyembelihan hewan oleh panitia kurban.

Baca Juga: Presiden Lakukan Groundbreaking Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara di IKN

Sebagian daging kurban telah dibagikan kepada warga sekitar IKN dan sisanya dimasak untuk para pekerja konstruksi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengungkapkan, Kementerian PUPR akan mendukung berbagai kegiatan untuk para pekerja konstruksi selama proses pembangunan infrastruktur di IKN berlangsung.

Peringatan Hari Raya Idul Adha saat ini telah dilaksanakan dua kali sejak tahun 2023 lalu di Masjid Al Ikhwan yang didirikan Kementerian PUPR di HPK IKN.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Pengorbanan kita untuk berjihad membangun IKN semoga selalu dalam ridho-Nya. Alhamdulillah, untuk kedua kalinya Masjid Al-Ikhwan HPK IKN bisa menyelenggarakan Shalat Idul Adha bagi para pekerja konstruksi dan warga sekitar," kata Iwan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Rusun ASN dan TNI/Polri di IKN

Iwan juga berpesan kepada para pekerja kontruksi bisa memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Adha dengan baik dan meneladani Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT.

Sebelum Nabi Ibrahim mengorbankan putranya, Allah, menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.

"Kami yakin para pekerja kontruksi juga ikut berkorban dengan bekerja keras membangun berbagai infrastruktur di IKN. Mereka kebanyakan kepala keluarga yang rela bekerja jauh dari keluarga serta ikhlas berjihad menafkahi keluarganya masing-masing sehingga kami berharap mereka tetap bersemangat dalam bekerja," harapnya.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Autograph Tower Thamrin Nine. (Sumber: Kompas)
Autograph Tower Thamrin Nine. (Sumber: Kompas)
Ilustrasi cara memasukan kode remot TV Panasonic Tabung dan LED. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi cara memasukan kode remot TV Panasonic Tabung dan LED. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi harga semen 1 sak terbaru. (Sumber: Istock)
Ilustrasi harga semen 1 sak terbaru. (Sumber: Istock)
Ka-ki: Ir. H. Armuji, M.H., Wakil Wali Kota Surabaya; Husodo Hoe, Head of Marketing PT Jotun Indonesia; Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya; saat acara grand launching revitalisasi kawasan Kota Lama Surabaya. (Sumber: Jotun Indonesia)
Ka-ki: Ir. H. Armuji, M.H., Wakil Wali Kota Surabaya; Husodo Hoe, Head of Marketing PT Jotun Indonesia; Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya; saat acara grand launching revitalisasi kawasan Kota Lama Surabaya. (Sumber: Jotun Indonesia)