Pasar Perangkat Elektronik Tumbuh, Saatnya Brand Lokal Tampil

Pertumbuhan pasar perangkat elektronik rumah tangga Indonesia dalam dekade terakhir, menggambarkan peningkatan lapisan kelas menengah di Tanah Air.

Foto: Dok. Reiwa
Foto: Dok. Reiwa

RealEstat.id (Jakarta) – Gaya hidup masyarakat modern di Indonesia saat ini membuat penggunaan perangkat elektronik rumah tangga semakin penting dalam menghemat waktu dan tenaga.

Selain itu, masyarakat memanfaatkan perangkat elektronik rumah tangga guna meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat, lebih hemat, lebih bersih, dan lebih nyaman.

Di sisi lain, pertumbuhan pasar perangkat elektronik rumah tangga Indonesia dalam dekade terakhir, menggambarkan peningkatan lapisan kelas menengah di Tanah Air.

Nadia Isnuari Harsya, Financial Content Creator dan pegiat literasi keuangan menyebut, hal ini terjadi karena membaiknya pendapatan masyarakat yang berdampak pada meningkatnya taraf hidup.

Baca Juga: Hadir di Indonesia, Reiwa Rilis Perangkat Elektronik Premium dengan Harga Terjangkau

Menurutnya, perbaikan taraf hidup mendorong masyarakat membeli perangkat elektronik rumah tangga untuk meningkatkan kualitas hidup.

Ketika kebutuhannya muncul, pas pula teknologi perangkat elektronik rumah tangga terus berkembang, makin banyak fitur dan fungsi tersedia, sehingga perangkat elektronik rumah tangga lebih menarik bagi konsumen dan mendorong mereka melakukan upgrade.

Di samping itu, imbuhnya, perangkat elektronik rumah tangga semakin mudah diakses, semakin banyak toko elektronik yang buka di berbagai daerah.

"Konsumen dapat membeli perangkat elektronik rumah tangga secara online, membandingkan desain, harga dan fitur lebih mudah, sehingga lebih mudah memilih produk yang paling tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan,” terang Nadia Harsya.

Di Indonesia saat ini, memiliki perangkat elektronik rumah tangga yang fungsional, stylish dan canggih juga dapat menjadi simbol status sosial, hal ini mendorong masyarakat untuk terus membeli perangkat elektronik rumah tangga terbaru.

Baca Juga: 4 Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah yang Tidak Dingin

Nadia mengatakan, pada umumnya, saat memilih perangkat elektronik rumah tangga, masyarakat merasa penting mempertimbangkan fungsi dan estetika.

Perangkat elektronik rumah tangga yang stylish dan fungsional dipercaya dapat meningkatkan estetika ruangan dan membuatnya terlihat lebih menarik.

"Tentu ini membuat penghuninya merasa lebih nyaman dan betah di rumah," tuturnya.

Lebih lanjut, Nadia menagatakan, perangkat elektronik rumah tangga yang stylish mencerminkan kepribadian penghuni.

Penghuni cenderung memilih perangkat elektronik rumah tangga dengan desain yang sesuai dengan selera dan gaya mereka.

Baca Juga: Tips Merawat Peranti Elektronik di Rumah Agar Lebih Awet

Apalagi, penelitian menunjukkan bahwa warna dan desain dapat memengaruhi mood dan produktivitas.

"Itulah sebabnya kedua hal ini menjadi fokus konsumen saat memilih perangkat elektronik rumah tangga yang diinginkan,” ungkap Nadia Harsya.

Industri elektronik Indonesia sendiri menunjukkan performa luar biasa dengan mencatatkan pertumbuhan fantastis selama lima kuartal berturut-turut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa industri ini mengalami lonjakan pertumbuhan sebesar 12,56% di kuartal ketiga 2022, diikuti 7,62%, 12,78%, 17,32%, dan 13,68% di kuartal berikutnya.

Pertumbuhan fantastis ini menandakan bahwa industri elektronik Indonesia memiliki prospek cerah dan siap untuk terus berkembang di masa depan.

Baca Juga: 6 Penyebab Layar TV LED Bergaris dan Cara Memperbaikinya

Seiring dengan pertumbuhan pasar ini, banyak perusahaan lokal yang menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Salah satu perusahaan yang siap meramaikan pasar adalah Reiwa, yang membawa perangkat elektronik rumah tangga dengan desain stylish dan teknologi unggul.

Tidak tanggung-tanggung, untuk memastikan kualitas dan kepuasan konsumen, Reiwa juga menawarkan program garansi 180 hari ganti baru melalui program We Care.

Ini menunjukkan komitmen Reiwa dalam memberikan layanan purna jual yang unggul.

Abraham Wijanarko, Chief Operating Officer Reiwa, mengungkapkan rasa syukurnya atas peluncuran Reiwa di Indonesia.

Baca Juga: Begini 5 Cara Mematikan Timer AC Sharp dengan Mudah dan Praktis

“Kami melihat masyarakat semakin sadar akan pentingnya teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Reiwa hadir dengan produk-produk yang menjawab kebutuhan tersebut dengan harga yang kompetitif,” kata Abraham.

Sebagai pendatang baru di segmen perangkat elektronik rumah tangga, Reiwa memposisikan diri sebagai merek aspiratif yang didukung jaringan distribusi yang lengkap.

Reiwa menghadirkan produk yang berfokus pada fitur premium dan desain estetik dengan kisaran harga yang sangat kompetitif agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kelas menengah untuk mendapatkan produk-produk perangkat elektronik rumah tangga kelas atas. 

Dia menambahkan, peluncuran Reiwa akan membantu memenuhi kebutuhan calon konsumen Indonesia yang ingin membeli produk premium dan memanfaatkan pengalaman pelanggan yang unggul.

"Kami sangat antusias memperkenalkan produk-produk Reiwa ke pasar Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutup Abraham Wijanarko.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Sarana Jaya dengan Universitas Brawijaya dilakukan di Gedung Sarana Jaya, Jalan Budi Kemuliaan I Nomor 1, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024.
(Foto: Istimewa)
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Sarana Jaya dengan Universitas Brawijaya dilakukan di Gedung Sarana Jaya, Jalan Budi Kemuliaan I Nomor 1, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024. (Foto: Istimewa)
Anton Bezgachev, Real Estate Advisor Magnum Estate (kanan) dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di ajang International Tourism Investment Forum (ITIF) ke-2 yang dihelat di Jakarta, 5 - 6 Juni 2024 (Foto: Istimewa).
Anton Bezgachev, Real Estate Advisor Magnum Estate (kanan) dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di ajang International Tourism Investment Forum (ITIF) ke-2 yang dihelat di Jakarta, 5 - 6 Juni 2024 (Foto: Istimewa).
SD Darmono (ketiga dari kiri) kembali menjabat sebagai Direktur Utama PT Jababeka, Tbk (KIJA) setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan (Foto: Dok. Jababeka)
SD Darmono (ketiga dari kiri) kembali menjabat sebagai Direktur Utama PT Jababeka, Tbk (KIJA) setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan (Foto: Dok. Jababeka)
Sharp Content Creator Hunt 2024 (Foto: Istimewa)
Sharp Content Creator Hunt 2024 (Foto: Istimewa)