Merencanakan Pembangunan Rumah Menurut Feng Shui (2)

Dalam merencanakan pembangunan rumah menurut feng shui, perhatikan letak pintu masuk, kamar tidur utama, dan dapur, karena ketiganya sering digunakan oleh penghuni rumah.

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa

RealEstat.id (Jakarta) - Pada artikel sebelumnya, telah dibahas cara merencanakan pembangunan rumah menurut feng shui dari dasar. Kali ini kita melanjutkannya dengan penggambaran tata letak (layout) rumah.

Setelah kita memiliki gambar kavling dengan lingkaran Pa Kua yang menunjukkan arah/sektor/posisi yang baik dan buruk, apa yang kita lakukan?

pie chart arah hadap kavling rumah menurut feng shui realestat.id dok

Perhatikan pada diagram di bawah ini terlihat sektor yang baik diberi huruf merah, sementara sektor buruk diberi warna biru. Sektor yang baik digunakan untuk fungsi pintu masuk, kamar tidur, dan ruang kerja. Sedangkan sektor yang buruk perlu “ditekan” dengan fungsi-fungsi seperti gudang, kamar mandi/WC ("dibilas"), dan dapur ("dibakar").

Baca Juga: Merencanakan Pembangunan Rumah Menurut Feng Shui (1)

Cara menentukan pintu masuk adalah dengan menempatkan posisi pintu tersebut pada sektor baik, sedangkan “sandaran” site (bagian belakang kavling) diutamakan arah baik. Lihat contoh dari diagram yang sudah kita miliki. Di sini didapati kavling sudut. Artinya, pintu bisa diletakkan pada salah satu sisi.

Dalam hal ini, maka yang terbaik adalah meletakkan pintu masuk sebaiknya di sektor/posisi Utara, dan sandaran kavling ada di Tenggara. Sekarang bisa kita lihat bagian belakang kavling ini semuanya didapati arah-arah baik, yaitu Yan Nian, Fu Wei, dan Tian Yi.

Nah, mungkin Anda ada yang penasaran apa arti dari arah-arah baik tersebut. Secara singkat makna arah baik feng shui sebagai berikut:  Sheng Qi = sukses, semakin Makmur; Tian Yi = lebih sehat; Yan Nian = Panjang umur, keharmonisan keluarga;  Fu Wei = ada potensi maju dan berkembang.

Baca Juga: Cara Menghitung Arah Hadap Rumah yang Baik Menurut Feng Shui

Makna sektor-sektor buruk sebagai berikut: Huo Hai = sial-sial kecil; Wu Gui= konflik, pertengkaran; Liu Sha = kerugian, gampang sakit; Jue Ming = total loss, habis-habisan, baik masalah uang/harta maupun hubungan sosial.

Dengan mengetahui makna arah kompas baik dan buruk maka kita sekarang mengerti, misalkan posisi pintu masuk utama ada pada sektor Sheng Qi, berarti pengaruhnya pada keluarga penghuni rumah adalah: kemakmuran dan kesejahteraan.

Jika pintu masuk utama ada pada sektor Tian Yi, maka pengaruhnya pada kesehatan penghuni rumah. Sebaliknya, jika pada posisi Sheng Qi didapati ada kamar mandi/WC, maka ini bisa diartikan ada pengaruh pada kemakmurannya kurang baik.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Lahan Kavling Tusuk Sate Sebaiknya Dijadikan Apa?

Sekarang kita lanjutkan proses merencanakan rumah dengan Kua 4 (Sun) ini. Hal yang paling penting adalah tiga fungsi domestik: (1) Pintu Masuk Rumah (2) Kamar Tidur Utama (3) Dapur.  Ketiga fungsi inilah yang sering digunakan oleh penghuni atau pemilik Rumah.

Pintu Masuk Rumah diletakkan pada posisi utara atau Sheng Qi dari kepala keluarga, maka pengaruhnya akan membawa keluarga pada kemakmuran.

Kamar tidur utama diletakkan pada sektor selatan atau Tian Yi, pengaruh pada Kesehatan. Dengan demikian secara umum rumah ini direncanakan secara feng shui dengan tujuan membuat penghuni rumah semakin makmur dan sehat.

Baca Juga: Posisi dan Lokasi Kavling Rumah Paling Menguntungkan Menurut Feng Shui

Jangan lupa, jika kamar tidur utama pada sektor Utara (baik), maka jika kamar mandi/WC ada di dalam kamar, harus diletakkan pada sektor yang buruk. Dalam hal ini bisa di sektor Timur Laut (TL) yaitu Jue Ming atau pada sektor Barat Laut (BL) yaitu Huo Hai.

Menempatkan gudang juga boleh di sektor yang buruk. Dengan demikian rumah telah direncana secara feng shui. Contoh salah satu alternatif adalah sebagai berikut:

layout Merencanakan Pembangunan Rumah Menurut Feng Shui realestat.id dok

Artikel ini ditulis oleh Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo, Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Kamar tidur (Foto: dok. Pixabay.com)
Foto: diolah dari Pixabay.com
Foto: diolah dari Pixabay.com